Doa Minum Air Zam-Zam

Berikut ini bacaan minum air zam-zam lengkap Arab, Latin, dan Artinya sesuai sunnah yang dapat anda baca.

Namun, sebelum kita membacanya, ada baiknya kita mengetahui kandungan airnya terlebih dahulu.

Kandungan Air Zam-Zam

Air ini merupakan air yang istimewa. Sebagaimana telah kita ketahui sejarahnya, air ini pertama kali ditemukan oleh Hajar ketika bolak-balik menaiki bukit shofa dan marwa.

Biasanya, orang-orang yang melakukan ibadah haji ataupun umrah berkesempatan untuk meminum air zam-zam. Hanya saja, sekarang telah banyak di jual di toko-toko herbal di tanah air.

Air zam-zam mengandung kalsium dan garam magnesium yang tinggi yang secara ilmiah terbukti menyembuhkan. Selain itu, dalam air ini terdapat kandungan florin alami yang menyebabkan tercegahnya pertumbuhan bakteri.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ahmad Abdul Qaadir al-Muhandiss, dari hasil analisis kimia ditunjukkan bahwa zam-zam adalah air murni. Air yang tidak memiliki warna dan bau, memiliki rasa yang khusus, dan memiliki kandungan hidrogen 7,5 serta sedikit kandungan alkalin.

Sebuah laboratorium di Amerika juga mendapatkan hasil yang mengagumkan. Dalam air zamzam terdapat 30 elemen air. Elemeni ini mempunyai neutron yang dapat menghasilkan energi. Oleh karenanya, WHO menilai bahwa air zamzam sangat baik untuk kesehatan.

Khasiat paling utama dari air zam-zam adalah dapat digunakan untuk segala hajat orang yang meminumnya. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Jabir radliyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Air zam-zam berguna untuk apa-apa yang dia diminum dengannya.” [Hr. Ibnu Majah]

Bacaan Minum Air Zam Zam

Ketika mengunjungi kota Makkah, banyak yang menyempatkan diri untuk meminum air zam-zam di tempat atau membawanya bagi keluarga. 

Nah, jika kita ingin mendapat manfaat dan khasiat dari air zam-zam, tentunya kita jangan sampai lupa untuk membaca doanya terlebih dahulu.

Pada asalnya, tidak ada bacaan doa khusus ketika meminum air zam-zam yang berasal dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Doa yang masyhur adalah doa yang bersumber dari sahabat Nabi yang bernama Abdullah bin Abbas atau biasa dikenal dengan Ibnu Abbas.

Bacaan doa yang bisa kita lafalkan ketika minum air zam-zam adalah sebagaimana yang saya uraikan di bawah. Namun, sebelumnya pastikan kita sudah sesuai dengan adab minum air zamzam berikut:

  • Berniat dengan niat yang baik

Sesuai dengan penjelasan yang telah lewat, sebaiknya anda memiliki maksud yang baik ketika meminum zam-zam.

  • Duduk

Meskipun perbuatan ini tidak wajib, karena terdapat hadits yang menunjukkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah minum air zam-zam dengan berdiri.

Ibnu Abbas radliyallahu anhu mengatakan:

“Aku pernah memberi minum berupa zam-zam kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dan beliau (meminumnya) berdiri.” [Hr. Al-Bukhari]

  • Menggunakan tangan kanan
  • Membaca doa

Berikut ini doa yang dilafalkan oleh Ibnu Abbas radliyallahu anhu. Kami sertakan teks arab, latin, dan artinya.

Bacaan Minum Air Zam Zam Arab Latin dan Artinya

doa minum air zam zam

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ

Allahumma inni as`aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqon waasi’an, wa syifaa’an min kulli daa`in

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada Engkau akan ilmu yang bermanfaat, rezeki yang luas, dan kesembuhan dari segala penyakit.” [Hr. Daruquthni]

Demikianlah adab, khasiat, dan bacaan minum air zam zam sesuai sunnah lengkap Arab, Latin, dan artinya, wallahu a’lam. Semoga Allah melimpahkan keberkahan kepada kita dengan sarana air zam zam.