Doa Ulang Tahun Untuk Anak Lengkap Arti Dan Terjemahan

Ulang tahun sebuah peristiwa sekali dalam satu tahun yang umumnya dinanti-nantikan dalam kehidupan manusia karena pertambahan umur. Beberapa orang tua yang rayakan peristiwa ini sebagai bentuk rasa sukurnya dan ada pula yang cuman ucapkan doa ulang tahun untuk anak saja.

Untuk Anda yang mempunyai anak, tentu saja memanjatkan doa terbaik buatnya ialah hal yang paling keramat ingat doa orangtua itu mustajab. Hari di saat anak berulang-ulang tahun, ada orangtua yang melangsungkan acara pesta atau sekedar sukuran kecil. Lalu, apa saja doa yang penting disampaikan untuk anak kita?

Berikut 7 Macam Doa Ulang Tahun Untuk Anak

Tumbuh berkembang anak ialah hal yang hendak selalu jadi perhatian oleh orangtua mana saja di bumi ini, terhitung dengan pertambahan umur anak. Makin anak semakin bertambah umur, makin orangtua berasa berbahagia, apa lagi bila anak selalu sehat.

Oleh karena itu, peristiwa ulang tahun umumnya dirayakan oleh beberapa orang tua, baik itu dengan melangsungkan acara pesta dan mengundang sebagian orang atau sekedar hanya sukuran dengan membagi makanan ke famili dekat dan tetangga.

Apa saja peristiwa khusus yang diselenggarakan untuk rayakan kelahiran si anak, memanjatkan do’a untuk anak yang berulang-ulang tahun ialah sebuah kewajiban untuk orang tua. Berikut ini, ada banyak jenis opsi doa yang dapat orangtua panjatkan ketika peristiwa ulang tahun anaknya:

1. Doa Anak Panjang Umur dan Penuh Berkah

Meminta usia yang panjang usia saat hari ulang tahun ialah hal biasa yang hendak selalu diharap. Orangtua mana saja tentu menginginkan anaknya dapat berusia panjang. Tetapi, berdoa untuk diberi panjang usia tidak cukup.

Anda pun perlu doakan jika usia yang panjang pada anak dibarengi dengan keberkahan. Apakah arti usia panjang bila dipakai dalam kemaksiatan? Oleh karena itu, Anda perlu memanjatkan doa terbaik untuk anak ulang tahun supaya hidup si anak penuh keberkahan.

Doa berikut ini meminta ke Allah supaya dikasih tubuh yang sehat, hati yang penuh sinar, diluaskan rejekinya dan didekatkan dengan semua kebaikan. Berikut doa untuk meminta usia yang panjang dan penuh keberkahan:

للَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma thawal’umurana washah ajsadana wanawir qulubana watsabit imanana wa ahsan u’malana wawasi’ arzaqana wa ilalkhoiri qarabna wa’anisy syahri ab’idna waqdhi khawaijana fid daini wad dunnya wal akhirat innaka ‘ala kuli syai’in qadir.

Artinya:

“Ya Allah panjangkanlah umur kami, sehatkanlah badan kami, terangilah hati kami, kuatkanlah hati kami, baikkanlah amal kami, luaskanlah rezeki kami, dekatkanlah kami dengan kebaikan dan jauhkanlah kami dengan kejahatan. Kabulkanlah semua kebutuhan kami dalam agama di dunia ataupun di akhirat. Sesungguhnya hanya Engkaulah Yang Maha Kuasa atas segala-galanya.”

2. Doa Untuk Anak Mohon Keselamatan

Keinginan oleh semuanya orang saat umurnya semakin bertambah selainnya usia panjang ialah kesejahteraan dan keselamatan. Keselamatan dalam masalah ini bukan hanya dari semua jenis bahaya di dunia, tetapi di akhirat.

Selainnya keselamatan, meminta kesejahteraan jadi suatu hal yang jangan terlewatkan. Doa meminta kesejahteraan dengan memiliki rejeki yang banyak dan juga berguna jadi keinginan baik di pertambahan umur.

Adapun Doa Ulang Tahun Untuk Anak dalam meminta keselamatan dan kesejahteraan tersebut ialah:

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fiddiini wa’aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qiblal mauti wa rahmatan ‘indal mauti wa maghfiratan ba’dal maut.

Artinya:

“Ya Allah, kami memohon kepada-Mu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan pada tubuh dan tambahan ilmu, dan keberkahan rezeki, serta taubat sebelum meninggal dan rahmat di waktu meninggal dan ampunan setelah meninggal.”

3. Doa Untuk Anak Memohon Kemuliaan Allah

Hari ulang tahun sebetulnya ialah peristiwa sebagai pertanda bahwasanya anak telah semakin bertambah besar. Orangtua pasti selalu mengetahui jika tiap tahunnya umur anak akan bertambah.

Nach, dengan pertambahan umur anak, karena itu orangtua selalu inginkan buah hatinya mendapatkan kemuliaan sepanjang hidup. Baik kemuliaan itu berbentuk tugas yang prestise, berprestasi di sekolah, mendapatkan jodoh terbaik, dan beberapa bentuk kemuliaan lainnya.

Untuk yang ingin doakan kemuliaan anaknya, berikut Doa Ulang Tahun Untuk Anak :

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuni waj ‘alnaa lilmuttaqiina imaama.

Artinya:

Artinya: “Ya Tuhan kami, Anugerahkanlah kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

4. Doa Mohon Agar Anak Diberi Rezeki yang Halal

Janganlah sampai anak dibesarkan dengan uang yang haram karena yakin atau mungkin tidak, hal tersebut dapat memengaruhi bagaimana personalitasnya kelak. Oleh karena itu, salah satunya hal yang penting dipanjatkan saat anak sedang berulang-ulang tahun, mudah-mudahan orang tuanya dikasih rizki yang halal.

Saat rejeki yang didapat oleh orangtua ini halal, karenanya akan memengaruhi tumbuh berkembang si anak jadi individu yang baik. Ya, doa untuk anak ultah bukan hanya usia panjang untuk anak saja, tetapi rejeki yang halal untuk orang tuanya.

Berikut doa meminta rejeki yang halal ke Allah tanpa berasa capek, sulit, atau tempuh banyak kelelahan:

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Alloohumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghoiri ta’abin wa laa masyaqqotin wa laa dhoirin innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

5. Doa Memohon Anak Menjadi yang Soleh dan Solehah

Minta anak yang soleh dan solehah ialah keinginan dari semuanya orang tua muslim di dunia. Saat anak sedang berulang-ulang tahun, karena itu orangtua dapat memanjatkan doa untuk anak ulang tahun menurut Islam, supaya menjadi individu yang solehah dan soleh.

Anak yang solehah atau soleh ialah sebuah kebanggaan mengagumkan karena anak bukan hanya berbakti ke orang tuanya saja, tetapi dengan Tuhan dan lingkungan yang di sekelilingnya. Berikut Doa Ulang Tahun Untuk Anak supaya jadi soleh atau solehah:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

“Robbi hablii minash shoolihiin”

Artinya: “Ya Rabbi, anugerahkanlah kepadaku (anak) yang termasuk orang-orang yang saleh.”

Bila dirasakan mengingatkan doa bahasa Arab untuk anak ulang tahun terlampau susah, karena itu orangtua dapat memakai contoh-contoh perkataan yang menjadi doa singkat untuk ulang tahun si anak berikut ini:

Kata Doa Ulang Tahun Untuk Anak yang berada di atas menjadi alternative untuk Anda yang ingin doakan anak supaya tumbuh jadi individu yang baik. Doa orangtua yang dipanjatkan secara terus-terusan akan diijabah oleh Allah.

Salah satunya langkah terbaik untuk membuat perlindungan anak-anak dengan selalu berdoa buatnya, membaca Al Quran buatnya dan mengingati mereka untuk selalu memercayakan Allah pada keadaan apapun. Doa untuk anak ulang tahun menjadi satu diantara wujud keinginan baru untuk orangtua di peristiwa terbaik anaknya, supaya dengan pertambahan umur, anak menjadi figur yang lebih bagus lagi.

 

 

Tinggalkan komentar