Breaking News

Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Menurut Islam yang Mampu Menenangkan Hati

Cara menghilangkan rasa cemburu menurut Islam di sini pengertiannya ialah cara menghilangkan rasa cemburu yang buruk. Cemburu memang ada dua macam yaitu baik dan buruk. Cemburu yang baik akan berakibat baik pada orang yang dicintai. Tapi cemburu yang buruk berakibat fatal bisa pada orang yang dicemburui bisa terhadap orang yang cemburu itu sendiri. Berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan rasa cemburu yang buruk:

1. Berserah pada Allah

Nasehat Nabi Muhammad SAW kepada istrinya Aisyah ialah untuk bersikap lemah lembut seperti yang dicontohkan Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.  Apabila bersikap lemah lembut, tidak cemburu buta dan marah-marah, seorang istri bisa berserah pada Allah sebagai cara menghilangkan rasa cemburu menurut Islam. Sebab jika istri tidak berserah pada Allah dan bertindak sendiri memarahi suami yang terjadi adalah pertengkaran.

2. Tidak Menuruti Hawa Nafsu

Cemburu yang over dosis bisa menjadi fitnah karena tidak ada dasar kebenaran yang terjadi namun dicemburui. Hal ini tentu akan mengakibatkan pertengkaran apalagi jika suami dan istri keduanya tidak mau mengalah. Jika diteruskan keduanya akan sama-sama mengalami sakit hati. Jika diteruskan lagi perceraian bisa terjadi. Oleh karena itu ada baiknya suami dan istri tidak langsung cemburu mengikuti hawa nafsu tetapi menyelidiki terlebih dahulu kebenarannya.

3. Menggunakan Akal Sehat

Cara menghilangkan rasa cemburu menurut Islam yang berikutnya adalah berpikir jernih menggunakan akal sehat. Bisa saja hal yang disangka buruk sebenarnya tidak demikian, ada alasan logis yang mendasarinya, karena itu seorang istri atau suami hendaknya menggunakan akal sehatnya jangan buru-buru ngamuk. Ajak suami atau istri berbicaralah baik-baik. Manusia bisa khilaf, hendaknya suami istri bisa saling memaafkan.

4. Jangan Menambah Arang Pada Api

Maksudnya begini jika teman, suami atau istri cemburu jangan membuat api cemburu itu lebih besar sehingga menyakitkan. Misalnya jika suami cemburu pada istri karena ia bercakap-cakap dengan lelaki lain, hendaknya sang istri tidak menyiram bensin pada cemburu suami dengan memuji laki-laki lain itu. Itu akan melukai harga diri suami dan akibatnya akan buruk.

5. Hormatilah Suami

Cara menghilangkan rasa cemburu menurut Islam adalah nasehat bagi para istri untuk menghormati suaminya, tidak berzinah dan menganggap suami sendiri sebagai yang paling pas buat dia, paling baik dan tidak ada yang lebih baik lagi.

6. Mengubah Cemburu Jadi Tindakan Positif

Ini nasehat bagi para istri lagi karena dalam ajaran Agama Islam, istri memiliki peran besar. Jika istri cemburu terhadap suaminya, berdandanlah yang lebih cantik, beri pujian pada suami, dengarkanlah perkataannya, agar suami lebih mencintai istrinya itu. Buatlah suami bahagia dengan memberi pelayanan yang baik sehingga suami tidak mau meninggalkan istri tersebut.

7. Jangan Mencela Pasangan

Tidak mencela pasangan adalah cara menghilangkan rasa cemburu menurut Islam yang berikutnya. Beri telinga untuk mendengar keluhan pasangan. Jangan mencela tetapi berilah pasangan semangat yang baru. Jangan menuduh pasangan berbuat salah, tetapi hendaklah saling memaafkan. Istri atau suami dapat meredakan kecemburuan pasangan dengan senyuman dan kata-kata yang manis bukan celaan.

Demikianlah suami atau istri memakai cara menghilangkan rasa cemburu menurut Islam. Melakukan ketujuh hal di atas insya Allah rasa cemburu akan padam dan digantikan oleh rasa cinta kasih yang baik di antara suami istri. Jika dirasa tidak kuat melakukan hal itu, berserahlah pada Allah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.