Amalkan Doa Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar, Insya Allah Bisa Langsung Dapat!

Amalkan Doa Menagih Hutang ke Orang yang Susah Bayar, Insya Allah Bisa Langsung Dapat!

  • Admin
  • Jun 05, 2022

Salah satu bentuk hubungan tolong menolong antar manusia adalah hutang-piutang. Orang yang mampu wajib memberikan hutang dan penghutang wajib mengembalikan hutang. Namun seringkali penghutang yang menunda-nunda dalam membayar hutang. Jika menemui kasus seperti ini, coba amalkan doa menagih hutang ke orang yang susah bayar yang akan dibahas di bawah ini.

Termasuk kewajiban orang yang dihutangi adalah menagih hutang. Menagih hutang berarti mengingatkan dalam kebaikan selama dilakukan dengan baik dan tanpa ada bunga. Hutang yang tidak dibayar dan tidak ridho akan menjadi penghalang bagi seseorang dari surga. Jika cara biasa tidak mempan untuk menagih hutang, cobalah untuk mengamalkan doa-doa berikut ini:

1. Surat Al Fatihah

Salah satu doa menagih hutang ke orang yang susah bayar yaitu dengan mengirimkan bacaan Al Fatihah kepada yang bersangkutan. Keutamaan surat Al Fatihah sudah tidak bisa diragukan lagi dan terbukti mustajab. Cara pengamalannya cukup mudah. Sebelum berangkat menemui orang tersebut, kirimkan bacaan Al Fatihah untuknya.

Sebutkan nama orang yang bersangkutan dan niatkan untuk menghadiahkan bacaan Al Fatihah untuk orang tersebut. Bacalah Al Fatihah dengan hati yang ikhlas dan mantap lalu serahkan semuanya kepada Allah. Setelah itu, ikuti dengan 23 kali bacaan “Wallohu mukhrijum maa kuntum taktumuun”. Artinya, “Dan Allah hendak menyingkapkan apa yang selama ini kamu sembunyikan”.

2. Sholat Tahajud

Waktu sahur merupakan waktu mustajabnya doa karena pada waktu itu Allah turun ke langit paling bawah dan berjanji mengabulkan doa hamba-hambanya. Doa tersebut akan lebih kuat apabila dilakukan di dalam sholat khususnya sholat tahajud. Oleh karena itu, doa menagih hutang ke orang yang susah bayar selanjutnya melalui sholat tahajud.

Pada rakaat pertama sholat tersebut, penagih hutang dianjurkan membaca surat Al Insyirah sebanyak tiga kali dan surat An Nashr empat kali. Lalu pada rakaat kedua, baca Al Ikhlas tujuh kali. Setelah selesai mengerjakan sholat, tutuplah dengan membaca wirid “Allahumma inni, a’u zubika min, gholabatid daini, wasyamatatil, aqda’a” sebanyak-banyaknya.

3. Dzikir Ya Mudzillu

Salah satu kesunahan dalam berdoa adalah dengan menyebutkan nama-nama baik Allah yang berjumlah 99 atau asmaul husna. Salah satu asmaul husna Allah adalah Al Mudzillu yang artinya Yang Maha Menghinakan. Wirid dengan Al Mudzillu Insyaa Allah bisa menjadi perantara untuk menyadarkan orang yang susah bayar hutang.

Bacalah wirid ini 770 kali dalam sehari. Bayangkan orang yang berhutang ketika membaca wirid tersebut. Jika merasa berat dengan wirid sebanyak itu, dapat diganti pula dengan membaca Ya Mudzillu sebanyak 75 kali saja dan diikuti shalat sunnah 2 rakaat. Akhiri wirid tersebut dengan membaca “Allahumma A’innii Min (nama), Allahummakfinii Syarra-hu”.

4. Surat Al Imran Ayat 16

Ayat Al Quran berisikan kalam-kalam indah, sirah, hukum dan termasuk doa-doa. Oleh karena itu, doa menagih hutang orang yang susah bayar selanjutnya diambil dari kutipan ayat Al Quran tepatnya surat Al Imran ayat 16. Bunyi ayat tersebut adalah “Robbanaa Innanaa aamannaa faghfirlanaa dzunuubanaa waqina ‘adzabannar.”

5. Dzikir Ya Sami’

Selain dengan dzikir Ya Mudzillu, penagih hutang juga bisa mengamalkan wirid Ya Sami’ yang artinya Yang Maha Mendengar. Wirid ini dibaca sebanyak 500 kali setiap setelah mengerjakan sholat dhuha pada hari Kamis. Amalkan wirid ini dengan penuh keyakinan dan doakan pula orang yang berhutang tersebut.

Demikianlah 5 amalan doa menagih hutang ke orang yang susah bayar. Yakinkanlah dalam hati bahwa Allah maha mendengar dan mengijabahi doa-doa hambanya. Hal itu karena kunci utama dalam doa adalah hati yang ikhlas dan keyakinan. Tugas manusia adalah berdoa, berikhtiar, dan tawakal. Serahkanlah dan pasrahkanlah semua hasil dari doa dan usaha tersebut sepenuhnya kepada Allah.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *