Allahumma Yassir Wala Tu’assir Artinya, Tulisan Arab, dan Makna

Allahumma yassir wala tu’assir adalah bacaan doa untuk meminta kemudahan atas masalah yang sedang kita hadapi.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, setiap hari kita pasti menghadapi masalah dalam hidup kita. Terkadang masalah itu mudah, namun tak jarang juga ia terasa begitu berat. Oleh karenanya, kita perlu mengetahui cara terbaik untuk menyelesaikannya, yaitu berdoa kepada Allah.

Kalimat ini sebenarnya sering kita temukan di media-media sosial. Namun, ternyata banyak juga orang yang belum mengetahui arti darinya.

Allahumma Yasir Walatuasir

semoga allah memudahkan urusan kita

Banyak orang menganggap bahwa ungkapan ini adalah ayat, padahal kalau kita cari, kita tidak akan menemukannya dalam Al-Quran, bahkan juga tidak ada dalam hadits. Lalu, darimana kata-kata ini didapatkan?

Saya belum mendapat referensi yang menyebutkan secara jelas. Akan tetapi, ketika mencari sejarah munculnya kata-kata ini, beberapa situs menjelaskan bahwa ia berasal dari hadits tentang anjuran Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada orang yang berdakwah agar mempermudah dan tidak mempersulit.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim, disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يَسِّرُوا وَلاَ تُعَسِّرُوا، وَبَشِّرُوا، وَلاَ تُنَفِّرُوا

Kalian permudahlah dan jangan kalian persulit. Gembirakanlah dan jangan kalian buat lari. [Muttafaqun alaih]

Hadits di atas yang menjadi dasar munculnya ungkapan ini sebagaimana dijelaskan oleh beberapa situs. Hanya saja, untuk kebenarannya hanya Allah yang tahu.

Allahumma Yassir Wala Tu’assir Artinya Apa?

tulisan arab allahumma yassir wala tu'assir

Kalimat ini sebenarnya berasal dari bahasa Arab dengan tulisan Arab dan harakatnya berikut ini:

اللّهُمَّ يَسِّرْ وَلاَ تُعَسِّرْ

Secara harafiah, artinya adalah: “Ya Allah, permudahlah urusanku jangan dipersulit.” Jadi, kalimat ini merupakan doa.

Tulisan Arab

اللّهُمَّ يَسِّرْ وَلاَ تُعَسِّرْ

Bacaan Latin

Allahumma yassir wala tu’assir

Artinya

Ya Allah, mudahkanlah dan jangan Engkau sulitkan.

Makna Allahumma Yassir Wala Tu’assir

Orang menulis kalimat ini biasanya dalam story-story Wa atau status-status media sosial lainnya. Biasanya, hal ini mereka lakukan ketika mereka tengah menghadapi masalah besar yang dianggap berat.

Kalimat ini digunakan sebagai doa ketika menghadapi sesuatu yang sulit.

Ada sebagian orang membenci ucapan allahumma yassir ini sebagai doa. Mereka beralasan karena ucapan tersebut mengandung kesan bahwa orang yang mengucapkannya telah berburuk sangka kepada Allah seolah Allah menyulitkan hamba-Nya.

Padahal, Allah taala adalah Dzat yang tidak pernah mempersulit hamba-Nya. Dia hanya akan membebani hamba dengan sesuatu yang mampu untuk dipikul oleh hamba itu. Allah taala berkalam:

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا

Allah tidak membebani suatu jiwa kecuali menurut kemampuannya. [Qs. Al-Baqarah (2) ayat 286]

Doa yang Dianjurkan

Sebagaimana yang telah kita ketahui, dalam hidup ini manusia pasti akan menghadapi banyak masalah. Terkadang itu adalah masalah yang mudah untuk diatasi. Akan tetapi, tidak jarang juga kita menghadapi masalah yang besar.

Karena sifat Pengasih-Nya, Allah taala membekali orang-orang beriman dengan doa yang juga bisa digunakan ketika menghadapi kesulitan. Dengan doa, bahkan segala sesuatu yang dianggap mustahil oleh akal bisa terjadi dengan izin-Nya.

Telah kita jelaskan sebelumnya, bahwa ucapan yassir wala tuassir adalah doa ketika seseorang menghadapi masalah dan sebagian orang membenci doa tersebut.

Sebenarnya, bagi saya tidak ada masalah untuk membaca doa tersebut. Komite Tetap untuk Urusan Pembahasan Ilmiyah dan Fatwa, KSA juga telah memberikan fatwa bolehnya melafalkan doa tersebut. Bagi Anda yang memahami bahasa Arab, selengkapnya silahkan baca di situs al-maktaba.

Akan tetapi, agar lebih aman karena doa di atas juga tidak ada dasarnya dari Al-Quran maupun hadits, maka kita bisa menggunakan doa yang lain. Berikut ini doa yang dapat kita baca ketika menemui kesulitan:

Lafal Arab

اللَّهُمَّ لَا سَهْلَ إِلَّا مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا، وَأَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ سَهْلًا إِذَا شِئْتَ

Lafal Latin

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna sahlan idza syi`ta

Artinya

Ya Allah! Sesungguhnya tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau membuatnya mudah dan Engkau menjadikan kesusahan itu mudah jika Engkau berkehendak.

Doa ini merupakan doa yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam sebagaimana diriwayatkan oleh Anas bin Malik radliyallahu anhu yang bisa kita baca dalam kitab Shahih Ibnu Hibban. Selain doa di atas, anda juga boleh untuk melafalkan doa lain selagi tetap menjaga adab berdoa.

Demikianlah penjelasan mengenai doa allahumma yassir wala tu’assir, semoga bermanfaat.

Leave a Reply