Breaking News

Inilah 5 Komponen Rem Tromol Yang Perlu Diketahui

Pada setiap kendaraan pasti memiliki sistem pengereman yang berfungsi untuk keamanan saat mengemudi sebuah kendaraan. Terdapat dua tipe untuk sistem pengereman yaitu ada rem tromol dan satu diantaranya yang cukup populer adalah rem cakram. Komponen yang dimiliki dari masing-masing rem tentu berbeda. Seperti halnya pada komponen rem tromol yang memiliki 5 komponen penting.

Rem tromol memiliki peran penting juga pada sebuah kendaraan, dimana rem tromol dapat mengurangi kecepatan berkendara secara halus. Karena tidak semua kendaraan ketika mengerem berlaju secara halus, tentu terdapat komponen pendukung di dalamnya. Nah berikut ini komponen yang perlu diketahui pada rem tromol, diantaranya yaitu:

1. Backing Plate

Pada backing plate merupakan komponen dudukan untuk di rem tromol lainnya. Misalnya seperti sebagai tempat pegas, brake shoes hingga pada wheel cylinder. Bentuk pada backing plate yaitu piringan logam yang terletak di belakang sistem rem tromol.

Fungsi dari backing plate sendiri yaitu untuk melindungi komponen lainnya yang juga terpasang sekitar komponen ini. Backing plate juga terdapat lubang serta lekukan, dari fungsi dan tujuannya pun cukup berbeda. Seperti hal nya pada lubang yang terdapat pada backing plate memiliki tujuan untuk melakukan penyesuaian dengan part standard di rem tromol.

2. Silinder Roda

Komponen rem tromol pada poin yang kedua yaitu silinder roda, komponen ini memiliki fungsi yang cukup penting dari tekanan fluida ke mekanis. Terdapat dua tipe pada komponen silinder roda ini yaitu dual piston dan trailing yang memiliki ciri dan fungsi nya masing-masing.

Silinder roda memiliki beberapa bagian diantaranya piston, spring, bleeder nut, wheel cylinder housing dan bagian piston boot. Sistem kerja pada bagian wheel cylinder yakni menekan di bagian piston cup sehingga piston tersebut mengarah pada sepatu rem supaya terjadi pengereman.

3. Brake Shoe

Komponen selanjutnya yaitu brake shoe atau yang disebut sebagai sepatu rem. Bentuk dari brake shoe yaitu berbentuk lingkaran namun brake shoe terdapat dua sepatu dan bentuknya menjadi setengah lingkaran. Komponen Brake shoe digunakan sebagai tempat atau wadah untuk kampas rem di bagian sistem rem tromol. Sedangkan yang disebut sebagai brake pad yang sebagai tempat untuk komponen rem cakramnya.

4. Return Spring

Komponen rem tromol pada poin ke empat yang tidak kalah penting yaitu return spring. Fungsi dari return spring yaitu dapat melakukan pengembalian posisi rem, seperti hal nya rem sebelum ditekan dari pedalnya. Tindakan tersebut dilakukan sama dengan rem di posisi awal.

Sistem kerja rem tromol untuk komponen return spring ini terdiri dari dua buah diantaranya adalah uper spring dan lower spring. Masing-masing dari uper spring dan lower spring yakni fungsi dan tujuan yang dimilikinya berbeda dan cukup penting perannya untuk rem tromol.

5. Parking Brake Lever

Bagian dari rem tromol yang memiliki peran penting untuk kendaraan roda empat seperti mobil adalah parking brake lever. Komponen Parking brake lever pada rem tromol membuat konstruksinya menjadi lebih rumit, termasuk pada sistem kerjanya.

Terdapat dua buah brake lever pada sistem kerja komponen rem tromol diantaranya brake shoe link dan juga park brake lever. Park brake lever dibuat seperti pada salah satu ujung lengannya mempunyai bagian engsel. Sedangkan untuk brake shoe link yaitu menghubungkan antara park brake lever dengan komponen brake shoe lainnya.

Itulah beberapa komponen rem tromol yang dapat diketahui oleh masyarakat yang memiliki kendaraan baik motor hingga kendaraan roda empat seperti mobil. Pengguna kendaraan mengetahui peran komponen pada rem tromol ini sangatlah penting, terlebih rem menjadi pusat terpenting juga bagi kendaraan yang dikemudikannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.