Breaking News

Inilah 5 Hikmah Qurban dan Akikah Bagi Seorang Muslim

Melakukan qurban dan akikah merupakan suatu ibadah  yang sama, meski masing-masing tujuannya berbeda. Qurban sendiri merupakan bentuk ibadah yang dilakukan untuk melatih keikhlasan serta pengorbanan didalamnya begitupun dengan akikah. Hikmah qurban dan akikah tentunya sangat banyak sekali yang dapat dirasakan.

Jika dalam qurban dianjurkan bagi yang mampu, maka akikah adalah penyembelihan hewan atas lahirnya seorang anak dalam bentuk rasa syukur. Hal ini tentunya merupakan bentuk amal yang dilakukan oleh seorang muslim sebagaimana mestinya. Hikmah yang terdapat didalamnya yaitu:

1. Melambangkan Ketakwaan

Bagi yang mendapatkan hikmah qurban dan akikah adalah orang-orang yang senantiasa selalu bertakwa kepada Allah swt. Maksudnya yaitu mempercayai dan juga menjalankan segala perintah serta menjauhi larangan yang tidak diperbolehkan.

2. Mendapatkan Ridha Allah

Salah satu jalan untuk mendapatkan ridha Allah yaitu dengan melakukan ibadah qurban dan akikah. Seorang muslim yang mengharapkan ridha Allah akan selalu diberkahi kehidupannya. Bagaimana tidak? Setiap perilaku dan perbuatannya hanya dilakukan sesuai dengan ketentuan yang Allah tetapkan.

Oleh sebab itu, yang menjadi salah satu keistimewaan dalam berqurban dapat menaikkan tingkat keimanan seseorang kepada penciptanya. Meneladani kisah Nabi Ibrahim yang mengorbankan putranya sendiri untuk disembelih. Allah menguji tingkat keimanan lewat pengorbanannya tersebut yang kemudian digantikan allah dengan hewan sembelih.

Kisah tersebut memberikan contoh bahwa ketaatan Nabi Ibrahim sebagai seorang hamba dalam menaati perintah yang allah berikan semata-mata karena allah. Allah kemudian menggantikan Nabi Ismail dengan hewan qurban, disanalah terbuktinya kesabaran dan  sikap berserah diri Nabi yang dapat dipelajari.

3. Membersihkan Rezeki

Setiap manusia dimuka bumi ini telah allah atur setiap rezekinya, bahkan semut pun sudah ditetapkan rezekinya, apalagi manusia. Oleh karena itu, manusia dianjurkan sekali untuk melakukan ibadah qurban bagi yang mampu serta akikah sebagai rasa syukur. Merupakan ibadah yang memberikan hikmah dalam pembersihan rezeki.

Maksudnya yaitu untuk mengeluarkan setiap rezeki yang telah  dititipkan Allah kepada seseorang dengan berlebihnya rezeki dalam bentuk harta yang dimilikinya. Memungkinkan untuk melakukan pembersihan harta lewat ibadah kurban dan akikah yang dilakukannya. Manfaat lainnya juga dapat digunakan untuk mensucikan sebagian harta yang diperoleh.

4. Menanamkan Kepedulian

Berikutnya hikmah yang terdapat pada kedua ibadah tersebut adalah rasa kepedulian yang ditanamkan dihati. Seseorang yang telah mampu secara finansial tentu akan tergerak hatinya untuk melaksanakan salah satu ibadah kurban maupun akikah.

Dalam melakukan ibadah tersebut, seorang hamba akan sangat mengetahui bagaimana rasanya ketika harus melakukan pengorbanan. Hikmah yang didapat dengan berkurban berarti telah berbagi dengan fakir miskin dan juga para peternak yang menjual hewan qurban. Hal itu merupakan bentuk dari rasa peduli yang ditimbulkan dari melakukan ibadah qurban.

5. Berbagi Kepada Sesama

Agama islam adalah agama yang paling indah, dimana didalamnya mengajarkan kepada sesama manusia untuk berbagi. Hal ini tentu akan dapat memberikan sedikit kebahagian untuk para kaum dhuafa, yang sulit untuk mencukupi kebutuhan makanannya.

Seseorang yang berkurban dapat membagikan sedikit rezekinya pada sesamanya lewat daging yang akan diberikan. Saat berkurban pun tidak ada larangan untuk memberikan daging qurban kepada non muslim. Jadi, jika terdapat diantaranya orang-orang non, maka ia juga dapat menerimanya.

Itulah beberapa hikmah qurban dan akikah yang diperoleh seorang muslim dalam menjalankan kewajibannya sesuai dengan perintah Allah dan Rasul-Nya. Lakukanlah qurban  dengan penuh rasa ikhlas dan rasa syukur atas lebihnya nikmat yang dirasakan. Jangan sampai ibadah tersebut dilakukan dengan tujuan yang selain dari mengharap karena Allah swt.