Arti Barakallahu Fiik

Assalamualaikum. Kali ini kita akan membahas tentang arti barakallahu fiik meliputi pengertian, tulisan Arab, maksud, serta cara penggunaannya.

Ucapan barakallahu fiik sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Ini sangat membanggakan, karena ia menjadi bukti bahwa kesadaran masyarakat untuk hidup secara Islami telah tumbuh.

tulisan arab barakallahu fiik

Ucapan ini adalah berasal dari bahasa Arab dengan tulisan Arab بارك الله فيك yang artinya semoga Allah memberikan keberkahan kepada engkau. Jadi, dapat dikatakan bahwa lafal ini merupakan salah satu dari doa-doa.

Akan tetapi, jangan keliru. Lafal ini ditujukan kepada lelaki. Jika anda ingin mengucapkannya untuk seorang wanita, anda dapat menggunakan lafal fiiki, yaitu dengan tambahan ki sehingga menjadi barakallahu fiiki sebagai kata ganti orang kedua perempuan.

Apa maksud dari mengucapkan kalimat ini?

Sebagaimana telah kita bahas, maksudnya adalah memintakan keberkahan kepada Allah untuk orang yang kita beri ucapan.

Lalu apa itu berkah? Berkah adalah tambahan kebaikan. Contohnya, ketika ada seorang anak kecil yang pintar, maka kita memintakan keberkahan atas kepintarannya agar itu bermanfaat dan mendatangkan banyak kebaikan.

Dengan maksud seperti ini, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ucapan ini sangat bagus dan sangat penting. Sebagaimana yang kita ketahui, sesuatu yang tidak berkah hanya mendatangkan bencana dan kita tidak menginginkan hal itu.

Dengan demikian, berikanlah ucapan ini kepada siapapun dan apapun yang ada di sekitar kita agar tercurah keberkahan atasnya.

Ada sebuah pertanyaan lagi, ketika kita diberi ucapan ini, apa ucapan balasan yang bisa kita berikan kepada orang yang mengucapkannya?

Pada asalnya, tidak ada kewajiban atas kita untuk membalas ucapan seperti ini. Jika kita membaca hadits-hadits tentang kisah muamalah Nabi dan para sahabat, saat Nabi mengucapkan lafal ini, para sahabat tidak membalasnya.

Akan tetapi, jika anda ingin membalas ucapan ini, maka itu sangat bagus dan sangat dianjurkan. Membalas kebaikan dengan kebaikan itu sangat dihasung dalam Islam.

Ucapan yang dapat anda pakai yaitu ucapan wafiika barakallah. Artinya dan padamu juga semoga Allah memberi berkah.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai arti barakallahu fiik, wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.