Breaking News

Inilah 5 Manfaat Daun Ciplukan untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Lihat

Tumbuhan merupakan salah satu organisme yang mempunyai beragam jenis. Tentu, setiap jenis tumbuhan memiliki manfaat yang bisa didapatkan salah satunya sebagai bahan obat. Tanaman ciplukan merupakan jenis tanaman liar yang ternyata tidak selalu merugikan, tetapi juga memiliki khasiat untuk menyehatkan tubuh. Lantas, apakah manfaat daun ciplukan untuk kesehatan tubuh?

Memang, tanaman liar ini dulunya kerap diabaikan karena dianggap sebagai tanaman yang merugikan dan tidak mempunyai manfaat. Namun, kini sudah banyak dicari oleh masyarakat sebab daun dari tanaman tersebut ternyata memiliki keuntungan yang amat banyak bagi kesehatan. Bagaimana tidak, tanaman tersebut dapat diolah menjadi ramuan herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

1. Menyembuhkan Penyakit Rematik

Penyakit rematik termasuk penyakit yang pada umumnya banyak diderita oleh orang tua.  Namun, penyakit ini juga dapat beresiko dialami oleh orang yang lebih muda. Dimana penyakit ini akan menimbulkan berbagai gejala seperti rasa pegal di bagian persendian. Tentu, jika penyakit ini telah menyerang bagian tubuh, maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Maka untuk mengatasi penyakit tersebut, penderita bisa memanfaatkan daun dari tanaman ciplukan. Sebab, memiliki beragam kandungan seperti asam klorogenat dan vitamin C yang bisa mengobati rematik. Cara mengolahnya pun sangat mudah hanya perlu menumbuk daunnya kemudian tambahkan sedikit kapur sirih. Setelah itu kompreskan pada bagian yang pegal.

2. Mengatasi Penyakit Asma

Sebagaimana yang diketahui bahwa penyakit asma termasuk penyakit yang meradang saluran pernapasan. Dimana gejala yang ditimbulkan seperti sesak di dada akibat penyempitan saluran pernapasan. Maka, tidak sedikit masyarakat melakukan pengobatan ke rumah sakit agar bisa meredakan gejala dari penyakit tersebut.

Padahal, ada beragam tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk mencegahnya, salah satunya daun dari tanaman ciplukan. Untuk mengaplikasikan daun dari tanaman cuplikan ini cenderung sangat mudah. Dimana hanya perlu menggabungkan daun dan batangnya kemudian rebus dengan air. Selanjutnya, air dari rebusannya silahkan diminum secara rutin sampai penyakit tersebut tidak kambuh lagi.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat daun ciplukan untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah penyakit diabetes. Dimana penyakit diabetes ini adalah penyakit yang sangat serius dan mesti mendapatkan perhatian lebih. Meskipun telah melakukan berbagai pengobatan medis, namun penyakit ini juga mesti menggunakan beragam pengobatan herbal seperti memanfaatkan tumbuhan.

Salah satu tumbuhan yang bisa diandalkan untuk mencegah penyakit diabetes adalah daun dari tanaman ciplukan. Dimana untuk menggunakannya hanya perlu merebusnya dengan air. Kemudian air rebusannya diminum tiga kali dalam sehari hingga kadar gula normal kembali.

4. Menyembuhkan Sariawan

Penyakit sariawan termasuk penyakit yang sering muncul di bagian mulut disebabkan kekurangan vitamin C. Tentu penyakit ini akan menimbulkan bercak putih di mulut dan terasa perih jika terkena beragam makanan. Penyakit ini juga bisa membuat nafsu makan menurun.

Maka untuk mengobati penyakit tersebut, penderita dapat memanfaatkan kandungan dari daun ciplukan. Dimana untuk mengaplikasikannya cukup dengan merebus daunnya dengan air. Lalu air rebusanya diminum secara teratur sampai bercak sariawan menghilang.

5. Merawat Kesehatan Mata

Selain dapat mengatasi berbagai macam penyakit, ternyata daun ciplukan ini juga bisa diandalkan untuk merawat kesehatan mata. Sebab, mempunyai kandungan vitamin yang berkhasiat untuk memelihara kondisi mata tetap sehat. Bukan hanya itu saja, tetapi kandungan buah dari tanaman ciplukan juga bisa menghindarkan dari resiko degenerasi makula.

Caranya, cukup dengan mengkonsumsi daun serta buah dari tanaman ciplukan secara teratur agar vitamin A tetap bisa terpenuhi. Untuk cara mengkonsumsinya hanya perlu diminum air rebusannya secara rutin.

Itulah tadi beberapa manfaat daun ciplukan untuk kesehatan tubuh. Meskipun tanaman tersebut tergolong sebagai tanaman liar yang merugikan. Namun, tanaman ciplukan ini tidak serta merta merugikan masyarakat, tetapi malah bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.