Breaking News

Doa Memotong Kuku dan Adabnya

Kebersihan adalah salah satu hal yang perlu dan wajib menyertai dalam setiap aktivitas kehidupan manusia. Tidak hanya bagi umat Muslim saja, kebersihan selalu dianjurkan kepada seluruh umat salah satu menjaga kebersihan adalah memotong kuku. Salah satu adab memotong kuku yakni membaca doa. Dalam tulisan ini akan membahas doa memotong kuku serta manfaatnya.

Setiap akan melakukan ibadah khususnya bagi umat Islam dianjurkan untuk membersihkan kuku. Membersihkan kuku tersebut bertujuan agar kuman-kuman yang berada dalam kuku tidak masuk ke dalam mulut ketika sedang berkumur. Selain itu, memotong kuku juga bertujuan agar tangan tetap dalam kondisi yang bersih dan terhindar dari penyakit.

Doa Memotong Kuku

Banyak orang khususnya orang Muslim ketika memotong kuku melupakan doa nya. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika berdoa terlebih dahulu. Manfaat ketika membaca doa memotong kuku diantaranya mendapat kebaikan atau pahala dari Allah. Selain itu, manfaat doa ketika akan memotong kuku yakni InsyaAllah akan dijauhkan dari bahaya saat memotong kuku. Berikut lafal doanya:

بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ وَعَلَى سُنَّةِ مُحَمَّدٍ وَاَلِ مُحَمَّدٍ صَلَوَاتُ اللهِ وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِمْ

Ayat tersebut memiliki arti sebagai berikut: Dengan menyebut nama Allah, dan karena Allah, serta mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW dan keluarga Nabi Muhammad SAW, semoga rahmat Allah SWT dan salam-Nya senantiasa tercurah kepada mereka.

Adab Ketika Memotong Kuku

Selain membaca doa, ada lagi adab yang perlu diperhatikan oleh umat Islam atau Muslim. Adab-adab ini perlu dilakukan agar mendapatkan keberkahan dari Tuhan. Apa saja adab yang perlu diperhatikan ketika akan memotong kuku? Berikut ini beberapa adab ketika akan memotong kuku yang wajib diperhatikan khususnya kepada umat Islam:

1. Menyiapkan Alat Pemotong Kuku

Sebelum memotong kuku, tentunya harus menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Zaman dulu, ketika memotong kuku tidak memerlukan pemotong kuku seperti sekarang. Orang-orang hanya butuh alat yang tajam, misalnya pisau. Namun, saat ini alat pemotong kuku sudah banyak ditemukan dan dijual dimana-mana. Pilih gunting kuku yang benar-benar tajam.

2. Dimulai dari Tangan Kanan

Setelah alat pemotong atau gunting kuku disiapkan, maka kegiatan potong kuku bisa dilanjutkan. Memotong kuku sebaiknya dilakukan pada jari telunjuk, kemudian tengah, lanjut jari manis, kelingking, dan yang terakhir jempol. Setelah itu bisa dilanjutkan memotong kuku pada jari sebelah kiri, mulai dari jari kelingking dan diteruskan ke kuku lain.

3. Memotong Kuku Jari Kaki

Setelah kuku pada tangan kanan maupun kiri bersih, dilanjutkan ke kuku kaki. Memotong kuku kaki ada baiknya dilakukan dari sebelah kanan. Dari kaki kanan bisa dimulai dari kuku jari kelingking. Kemudian pada kaki kiri bisa dimulai dari kuku jempol. Ketika memotong kuku kaki harus lebih hati-hati karena kuku jari kaki lebih kecil.

4. Memotong Kuku pada Tempatnya

Ketika memotong kuku sebaiknya kuku-kuku tersebut tidak langsung dibuang, apalagi di sembarang tempat. Sebaiknya ketika memotong kuku, sampahnya dikumpulkan terlebih dahulu. Jika sudah selesai memotong seluruh kuku jari baru dibuang pada tempatnya. Hal tersebut bertujuan untuk tetap menjaga kebersihan.

Itulah doa memotong kuku dan adab-adabnya yang wajib diketahui oleh orang yang beriman. Ada baiknya memotong kuku dilakukan setiap kali ku ku sudah mulai panjang dan kotor. Jangan sampai membiarkan kuku panjang lebih dari 40 hari. Baiknya lagi memotong kuku dilakukan pada hari Jumat. Tepatnya sebelum melakukan salat Jumat. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi.