Hadits tentang Menghormati Tetangga

Salah satu tanda kesempurnaan imannya seorang muslim ditunjukkan oleh sikapnya kepada orang-orang yang ada di sekitarnya. Dengan kata lain, seorang muslim sejati adalah orang-orang yang berakhlak baik kepada tetangganya.

Banyak dalil-dalil yang memerintahkan orang Islam agar bersikap baik kepada tetangganya. Salah satunya adalah hadits tentang menghormati tetangga berikut ini.

Hadits ini adalah salah satu tuntunan dalam adab bertetangga secara Islami. Imam An-Nawawi telah menyebutkannya dalam hadits arbain ke 15.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah radliyallahu anhu:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَاليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ

Man kaana yu’minu billahi, wal yaumil akhiri, fal yukrim jaarahu

“Barang siapa beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka hendaklah dia memuliakan tetangganya.” [Muttafaqun alaih]

Makna hadits ini adalah bahwa orang yang mengaku sebagai seorang muslim, maka dia harus memuliakan tetangganya. Maksud dari memuliakan di sini adalah tidak mengganggu dan memberikan hak-hak tetangga.

Dengan demikian, setiap perbuatan yang merugikan para tetangga itu tidak pantas dilakukan oleh seorang muslim. Ketika dia tetap melakukannya, maka itu adalah bukti bahwa dia belum benar-benar menjadi seorang muslim. Contoh perbuatan yang merugikan tetangga adalah perbuatan ghibah kepada tetangga.

Kebiasaan menggunjingi tetangga adalah perbuatan yang tidak baik. Ia merupakan bukti penyakit hasad yang telah menjangkiti hati seseorang. Ketika melihat orang lain sedang mendapat kebahagiaan, justru ia merasa susah. Ketika orang lain tertimpa kesusahan, ia justru merasa senang.

Lalu, mengapa kita harus bersikap memuliakan kepada tetangga?

Tentu jawabannya sudah jelas, bahwa itu dikarenakan mereka adalah orang-orang yang dekat dengan kita. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kemungkinan besar akan berinteraksi dengan kita.

Mereka adalah orang-orang yang kemungkinan besar akan kita butuhkan bantuannya ketika kita sedang berada dalam kondisi yang mendesak dan membutuhkan bantuan.

Inilah Islam. Aturannya sangat indah untuk menjaga agar kehidupan bermasyarakat berjalan dengan baik dan penuh kenyamanan.

Semoga hadits tentang menghormati tetangga yang telah kami sebutkan bermanfaat untuk kita semua, amin.