Alhamdulillah / Bacaan Hamdalah: Tulisan Arab, Artinya, dan Penjelasan Lengkap

Alhamdulillah atau biasa disebut juga dengan bacaan hamdalah adalah salah satu dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Ia memiliki berbagai keutamaan atau fadhilah jika diucapkan. Oleh karena itu, sangat baik bagi kita untuk mempelajarinya agar dapat mengamalkannya dalam kehidupan kita.

Dalam artikel ini kita akan membahas arti, tulisan Arab, dan dalil keberadaan dan keutamaannya secara lengkap. Simak hingga selesai.

Alhamdulillah / Bacaan Hamdalah

Alhamdulillah artinya “segala puji milik Allah”. Ia berasal dari tulisan bahasa Arab الْحَمْدُ لِلَّهِ. Kalimat ini merupakan bentuk pujian kepada Allah dan ungkapan rasa syukur kita kepada-Nya.

Dalam Islam, bacaan dzikir yang disebut hamdalah ini memiliki 2 jenis yang berbeda kondisi pengucapannya.

Satu diucapkan saat mendapat sesuatu yang menyenangkan, yaitu ditambah dengan bacaan bini’matihi tatimmush shalihat. Satu diucapkan saat tertimpa musibah yaitu ditambah dengan bacaan ala kulli haal.

Alhamdulillah Bini’matihi Tatimmush Sholihaat Artinya Apa?

Alhamdulillah bini’matihi tatimmush sholihaat artinya “segala puji milik Allah yang dengan nikmat-Nya hal-hal yang baik menjadi sempurna”. Ia berasal dari tulisan Arab الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ. Kalimat ini bisa kita ucapkan saat melihat sesuatu yang kita sukai.

Dalil dari bacaan ini adalah sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibunda Aisyah radliyallahu anha, beliau berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا رَأَى مَا يُحِبُّ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bila melihat sesuatu yang beliau sukai, beliau mengucapkan: Alhamdulillahilladzi bini’matihi tatimmush shalihat.” [Hr. Ibnu Majah]

Tulisan Arab dan Arti Alhamdulillah Ala Kulli Hal

Membaca hamdalah dalam Islam tidak hanya dianjurkan saat seseorang mendapat nikmat saja, akan tetapi juga pada saat seseorang tertimpa musibah, yaitu bacaan alhamdulillah ala kulli hal.

Sebagaimana ucapan innalillahiwainnailaihirojiun, hamdalah dengan bacaan seperti ini disunnahkan untuk dibaca saat seseorang menjumpai sesuatu yang tidak dia suka.

Alhamdulillah ala kulli hal artinya “Segala puji untuk Allah atas segala keadaan.” Ia merupakan tulisan latin dari bahasa Arab الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ. Bacaan hamdalah ini disunnahkan untuk dibaca salah satunya saat seseorang tertimpa sesuatu yang dia benci.

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibunda Aisyah radliyallahu anha sebagaimana telah kita tuliskan di atas, beliau melanjutkan:

وَإِذَا رَأَى مَا يَكْرَهُ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

“Dan bila beliau (Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam) melihat sesuatu yang beliau benci, beliau mengucapkan: Alhamdulillahi ala kulli haal.” [Hr. Ibnu Majah]

Keutamaan / Fadhilah Membaca Tahmid

Memperbanyak ucapan alhamdulillah adalah salah satu wujud kesempurnaan penyembahan kepada Allah. Di samping itu, ucapan ini memiliki banyak sekali keutamaan yang dapat memberi manfaat bagi orang yang membacanya.

Dalam situs Islamway, disebutkan tidak kurang dari 14 keutamaan yang dimiliki olehnya, antara lain:

1. Memperberat Timbangan Amal (Mizan)

Mempersiapkan amal untuk menghadapi perhitungan amal adalah hal yang sangat dianggap penting oleh orang yang percaya kepada Allah dan hari Akhir.

Dalam sebuah haditsnya, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memberi kabar gembira kepada kita bahwa ucapan hamdalah dapat memperberat timbangan amal kebaikan.

Beliau bersabda:

الْحَمْدُ لِلَّهِ تَمْلَأُ الْمِيزَانَ

“Ucapan alhamdulillah dapat memperberat timbangan amal.” [Hr. Muslim]

2. Dapat Menggugurkan Dosa

Seorang manusia pasti pernah berbuat salah dan dosa, tidak terkecuali seorang muslim. Dengan membaca dzikir berikut ini, dosa-dosa kecil yang pernah kita lakukan dapat dihapuskan oleh Allah.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ سُبْحَانَ اللهِ ، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ ، وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ ، وَاللهُ أَكْبَرُ، تَنْفُضُ الْخَطَايَا كَمَا تَنْفُضُ الشَّجَرَةُ وَرَقَهَا

“Sesungguhnya ucapan subhanallah walhamdulillah walaa ilaaha illallah wallahu akbar dapat menggugurkan dosa sebagaimana pohon menggugurkan dedaunannya.” [Hr. Ahmad]

3. Sebaik-Baik Doa

Kita pasti memiliki keinginan yang bermacam-macam. Sarana paling baik untuk kita mendapatkan apa yang kita inginkan adalah dengan memperbanyak bacaan hamdalah.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

أَفْضَلُ الذِّكْرِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَفْضَلُ الدُّعَاءِ الحَمْدُ لِلَّهِ

“Sebaik-baik dzikir adalah laailaaha illallah dan sebaik-baik doa adalah alhamdulillaah.” [Hr. At-Tirmidzi]

Lafalkan Ucapan Syukur Kepada Allah di Setiap Keadaan

Nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada kita jumlahnya tiada tara. Nikmat ini bisa berwujud sesuatu yang kita sukai, namun juga bisa berwujud sesuatu yang kita benci.

Bagaimana sebuah nikmat bisa berwujud sesuatu yang kita benci?

Nikmat bisa jadi muncul dengan wujud sesuatu yang tidak kita sukai misalnya dalam bentuk musibah. Dengan adanya sebuah musibah menimpa kita, maka ada 3 kemungkinan:

  1. Karena sebuah musibah, kita bisa terhindari dari musibah lain yang lebih berbahaya.
  2. Karena sebuah musibah, dosa-dosa kita dihapuskan oleh Allah.
  3. Karena musibah, derajat kita ditinggikan oleh Allah.

Sebagai contoh, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa ketika ada orangtua yang kehilangan anaknya, lalu orangtua itu membaca bacaan istirja dan bertahmid, maka Allah berkalam kepada para malaikat:

ابْنُوا لِعَبْدِي بَيْتًا فِي الجَنَّةِ، وَسَمُّوهُ بَيْتَ الحَمْدِ

“Bangunkan untuk hambaKu satu rumah di surga dan berilah ia nama dengan Baitul Hamdi (rumah pujian).” [Hr. At-Tirmidzi]

Oleh karena itulah, mari kita selalu membiasakan diri kita untuk selalu mengucap hamdalah kepada Allah dalam setiap kondisi. Entah sesuatu yang menyenangkan yang mengenai kita atau justru sesuatu yang kita anggap menyusahkan.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar bacaan hamdalah atau ucapan alhamdulillah tulisan Arab dan artinya, semoga bermanfaat.

Apabila ada yang perlu disampaikan, silakan beri komentar di bawah ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *