Breaking News

Hari yang Baik untuk Bercocok Tanam Menurut Islam, Beserta Kemuliaan Bercocok Tanam

Bercocok tanam atau bertani merupakan salah satu pekerjaan yang banyak digeluti. Pekerjaan ini memegang peranan penting di seluruh dunia, karena menyangkut kebutuhan pangan manusia. Bagi petani muslim, banyak yang percaya mengenai hari yang baik untuk bercocok tanam menurut Islam. Berikut penjelasan mengenai hari baik, beserta kemuliaan bercocok tanam menurut Islam:

Hari yang Baik untuk Bercocok Tanam Menurut Islam

Beberapa orang percaya mengenai hari baik, salah satunya untuk bercocok tanam. Islam sendiri menyebutkan bahwa semua hari itu baik, tidak ada hari buruk ataupun hari yang sial. Jadi untuk melakukan cocok tanam, bisa dilakukan pada hari apapun. Memang ada beberapa hari yang dianggap lebih baik, yakni hari Jumat.

Hari Jumat dianggap sebagai hari yang memiliki keberkahan melimpah, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba bercocok tanam di hari Jumat. Bila ingin mendapatkan keberkahan dalam bercocok tanam, bisa dengan berdoa kepada Allah SWT. Mintalah agar kegiatan bercocok tanam dilancarkan, hingga proses panen nantinya. Allah SWT pasti akan mengabulkan doa yang bersungguh-sungguh, serta diiringi dengan niat kebaikan.

Kemuliaan Bercocok Tanam Menurut Islam

Allah SWT sangat memuliakan pekerjaan bercocok tanam, karena halal dan bermanfaat besar untuk umat manusia. Tanpa adanya bercocok tanam, maka manusia tidak akan mendapatkan bahan untuk membuat masakan. Berikut beberapa kemuliaan bercocok tanam menurut Islam di hari Jum’at:

1. Sama Seperti Bersedekah

Menurut beberapa dalil, bercocok tanam sama seperti bersedekah. Hal tersebut lantaran perjuangan para petani, untuk menyediakan bahan pangan sama seperti sedekah. Hasil cocok tanam yang dimakan, akan menjadi pahala untuk para petani yang menyediakan. Pahala itu akan mengalir hingga hari kiamat tiba.

2. Tubuh Lebih Sehat

Kemuliaan bercocok tanam berikutnya ialah menjadikan tubuh lebih sehat. Kegiatan cocok tanam sama saja dengan berolahraga, karena tubuh banyak bergerak. Pastinya hal tersebut dapat membuat tubuh lebih sehat, asal bila sudah lelah harus langsung beristirahat.

3. Semakin Yakin Kepada Allah SWT

Keyakinan kepada Allah SWT bisa bertambah melalui berbagai kegiatan, salah satunya kegiatan cocok tanam. Petani pastinya berpikir bagaimana bibit kecil yang ditanam, bisa menjadi pohon atau tanaman yang menghasilkan buah serta sayur. Tentunya itu terjadi atas kehendak dan juga kuasa Allah SWT. Melihat hal itu pastinya membuat keyakinan terhadap Allah SWT semakin tinggi.

4. Menyelamatkan Banyak Manusia serta Makhluk Hidup

Kegiatan cocok tanam menjadi penyelamat manusia serta makhluk hidup, karena terhindar dari ketiadaan bahan pangan. Makhluk hidup yang merasakan manfaat cocok tanam antara lain hewan seperti serangga, dan juga ekosistem di sekitarnya. Bayangkan saja jika tidak ada kegiatan cocok tanam, maka manusia serta makhluk hidup bisa tiada.

5. Pekerjaan yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Salah satu pekerjaan yang dianjurkan Rasulullah SAW ialah cocok tanam. Pekerjaan ini halal, dan memberi manfaat untuk orang banyak. Kegiatan cocok tanam yang disebut halal ialah yang jujur. Jangan menjual hasil cocok tanam dengan curang, karena hal tersebut haram dan sangat berdosa.

6. Meningkatkan Perekonomian

Kemuliaan terakhir ialah dapat meningkatkan perekonomian, terutama untuk para petani yang melakukannya. Akhir dari kegiatan cocok tanam ialah menjual hasil panennya, dari situlah perekonomian akan meningkat. Semakin banyak hasil panen, maka perekonomian akan meningkat dengan cepat.

Itulah pembahasan tentang hari yang baik untuk bercocok tanam menurut Islam, beserta kemuliaan bercocok tanam. Pastinya kegiatan cocok tanam memberi banyak manfaat, selama ditunaikan dengan jujur serta ikhlas. Jangan lupa laksanakan kegiatan cocok tanam dengan niat dan doa kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.