Doa Terhindar dari Orang Jahat

Kejahatan adalah sesuatu yang merugikan. Ia merupakan perbuatan dhalim yang dapat membawa pelakunya masuk ke dalam neraka. Oleh karenanya, selain dilarang dari melakukan kejahatan, kita juga dianjurkan untuk meminta perlindungan dari menjadi objeknya.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar tidak menjadi objek kejahatan adalah dengan membaca doa terhindar dari orang jahat seperti di bawah ini:

doa terhindar dari orang jahat

Bacaan Latin:

ROBBI NAJJINI MINAL QAUMIDH DHALIMIIN

Artinya:

“Wahai Pemeliharaku, Selamatkanlah aku dari (gangguan) kaum yang suka berbuat zalim.”

Doa di atas merupakan doanya nabi Musa alaihis salam. Saat itu, beliau telah membunuh salah satu orang mesir yang menjadi pengikut Firaun secara tidak sengaja.

Karena perbuatannya, Firaun dan kawan-kawannya berencana untuk membalas bunuh nabi Musa alaihis salam. Mereka bermusyawarah untuk mencari cara agar bisa merealisasikannya.

Beruntung, ada seseorang yang menasehati nabi Musa alaihis salam agar pergi meninggalkan Mesir. Akhirnya, beliau keluar dari tempat kelahiran beliau tersebut seraya membaca doa yang telah kami sebutkan di atas.

Cerita beliau sangat menarik. Jika anda ingin mengetahui ceritanya, anda bisa membaca surat Al-Qashshash (28) ayat 21.

Lalu, apa doa yang harus kita panjatkan ketika kita terpaksa akan bertemu dengan orang-orang jahat. Maksudnya, doa apa yang harus kita lafalkan agar terhindar dari keburukan mereka?

Contoh, ketika kita terpaksa harus lewat di suatu jalan yang menjadi tongkrongan para preman, apa yang harus kita baca?

Nah, ada sebuah hadits shahih yang bisa kita jadikan sebagai pegangan. Ketika Rasulullah shallallahu alahi wa sallam khawatir terhadap keburukan suatu kaum, beliau membaca doa berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُورِهِمْ، وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شُرُورِهِمْ

ALLAHUMMA INNA NAJ’ALUKA FII NUHUURIHIM, WA NA’UDZUBIKA MIN SYURUURIHIM

“Ya Allah, sesungguhnya kami jadikan Engkau di leher-leher mereka dan kami berlindung kepada Engkau dari keburukan-keburukan mereka.” [Hr. Abu Dawud]

Meminta perlindungan kepada Allah adalah sebaik-baik cara, karena Allah adalah sebaik-baik pelindung.

Demikianlah penjelasan mengenai doa terhindar dari orang jahat dan keburukannya, wallahu a’lam. Semoga bermanfaat.