Doa Allahumma Antassalam Waminkassalam Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Berikut ini penjelasan mengenai bacaan doa allahumma antassalam waminkassalam lengkap Arab dan artinya beserta khasiat atau keutamaan darinya.

Simak hingga selesai.

Doa Allahumma Antassalam Waminkassalam

tulisan arab doa allahumma antassalam waminkassalam

Banyak orang yang ketika selesai dari melakukan sholat, mereka bersegera untuk beranjak dari tempat duduknya.

Tanpa bermaksud mencela, namun jika ditinjau menurut perbuatan yang sesuai sunnah Nabi shallallahu alaihi wa sallam, maka ketika kita selesai dari mengerjakan shalat jangan tergesa untuk bangkit dari tempat duduk.

Membaca doa dan dzikir setelah sholat adalah dianjurkan dalam Islam. Dalil dari perbuatan ini jelas dan terdapat dalam alquran. Di samping itu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam juga telah mencontohkannya. Selain ia mendekatkan kita kepada Allah, terdapat banyak manfaat pada perbuatan duduk setelah shalat yang nanti akan kita bahas.

Nah, di antara dzikir dan doa yang dapat kita baca selepas melakukan rukun Islam kedua ini adalah bacaan doa allahumma anta salam wa minka salam. Adapun lafal lengkap darinya adalah berikut ini.

Bacaan Doa Allahumma Antassalam Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya

Lafal yang saya tulis sebagai judul adalah lafal yang seringkali digunakan untuk mencari doa ini. Bacaan sampai antas salam saja adalah merupakan lafal yang pendek. Adapun lafal lanjutan yang sempurna adalah sebagaimana berikut.

اللهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ، تَبَارَكْتَ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

Allahumma antassalam waminkassalam tabarakta yaa dzal jalali wal ikram

“Ya Allah! Engkau adalah Dzat Yang Mahaselamat, dari Engkaulah keselamatan itu, Mahaberkah Engkau, wahai Dzat Yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Maksud Doa

Dengan membaca doa ini, kita sedang memuji Allah taala. Dia adalah Dzat yang selamat dari segala aib dan kekurangan. Dan Dialah Dzat yang memberi keselamatan kepada hamba-hamba-Nya. Dan Dialah Dzat yang menjadi sumber dari segala berkah atau kebaikan, Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

Kapan Kita Membaca Allahumma Anta Salam wa Minka Salam?

Jika anda sedang bingung bagaimana membaca dzikir yang dilakukan setelah shalat, maka anda dapat membaca sesuai urutan wirid berikut ini:

ASTAGHFIRULLAH (3x) ALLAHUMMA ANTAS SALAM WA MINKAS SALAM, TABARAKTA YA DZALJALALI WAL IKRAM

Aku memohon ampun kepada Allah (3x) Ya Allah, Engkaulah Dzat yang Mahaselamat. Dari Engkaulah keselamatan itu. Mahaberkah Engkau wahai Dzat Yang memiliki keagungan dan kemuliaan.

LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LA SYARIKALAH, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU WAHUWA ALA KULLI SYAIIN QADDIIIR, ALLAHUMMA LA MANI’A LIMA A’TAYTA, WA LA MU’TIYA LIMA MANA’TA, WA LA YANFA’U DAL-JADDI, MINKAL-JADDU.

Tiada sesembahan kecuali Allah, Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian, dan Dia atas segala sesuatu itu Mahamampu.

Ya Allah, tidak ada yang menghalangi untuk apa yang Engkau beri dan tidak ada yang memberi untuk apa yang Engkau halangi. Tidak ada manfaat dari orang yang memiliki kekayaan, dari Engkaulah kekayaan itu.

SUBHANALLAH WALHAMDULILLAH WALLAHU AKBAR (33x) LAA ILAHA ILLALLAH WAHDAHU LA SYARIKALAH, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU WAHUWA ALA KULLI SYAIIN QADDIIIR

Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, dan Allah Mahabesar (33x) Tiada sesembahan kecuali Allah, Yang Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujian, dan Dia atas segala sesuatu itu Mahamampu.

Membaca surat Al-Ikhlash, Al-Falaq, dan An-Nas.

Membaca ayat kursi.

Nah, urutan di atas lebih mudah untuk anda amalkan. Semoga Allah menjadikan kita bisa istiqamah dalam melakukannya, amin.

Manfaat Duduk untuk Dzikir Setelah Sholat

Sebagaimana telah kita jelaskan sebelumnya, setelah kita bubaran dari shalat, sebaiknya kita tidak tergesa untuk bangkit dari duduk. Allah taala berkalam:

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلَاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِكُمْ

“Apabila kalian telah selesai menunaikan shalat, maka berdzikirlah kepada Allah dalam keadaan berdiri, duduk, dan pada lambung-lambung kalian (berbaring).” [Qs. An-Nisa (4) ayat 103]

Selain karena adanya perintah sebagaimana telah dijelaskan di atas, memperlama duduk dapat mendatangkan banyak kebaikan untuk kita semua.

Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الْمَلَائِكَةَ تُصَلِّي عَلَى أَحَدِكُمْ مَا دَامَ فِي مَجْلِسِهِ، تَقُولُ: اللهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، اللهُمَّ ارْحَمْهُ، مَا لَمْ يُحْدِثْ

“Sesungguhnya para malaikat memberi sholawat atas salah seorang dari kalian selagi dia masih di tempat duduknya. Dia (malaikat) berdoa: Ya Allah, ampunilah dia. Ya Allah, rahmatilah dia. Selama dia tidak hadats.” [Muttafaqun alaih]

Demikianlah apa yang dapat kami ulas mengenai bacaan doa allahumma antassalam waminkassalam lengkap tulisan Arab, Latin, dan artinya serta hal yang berkaitan dengannya, wallahu a’lam.