Doa Sholat Dhuha dan Manfaatnya Bila Kamu Kerjakan Dengan Benar

Diposting pada

Doa Sholat Duha sangat dianjurkan untuk di amalkan bagi yang sudah melakukannya, karena itu melengkapi sholat anda. Sholat Dhuha merupakan salah satu ritual sunnah yang bisa anda amalkan karena sangat dianjurkan.

Setelah shalat, Anda bisa berdoa sesuai dengan kebutuhan dan harapan Anda. Pada artikel ini, kami akan membahas doa-doa yang dianjurkan untuk Anda baca setelah sholat Dhuha dan manfaat dari melakukan sholat sunnah ini.

Doa Sholat Dhuha

اُصَلِّى الضَّحٰى لَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً للهِ الَى

Ushalli Sunnatadh-dhuhaa rak’atini lillaahi ta’aalaa.

Artinya:

Aku niat shalat sunnah dhuha dua rakaat, karena Allah Ta’ala.

Disarankan untuk melaksanakan shalat Dhuha dengan membaca surat Asy Syams pada rakaat pertama dan Surah Ad-Dhuha pada rakaat kedua. Setelah melakukannya, dianjurkan untuk membaca Doa Duha.

Berdasarkan banyak sumber, berikut adalah Sholat Duha setelah sholat yang bisa anda lakukan.

Doa Sholat Dhuha

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ اءُكَ الْبَهَآءَ اؤُكَ الْجَمَالَ الُكَ الْقُوَّةَ الْقُدْرَةَ الْعِصْمَةَ

اَللّٰهُمَّ اِنْ انَ السَّمَآءِ لْهُ اِنْ انَ اْلاَرْضِ اِنْ انَ ا اِنْ انَ امًا ا انَ ا ا ال ا ال ا

Allahumma innad-dhuha a dhuha uka wal bahaa a bahaa uka wal-jamaala jamaaluka wal-quwwata quwwatuka wal-qudrata qudratuka wal-‘ismata ‘ismatuka. Allahumma ka kaana rizqii fis-samaa i fa anzilhu, wa inkaana fil-chini fa akhrijhu, wa kaana mu’siran fa yassirhu, wa kaana haraaman fa tahhirhu wa kaana ba’iidan fa qarribhu bi haqqi duhaa’ika wa bahaa ‘ika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa aataita ‘ibaadakash-shalihiin.

Artinya:

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahanMu, kekuatan adalah kekuatanMu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran DhuhaMu, kekuasaanMu (wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang sholeh”.

Faedah dari Membaca Doa Sholat Dhuha

Seperti halnya makna Doa Sholat Dhuha yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda tentu bisa memanfaatkan kesempatan dan makna bahwa segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita tidak pernah lepas dari kehendak Allah SWT.

Oleh karena itu, kita sebagai hamba-Nya harus senantiasa bertasbih kepada Allah SWT dan memohon segala sesuatu kepada-Nya. Karena hanya dengan pertolongan dan kehendak Allah SWT hidup kita akan selalu waspada.

Keutamaan dan Manfaat Mengerjakan Sholat Dhuha

Anda sudah mengetahui tata cara doa shalat dhuha, namun apa saja manfaat dan manfaat shalat dhuha?

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dikenal untuk membantu orang mencari nafkah dan memiliki keutamaan lainnya.

1. Allah mengampuni segala dosa

Ada satu hadits yang menjelaskan manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan shalat dhuha seperti hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi di bawah ini:

“Siapa yang membiasakan (menjaga) sholat dhuha, dosanya akan diampuni walaupun sebanyak buih lautan.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Berdasarkan hadits ini dapat disimpulkan bahwa dengan shalat dhuha, kita akan menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan. Apalagi jika Anda berniat melakukannya, Allah pasti akan mengampuni semua dosa Anda.

2. Melancarkan rezeki

doa Sholat dhuha memiliki kekuatan untuk memulai hidup, dan hal ini disebutkan dalam salah satu hadits yang benar, yaitu:

“Wahai engkau anak Adam, janganlah sekali-kali kamu luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku akan mencukupkan untukmu (rezeki) di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad).

Dari hadits ini dapat diketahui bahwa Allah SWT telah berjanji untuk memenuhi dan menurunkan makanan hamba-hamba-Nya yang melaksanakan shalat dhuha di pagi hari.

3. Setara dengan melakukan sedekah

Keutamaan dan keutamaan shalat lainnya adalah seperti memberi sedekah, hal ini juga dijelaskan dalam sebuah hadits yang benar, yang berbunyi:

“Setiap pagi, setiap ruas anggota badanmu wajib dikeluarkan sedekahnya. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada kebaikan adalah sedekah dan melarang berbuat munkar adalah sedekah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat.” (HR. Muslim: 702).  

Dari sebuah hadits yang diriwayatkan oleh umat Islam, terlihat bahwa shalat dhuha dapat diibaratkan dengan bersedekah. Faktanya, setiap ucapan dan setiap tindakan yang Anda lakukan dalam doa dianggap sebagai berkah.

Anehnya, dengan melaksanakan shalat dhuha, tentunya dengan melaksanakan shalat dhuha dia memberikan hadiah secara tidak langsung.

4. Akan memiliki istana di Surga

Bagi siapa saja yang istiqomah atau rutin melakukan sholat sunnah ini, Allah akan memberikan kepadanya sebuah istana yang indah di surga suatu hari nanti. Hal ini berdasarkan hadits yang benar yang berbunyi sebagai berikut:

“Barang siapa melaksanakan sholat dhuha dua belas rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

5. Shalat dhuha dapat menyehatkan tubuh

Dengan melakukan sholat dhuha secara rutin minimal dua kali dapat menguatkan tubuh anda. Seluruh anggota tubuh harus senantiasa bertasbih kepada Allah SWT.

Proses ini dapat dilakukan dengan melaksanakan shalat sunnah, seperti sabda Nabi yang telah disebutkan sebelumnya di HR. Muslim: 702

Sungguh nikmat yang Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya yang melaksanakan shalat subuh. Selain melakukan Sholat Duha yang telah disebutkan sebelumnya, Anda akan menemukan manfaat di dalamnya.

Marilah kita menjadikannya sebagai bahan doa, insya Allah dengan melakukannya Allah akan memampukan segala keinginan dunia untuk menggapai masa depan dan memulai urusan rezeki-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *