Hadits Shahih Tentang Keutamaan 3 Anak Perempuan

Tebar kebaikan yuk dengan share tulisan ini!

Dalam Islam, memiliki anak perempuan mendapat keistimewaan tersendiri, apalagi kalau sampai berjumlah 3. Terdapat sebuah hadits shahih tentang keutamaan memiliki 3 anak perempuan.

Bagi anda para orang tua, simak penjelasannya berikut ini. Semoga Allah menjadikan anak-anak kita sebagai anak-anak yang shalih dan shalihah. Dan semoga mereka bisa menjadi penolong bagi kita di akhirat kelak.

Baca Juga: Hukum Aqiqah

Hadits-Hadits Shahih Tentang Keutamaan 3, 2, atau 1 Anak Perempuan

Berikut ini hadits-hadits yang membahas berkaitan tentang keutamaan memiliki anak perempuan:

Hadits Pertama – Sebagai Penghalang dari Api Neraka

Dari Uqbah bin Amir radliyallahu anhu, dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ كَانَ لَهُ ثَلَاثُ بَنَاتٍ فَصَبَرَ عَلَيْهِنَّ، وَأَطْعَمَهُنَّ، وَسَقَاهُنَّ، وَكَسَاهُنَّ مِنْ جِدَتِهِ كُنَّ لَهُ حِجَابًا مِنَ النَّارِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barang siapa memiliki 3 anak perempuan, lalu dia bersabar atas mereka. Dia memberi makan, minum, dan pakaian kepada mereka sesuai kemampuannya. Maka, mereka bagi dia adalah penghalang dari neraka di hari kiamat.”

Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Ahmad [4/154], Al Bukhari dalam kitab Adab [76], Ibnu Majah [3669] dan dishahihkan oleh Al Albani dalam Ash Shahihah [294]

Hadits Kedua – Penyelamat dari Api Neraka

Dari Aisyah radliyallahu anha, dia berkata: Seorang wanita singgah atasku bersama 2 anak perempuannya untuk meminta-minta. Dan tidak ada padaku sesuatupun selain satu kurma, maka aku memberikannya kepadanya.

Lalu dia membaginya di antara 2 anak perempuannya dan tidak makan darinya sedikitpun, lalu dia beranjak.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam masuk atasku maka aku menceritakan hal itu kepada beliau. Lalu beliau bersabda:

من ابتلى من هذه البنات بشيء فأحسن إليهن كن له ستراً من النار

Barang siapa diuji dari anak-anak perempuan ini dengan sesuatu lalu dia berbuat baik kepada mereka, maka mereka baginya adalah penutup dari api neraka.

Hadits ini diriwayatkan oleh Al Bukhari [5995], Muslim [2629], At Tirmidzi [1913] dan lafal miliknya berbunyi: Barang siapa diuji dengan sesuatu dari anak-anak perempuan lalu bersabar atas mereka, maka mereka baginya adalah penghalang dari api neraka. Dishahihkan oleh Asy Syaikh Al Albani rahimahullah.

Hadits Ketiga – Wanita Miskin dan 3 Anak Perempuannya

Aisyah radliyallahu anha bercerita: Seorang wanita miskin mendatangiku dengan membawa 2 anak perempuannya. Lalu aku memberinya makan berupa 3 kurma.

Dia memberi setiap anaknya satu butir kurma dan mengangkat ke mulutnya satu kurma untuk memakannya. Ternyata kedua anaknya memintanya. Lalu dia membagi kurma yang ingin dia makan di antara keduanya.

Keadaannya itu membuatku takjub, lalu aku menceritakan apa yang dia perbuat kepada Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Maka beliau bersabda:

إن الله قد أوجب لها بهما الجنة أو أعتقها بها من النار

“Sesungguhnya Allah telah memastikan surga baginya karena keduanya atau menyelamatkannya dari api neraka.”

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim [2630]

Hadits Keempat – Merawat Anak Perempuan Hingga Baligh

Dari Anas radliyallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda:

من عال جاريتين حتى تبلغا جاء يوم القيامة أنا وهو. وضم أصابعه

“Barang siapa merawat 2 anak perempuan hingga keduanya baligh, maka dia akan datang di hari kiamat, (jarak) aku dan dia.” Beliau mengumpulkan jari-jari beliau.

Imam Muslim telah meriwayatkannya [2631].

Hadits Kelima – Berbuat Baik Kepada Anak Perempuan

Dari Ibnu Abbas radliyallahu anhuma, dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

ما من مسلم له ابنتان فيحسن إليهما ما صحبتاه أو صحبهما إلا أدخلتاه الجنة

“Tidaklah ada seorang muslim yang memiliki 2 anak perempuan, lalu dia berbuat baik kepada keduanya selagi keduanya menemaninya atau dia menemani keduanya, kecuali keduanya memasukkan dia ke surga.”

Diriwayatkan oleh Ibnu Majah [3670], Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya [945], Al Hakim [4/196], dan Asy Syaikh Al Albani rahimahullah menilainya hasan lighairihi dalam kitab Shahihut Targhib.

Hadits Keenam – Merawat Sampai Menikah

Dari Auf bin Malik radliyallahu anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

ما من مسلم يكون له ثلاث بنات فينفق عليهن حتى يَبِنَّ أو يمتن إلا كن له حجاباً من النار. فقالت له امراة: وبنتان؟ قال: وبنتان

“Tidaklah ada seorang muslim yang memiliki 3 anak perempuan, lalu dia memberi nafkah atas mereka hingga menikah atau meninggal, kecuali mereka baginya adalah penghalang dari api neraka.” Maka berkata seorang wanita kepada beliau: Dan 2 orang anak? Beliau bersabda: “Dan 2 orang anak.”

Ath Thabrani telah mengeluarkannya dalam Al Kabir [102] dan Asy Syaikh Al Albani rahimahullah menilainya hasan lighairihi.

Hadits Ketujuh – Saudara Perempuan

Dari Abu Said Al Khudriy radliyallahu anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

من كان له ثلاث بنات أو ثلاث أخوات أو بنتان أو أختان فأحسن صحبتهن واتقى الله فيهن فله الجنة

“Baraaang siapa memiliki 3 anak perempuan, 3 saudara perempuan, 2 anak perempuan, atau 2 saudara perempuan, dia berbuat baik dalam bergaul dengan mereka dan bertaqwa kepada Allah pada urusan mereka, maka baginya syurga.”

At Tirmidzi telah mengeluarkannya [1916] dan lafal ini miliknya, Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya [446], dan Abu Dawud. Hanya saja lafal beliau: Dia mendidik mereka, berbuat baik kepada mereka, dan menikahkan mereka, maka baginya syurga. Asy Syaikh Al Albani rahimahullah menilainya shahih lighairihi.

Hadits Kedelapan – Memberi Nafkah

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

من أنفق على ابنتين أو أختين أو ذواتي قرابة يحتسب النفقة عليهما حتى يغنيهما من فضل الله أو يكفيهما كانتا له ستراً من النار

“Barang siapa memberi nafkah atas 2 anak perempuan, 2 saudara perempuan, atau 2 orang perempuan yang memiliki hubungan kerabat (termasuk mahram) dan dia berharap (pahala) dalam memberi nafkah kepada keduanya, hingga Allah memberi kekayaan kepada mereka dari karunia Allah atau memberi kecukupan kepada keduanya, maka mereka baginya adalah penutup dari api neraka.”

Imam Ahmad telah mengeluarkannya [6/293], Ath Thabrani dalam Al Kabir [938], dan Al Albani rahimahullah menilainya hasan lighairihi.

Hadits Kesembilan – Jaminan Surga

Jabir radliyallahu anhu bercerita bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

من كان له ثلاث بنات يؤويهن ويرحمهن ويكفلهن وجبت له الجنة البتة. قيل يا رسول الله فإن كانتا اثنتين؟ قال: وإن كانتا اثنتين. قال: فرأى بعض القوم أن لو قال: واحدة لقال واحدة.

“Barang siapa memiliki 3 anak perempuan yang dia rawat, dia sayangi, dan dia tanggung urusannya, maka jaminan baginya adalah surga.” Ada seseorang bertanya: Ya Rasulullah! Kalau 2 anak? Beliau menjawa: 2 anak adalah sama.

Imam Ahmad telah mengeluarkannya [3/303], Ath Thabrani dalam Al Ausath [4790], dan Al Albani menilainya shahih lighairihi.

Demikianlah dalil dari hadits shahih yang dapat kami sampaikan tentang keutamaan mempunyai 3, 2, atau 1 anak perempuan, wallahu a’lam. Maka, apabila anda memiliki anak perempuan, segeralah bersyukur kepada Allah taala.

Meski demikian, dalil-dalil ini tidaklah menjadi dasar bahwa anak laki-laki tidaklah utama. Akan tetapi, setiap karunia dari Allah adalah memiliki keutamaan masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Wabillahit taufiq.


Oleh: Zain Al-Fikry. Ikuti kami di fanspage Mutiara Dakwah.

Artikel: Al-Fikry.com

Tebar kebaikan yuk dengan share tulisan ini!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.