Breaking News

Agar Tak Semakin Parah, Ini Cara Menyembuhkan Tremor Paling Ampuh

Tremor atau getarnya suatu bagian tubuh biasanya dikaitkan dengan orang yang usianya sudah lanjut. Tentu saja anggapan tersebut tidak benar karena anak muda pun bisa mengalami tremor yang berkepanjangan. Gejala tremor mungkin termasuk ringan, namun penyakit ini bisa bertahan selama bertahun-tahun sehingga harus diatasi dengan cara menyembuhkan tremor berikut:

1. Ubah Gaya Hidup

Selagi usia masih muda dan diuntungkan dengan mudahnya dalam mengatasi berbagai penyakit, maka segeralah berobat. Cara yang cukup ampuh untuk mengatasi tremor yaitu dengan merubah gaya hidup yang selama ini tidak baik. Terutama, dalam mengonsumsi suatu makanan atau minuman. Apabila sebelumnya terlalu sembarangan dalam memilih makanan, cobalah untuk sedikit merubah.

Poin penting yang perlu dilakukan oleh penderita tremor adalah mengonsumsi makanan yang aman jika masuk ke tubuh. Tak hanya itu saja, penting pula untuk menghindari makanan atau minuman yang mengandung amphetamine dan kafein. Kedua kandungan tersebut terbukti efektif untuk memicu tremor sehingga harus dijauhkan dari pandangan penderita agar tidak tertarik untuk mengkonsumsinya.

2. Lakukan Terapi Fisik

Terapi fisik sangat berguna bagi kesehatan tubuh yaitu mampu membuatnya dapat mengendalikan kekuatan otot. Di sisi lain, terapi fisik mampu menjadikan koordinasi yang optimal antara gerak dan juga otak sehingga sangat penting sekali dilakukan. Para terapis akan bersedia untuk membantu para penderita tremor agar bisa kembali memaksimalkan aktivitas hariannya.

Menariknya lagi, melakukan terapi ini tidak membutuhkan alat yang rumit karena bisa dilakukan dengan menggunakan alat yang bisa ditemui sehari-hari. Contoh dari alat tersebut adalah piring, sendok, pensil, alat masak, dan lainnya. Biasanya yang menjadi fokus utama adalah memilih ahli terapi yang sudah berkompeten sehingga mampu menghilangkan tremor dengan cepat.

3. Teknik Psikologi

Terkadang, faktor tremor bisa timbul dari adanya faktor psikologi sehingga tidak bisa diatasi dengan cara terapi fisik. Cara menyembuhkan tremor yang paling efektif yaitu melakukan berbagai teknik relaksasi yang mudah dilakukan. Berbagai macam teknik relaksasi yang bisa dicoba yaitu yoga, meditasi, dan lainnya.

Penderita yang tidak ingin mengeluarkan biaya dalam melakukan relaksasi tak perlu khawatir karena masih banyak alternatif lain. Hal yang bisa dilakukan penderita yaitu melakukan latihan nafas yang teratur agar merasa lebih tenang.

Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan mendengarkan musik menenangkan yang bisa dicari sendiri di Youtube. Gunakan headset agar musik lebih masuk ke dalam jiwa.

4. Konsumsi Obat Anti Cemas

Dewasa ini tersedia beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengatasi kecemasan penderita tremor. Jenis obat yang diresepkan adalah alprazolam. Namun, perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat ini karena dipercaya mampu mengakibatkan ketergantungan bagi para penderitanya. Konsumsilah ketika kondisinya memang sudah mendesak.

5. Botox

Inilah cara terakhir yang bisa dicoba oleh penderita. Sistem kerja dari botox yaitu mampu memperlemah otot pada bagian yang diberikan suntikan sehingga efektif sekali untuk menghilangkan getaran. Perlu diingat bahwa melakukan cara ini tidak boleh sembarangan, melainkan harus dengan arahan dari dokter guna mengetahui manfaat, resiko, prosedur, dan lainnya. Sistem ini aman selagi dokternya tepat.

Beberapa cara menyembuhkan tremor yang sudah dijelaskan di atas patut untuk dicoba oleh penderita tremor. Tunggulah reaksi dari cara yang telah dilakukan dan jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan dokter jika terjadi efek yang berkelanjutan. Segala penyakit tentu disediakan obatnya sehingga penderita tremor tidak perlu merasa khawatir karena pasti bisa sembuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.