Breaking News

Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Dengan Cepat Ini Tak Perlu Disangkal

Cacar air bisa terjadi pada manusia akibat terserang suatu bakteri. Seringnya, penyakit ini menjangkit pada anak-anak meskipun orang dewasa pun memiliki kemungkinan terkena cacar. Hal yang perlu diwaspadai adalah penyakit ini menular sehingga harus segera disembuhkan. Berikut merupakan cara mengobati cacar air pada anak dengan cepat yang bisa diterapkan:

1. Mandi Oatmeal

Oatmeal seringnya dimakan untuk orang yang sedang diet, namun ini juga bisa dijadikan sebagai obat cacar yang efektif untuk si kecil. Di dalam oatmeal ini terdapat kandungan yang bisa membuat kulit menjadi tenang dan menghilangkan rasa gatal. Mandi dengan menggunakan oatmeal tentu tidak akan membuat cacar semakin menyebar.

Membeli oatmeal ini bisa ditemukan pada toko obat disekitar rumah. Mulanya sang ibu harus membuat ramuan oatmealnya terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mandi. Campuran oatmeal dengan air hangat terlebih dahulu sebanyak satu gelas. Setelah itu, masukkan satu kantong oatmeal yang sudah dicampur dengan air hangat pada bak. Rendam 15 menit dan oleskan oatmeal pada anak.

2. Hisap Es Lilin Bebas Gula

Obat alami yang bisa dijadikan sebagai cara mengobati cacar air pada anak dengan cepat selanjutnya adalah es lilin yang tidak terdapat gula di dalamnya. Es lilin ini cocok sekali untuk mengobati cacar yang ada di dalam mulut si kecil karena akan terasa sangat menyakitkan ketika terkena air atau makanan yang masuk ke mulut.

Ajarkan anak untuk bisa menghisap es tersebut. Keuntungan lain dari menghisap es lilin adalah memproduksi cairan yang banyak pada tubuh anak sehingga tidak akan membuatnya dehidrasi ketika mengalami cacar.

Meskipun bentuknya sepele, namun ternyata es lilin ini sangat berguna sekali untuk penderita cacar. Dapatkan es lilin ini pada penjual es yang ada di kampung atau bisa membuatnya sendiri.

3. Pakai Sarung Tangan

Sarung tangan memiliki peran penting dalam pengobatan cacar air. Dimana, dengan adanya sarung tangan ini bisa mencegah penderita untuk menggaruk cacar air. Perlu diketahui bahwa menggaruk kulit yang terkena cara sangat dilarang karena bisa membuat kulit menjadi afeksi dan bahkan bisa lebih parah lagi. Tentu anak belum paham jika dilarang menggaruk sehingga ibu harus punya cara efektif.

Kenakanlah sarung tangan atau kaos kaki yang memiliki bahan lembut pada tangan si kecil. Sang ibu juga harus memotong kuku anak terlebih dahulu agar tidak melukai bagian kulit yang terkena cacar. Mengobati cacar pada anak memang agak sulit karena anak belum bisa diajak kerjasama sehingga seorang ibu harus pintar dalam menyiasatinya.

4. Kompres Chamomile

Teh camomile tentu sudah sangat familiar bagi para ibu di rumah. Biasanya di rumah juga menyediakan stok teh ini untuk dikonsumsi sendiri. Nyatanya teh camomile bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk meredakan gatal pada penderita cacar air. Di dalamnya juga terkandung anti inflamasi dan juga antiseptik yang sangat baik.

5. Mandi Baking Soda

Campurkanlah baking soda pada bak mandi si anak guna mengurangi rasa gatal ketika cacar. Tak perlu terlalu banyak dalam mencampurkan baking soda ini cukup dengan 1 cangkir saja pada air hangat yang ada pada bak. Air hangat yang dibutuhkan pun sedikit saja. Rendamlah selama 20 menit lalu mandikanlah si kecil.

Itulah beberapa cara mengobati cacar air pada anak dengan cepat yang bisa dicoba oleh para ibu yang merasa bingung mengatasi cacar. Dijamin cara tersebut akan sangat membantu sekali dan tidak repot pula ketika diterapkan. Mengingat kesehatan si kecil adalah nomor 1, maka berikanlah tindakan yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.