Breaking News

Cara Menyembuhkan Luka Kena Knalpot Paling Mungkin Diterapkan

Bagi para pengendara sepeda motor pasti sudah akrab sekali dengan sengatan knalpot pada kulit. Memang hal tersebut membuat jengkel bagi pengendara namun jika sudah terjadi yang bisa dilakukan hanyalah mengobatinya. Beruntung, terdapat banyak cara menyembuhkan luka kena knalpot yang bisa dicoba di rumah sehingga tidak perlu repot lagi. Simak uraian berikut ini:

1. Aliri Dengan Air

Pertolongan pertama ketika kulit terkena knalpot adalah dengan langsung mengalirinya dengan air agar kulit tidak terasa panas. Perlu diperhatikan bahwa mengaliri air ini menggunakan air yang biasa saja jangan sekali-kali menggunakan air es karena akan memperparah lukanya. Cobalah untuk tenang agar kondisi tidak semakin parah. Mintalah orang lain mencarikan air atau jika mungkin carilah sendiri.

Apabila tidak menemukan air yang mengalir, maka penderita bisa menggunakan cara lain yaitu memanfaatkan kain yang basah guna mengompres bagian yang terkena knalpot. Lakukanlah pengompresan ini sampai rasa nyerinya hilang dan panas yang ada pada kulit sudah mulai reda. Bersabarlah karena luka ini memang cukup lama untuk sembuh. Bekasnya pun akan lama hilangnya.

2. Lepas pakaian

Kasus yang paling sering terjadi, luka knalpot biasanya terdapat pada kaki karena posisinya paling dekat. Apabila terdapat kain yang menutupi luka tersebut, segeralah untuk melepaskannya agar kulit tidak berubah menjadi bengkak ataupun melepuh. Kain penutup tersebut juga akan mempersulit untuk melakukan penanganan selanjutnya sehingga harus segera disingkirkan.

3. Oleskan Salep Luka Bakar

Cara menyembuhkan luka kena knalpot selanjutnya yaitu menunggu area kulit sampai dingin terlebih dahulu barulah diberi salep luka bakar yang tersedia di Apotek. Disarankan untuk memilih salep yang terdapat kandungan pelembabnya dan juga lidah buaya karena bisa mempercepat penyembuhan luka. Apabila tidak tahu nama salepnya silahkan tanya saja pada pihak apotek.

Pada salep luka bakar biasanya memiliki kandungan yang bisa digunakan untuk meminimalisir sakit dan juga bisa menutup luka secara sempurna. Kuncinya adalah mengoleskan salep ini secara rutin di setiap harinya agar proses penyembuhan bisa dilakukan dengan cepat. Pastikan tangan yang digunakan untuk mengoleskan salepnya sudah bersih dan steril terlebih dahulu.

4. Tutup Luka Dengan Perban

Setelah selesai dioleskan salepnya, maka penderita harus segera membungkus luka tersebut menggunakan perban yang steril. Tujuannya adalah agar lukanya tidak terkontaminasi dengan kotoran yang bisa saja menempel. Alangkah lebih baik jika menggunakan perban yang terdapat kandungan obatnya seperti betadine atau semacamnya.

Hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan perban ini adalah jangan terlalu ketat dalam mengikatnya karena menghalangi udara yang masuk ke dalam. Pastikan bahwa semua luka knalpot sudah tercover secara menyeluruh agar penyembuhannya bisa dipercepat. Perlu dihindari menutup luka ini dengan kapas karena nantinya kapas tersebut akan menempel.

5. Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Cara ini bisa dilakukan apabila luka tersebut mengakibatkan nyeri yang berkepanjangan sehingga mengganggu aktivitas. Biasanya, obat ini dikaitkan dengan obat penurun panas yang tersedia pada apotek. Terdapat beberapa pilihan obat yang bisa dikonsumsi yaitu paracetamol, ibuprofen, dan lainnya. Dosis dari obat tersebut tidak terlalu tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi.

Itulah 5 cara menyembuhkan luka kena knalpot yang sangat membantu sekali ketika suasana sedang genting. Jangan langsung panik ketika kulit terkena knalpot. Berusahalah untuk tenang dan menguasai keadaan meskipun rasa panas sedang menerpa. Apabila penderita panik, justru akan memperumit keadaan dan tidak bisa berpikir jernih dalam mengatasi masalah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.