Doa Setelah Membaca Al Quran

Bahasan kali ini yaitu doa setelah membaca al quran yang shahih dan doa khotmil quran lengkap tulisan Arab, Latin, dan artinya.

Pentingnya Membaca Al-Quran

Sebelum membahas tentang doanya, sebagai seorang muslim tentu kita harus mengetahui pentingnya baca quran.

Saat ini banyak muslim yang justru lalai. Jarang membuka mushaf, tetapi justru lebih suka membuka layar handphonenya. Buat saudaraku pembaca, semoga Allah menghindarkan kita dari sifat seperti ini.

Berikut ini beberapa alasan mengapa kita harus membaca al-quran.

1. Larangan Nabi dari Menjadikan Rumah Sebagai Kuburan

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ،

“Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan-kuburan.” [Hr. Muslim]

Maksud menjadikan rumah sebagai kuburan adalah menjadikannya kosong dari dzikir dan amal ketaatan sehingga ia menjadi bagaikan kuburan dan penghuninya menjadi bagaikan mayat.

2. Al Quran Sebagai Pemberi Syafaat

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

“Bacalah oleh kalian akan al quran karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya.” [Hr. Muslim]

Doa Setelah Membaca Al Quran

Berikut ini kami tuliskan teks bacaan doa setelah membaca al-quran yang biasa disebut dengan senandung al-quran.

gambar doa setelah baca quran

اللّهُمَ ارْحَمْنَا بِالْقُرْآن ، واجْعَلْهُ لَنَا إمَامًا وَ هُدًى وَ نُوْرًا و رَحْمَةً . و ذَكِّرْنَا مِنْهُ مَا نُسِيْنَا ، وَعَلِّمْنَا مِنْهُ مَا جَهِلْنَا ، وَارْزُقْنَا تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَ الْنَهَار ، واجْعَلهُ لَنَا حُجَّةٌ يَا ربَّ الْعَالَمِيْن

Allahummarhamna bil qur’an, waj’alhu lana imaamaw wahudaw wanuuraw warahmah. Wa dzakkirna minhu maa nusiina, wa allimna minhu maa jahilna. Warzuqna tilawatahu aanaa’al laili wan nahaar. Waj’alhu lanaa hujjatay yaa rabbal alamin.

Ya Allah, rahmatilah kami dengan sebab Al-Quran. Jadikanlah (Al-Qur`an) sebagai pembimbing, petunjuk, cahaya, dan rahmat bagi kami. Ingatkanlah kami apa yang kami terlupa darinya, ajarilah kami apa yang kami tidak tahu darinya, dan karuniakanlah kepada kami untuk bisa mentilawahinya di penghujung-penghujung malam dan siang, dam jadikanlah ia hujjah kami ya Rabbal ‘alamin.

Doa Khotmil Quran

Pada asalnya, di sini kita juga boleh membaca doa apa saja bebas, yang penting adalah meminta kebaikan. Adapun contoh-contoh doa khatam al-quran yang bisa kita baca adalah sebagai berikut:

Doa Minta Diberi Kepahaman

اللّهُمَّ فَقِّهْنَا فِي الدِّيْنِ اللّهُمَّ عَلِّمْنَا تَأْوِيْلَ كِتَابِكَ اْلكَرِيْمِ اللّهُمَّ انْفَعْنَا بِمَا عَلَّمْتَنَا وَ عَلِّمْنَا مَا يَنْفَعُنَا وَ زِدْنَا عِلْمًا وَ بَارِكْ لَنَا فِي عِلْمِنَا

Ya Allah, pahamkanlah kami kepada agama (Islam), ajarilah kami ta`wil kitab-Mu yang mulia. Ya Allah, berilah manfaat kepada kami pada apa yang telah Engkau ajarkan, ajarilah kami sesuatu yang dapat memberi manfaat, tambahilah ilmu kami, berkahilah untuk kami ilmu kami.

Doa Supaya Diberikan Keberkahan dari AlQuran

اللهم إِنِّي عَبْدُكَ وَ ابْنُ عَبْدِكَ وَ ابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِيْ بِيَدِكَ مَاضٍ فِيَّ حُكْمُكَ عَدْلٌ فِيَّ قَضَاءُكَ أَسْئَلُكَ اللّهُمَّ بِكُلِّ اسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ أَخْبَرْتَ بِهِ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَ نُوْرَ صَدْرِي وَ جِلاَءَ حُزْنِي وَ ذَهَابَ هَمِّي وَ غَمِّي

Ya Allah, aku adalah hamba-Mu, putra dari hamba lelaki dan perempuan-Mu, jiwaku ada di tangan-Mu, hukum-Mu berlaku atasku, keputusan-Mu adil padaku. Aku meminta kepada Engkau ya Allah, dengan setiap nama yang menjadi milik-Mu, Engkau namai diri-Mu dengannya, atau Engkau turunkan pada kitab-Mu, atau Engkau beritahukan kepada seseorang dari makhluk-Mu, atau Engkau khususkan dalam ilmu ghaib yang ada pada-Mu, supaya Engkau menjadikan Al-Qur`an separuh hatiku, cahaya dadaku, penghilang kesedihan, kebingungan, dan kegalauanku.

Doa Meminta Semua Kebaikan

أللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَ آجِلِهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَم وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَ آجِلِهِ مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَم

Ya Allah, aku meminta kepada Engkau dari kebaikan semuanya, entah yang segera atau yang tertunda, yang aku tahu darinya atau yang tidak aku tahu. Dan akau berlindung kepada Engkau dari kejelekan semuanya, entah yang segera atau yang tertunda, yang aku tahu darinya atau yang tidak aku tahu.

Doa Meminta Syurga dan Berlindung dari Neraka

أللّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَ مَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ وَ أَعُوْذُبِكَ مِنَ النَّارِ وَ مَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ

Ya Allah, aku meminta kepada-Mu akan syurga dan apa-apa yang dapat mendekatkan kepadanya dari perkataan dan perbuatan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan apa-apa yang dapat mendekatkan kepadanya dari perkataan dan perbuatan.

Doa Meminta Permintaan Nabi

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ ص.م ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ منه عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ ص.م وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لِي خَيْرًا

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari kebaikan yang diminta oleh hamba dan nabi-Mu Saw. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang berlindung darinya hamba dan nabi-Mu Saw. Dan aku memohon kepada-Mu supaya Engkau menjadikan setiap keputusan yang Engkau putuskan atasku merupakan kebaikan.

Doa Supaya Dikaruniai Khasy-yah

اللَّهُمَّ اقْسِمْ لَنَا مِنْ خَشْيَتِكَ مَا تحُولُ به بَيْنَنَا وَبَيْنَ مَعْصِيَتكَ وَمِنْ طَاعَتِكَ مَا تُبَلِّغُنَا بِهِ جَنَّتَكَ وَمِنَ الْيَقِينِ مَا تُهَوِّنُ بِهِ عَلَيْنَا مصائب الدُّنْيَا اللهم مَتِّعْنَا بِأَسْمَاعِنَا وَأَبْصَارِنَا وَقُوَّاتِنَا مَا أَحْيَيْتَنَا وَاجْعَلْهُ الْوَارِثَ مِنَّا وَاجْعَلْ ثَأْرَنَا عَلَى مَنْ ظَلَمَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى مَنْ عَادَانَا وَلاَ تَجْعَلْ مُصِيبَتَنَا فِى دِينِنَا وَلاَ تَجْعَلِ الدُّنْيَا أَكْبَرَ هَمِّنَا وَلاَ مَبْلَغَ عِلْمِنَا وَلاَ تُسَلِّطْ عَلَيْنَا مَنْ لاَ يَرْحَمُنَا

Ya Allah, berikanlah kami rasa takut kepada-Mu yang menjadi penghalang di antara kami dan maksiat kepada-Mu, dan (berikanlah kami) ketaatan kepada-Mu yang menjadikan kami mencapai syurga-Mu, dan (berikanlah kami) keyakinan yang memudahkan kami untuk menghadapi musibah dunia. Ya Allah, berilah kami manfaat pada pendengaran kami, penglihatan kami, dan kekuatan kami selagi kami hidup, dan jadikanlah ia kekal dengan kami dan terpelihara sampai kami mati, dan berikanlah kesialan atas orang yang menzalimi kami, dan bantulah kami ke atas orang yang memusuhi kami, dan jangan Engkau timpakan musibah pada agama kami, dan jangan Engkau jadikan dunia ini sebagai paling besarnya kerisauan dan puncak pengetahuan kami, dan jangan Engkau jadikan orang yang tidak mengasihani kami menguasai kami.

Demikianlah doa setelah membaca Al Quran dan doa khatam al-quran Arab, Latin beserta arti lengkap yang bisa anda baca.

Leave a Reply