Breaking News

Inilah Amalan Serta Doa Agar Hati Tenang dan Ikhlas dalam Menghadapi Masalah

Persoalan manusia di muka bumi tak dipungkiri dapat membuat hati tidak tenang. Terutama ketika seseorang kehilangan akan sesuatu yang dicintai, baik orang tercinta atau suatu barang yang sangat dijaga. Hal tersebut tentu sangat sulit diterima oleh hati sehingga menjadi tidak tenang dan ikhlas. Terdapat doa agar hati tenang dan ikhlas untuk membantu mengurangi perasaan tersebut.

Kadang, tidak ada yang bisa membantu untuk menenangkan hati selain meminta kepada Sang Pencipta. Untuk itu diperlukan doa serta amalan tambahan agar membuat hati senantiasa tenang serta ikhlas. Apa sajakah doa dan amalan lain tersebut? Berikut adalah ulasannya!

Doa Untuk Membuat Hati Senantiasa Tenang dan Ikhlas

Kegiatan berdoa tentu dapat membantu menenangkan hati yang sedang gelisah maupun yang sedang merasa tidak ikhlas. Kehilangan sesuatu tentu akan berdampak pada psikis seseorang. Berdoa merupakan salah satu cara menenangkan hati yang mujarab. Berikut doa agar hati tenang dan ikhlas yang bisa diamalkan:

Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa yardho bi qodho-ika wataqna bi ’atha-ika”.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu jiwa yang merasa tenang kepada-Mu, yang yakin akan bertemu dengan-Mu, yang ridho dengan ketetapan-Mu, dan yang merasa cukup dengan pemberian-Mu.” (HR. Imam Thabrani)

Amalan Lain yang Dapat Membuat Hati Tenang dan Ikhlas

Selain doa yang diriwayatkan dalam hadits Imam Thabrani, terdapat kegiatan dan bacaan lain yang juga bisa membuat hati tenang serta ikhlas. Amalan tersebut bisa dilakukan setiap hari, saat sedang gundah gulana, atau khawatir yang berlebih. Berikut adalah amalan-amalannya:

1. Membaca atau Mendengarkan Bacaan Al-Qur’an

Membaca kitab suci bagi umat Islam ini merupakan amalan yang sangat mulia dan dapat menenangkan hati. Apalagi jika menyempatkan untuk membaca artinya juga. Dengan memahami isi dari Al-Qur’an dapat membuat hati pembacanya lebih tenang dan senantiasa mengingat bahwa Allah SWT akan selalu bersama hamba-Nya.

Sedang datang bulan? Jangan khawatir. Walau tidak bisa menyentuh Al-Qur’an secara langsung, para wanita bisa mendengarkan alunan indah Al-Qur’an untuk menenangkan hati. Ditambah suara merdu dari pembacanya menambah tenang hati yang sedang gundah. Bisa juga untuk menambah hafalan surat dengan mendengarnya secara berulang.

2. Senantiasa Berdzikir di Berbagai Kesempatan

Amalan lainnya yang bisa menenangkan hati adalah dengan berdzikir kepada Allah SWT di berbagai keadaan. Melakukan dzikir bisa dilakukan walau sedang tidak suci seperti haid atau tanpa wudhu terlebih dahulu. Senantiasa melakukan dzikir di berbagai kesempatan, kecuali sedang di kamar mandi, tentu dapat menenangkan hati karena selalu ingat kepada sang pencipta.

Berdzikir juga bisa menambah iman kepada Allah SWT karena selalu menyebut dan mengingat-Nya. Dengan keyakinan tersebut tentu akan lebih mudah mengikhlaskan sesuatu karena yakin bahwa semua itu adalah keputusan Allah SWT dan mungkin adalah sebuah petunjuk untuk mendapatkan yang lebih baik. Atau memang sebuah ujian yang harus dijalani untuk menaikkan derajat seseorang.

3. Melakukan Sholat Malam

Dan amalan yang terakhir adalah melakukan sholat malam. Sholat malam atau tahajud yang biasa dilakukan di sepertiga malam dapat menenangkan hati yang risau dan khawatir akan sesuatu hal. Situasi malam yang sunyi dan tenang dapat memberikan ketenangan serta keleluasaan bagi seseorang untuk menyampaikan segala yang dirasa kepada Sang Pencipta.

Terkadang, tidak semua orang bisa mengungkapkan apa yang dirasa di dalam hati. Maka dari itu sholat malam adalah jawabannya. Maka dari itu, sholat malam dapat dijadikan amalan agar menambah ketenangan serta keikhlasan hati. Ditemani kesunyian malam, curhat dengan Allah SWT akan lebih syahdu dan menambah rasa syukur serta iman kepada-Nya.

Itulah doa agar hati tenang dan ikhlas serta amalan lainnya yang bisa dilakukan. Doa atau amalan lainnya perlu dilakukan selain untuk menenangkan hati juga bisa mendapatkan pahala. Melibatkan Tuhan di setiap jalan kehidupan akan membuat seseorang senantiasa ikhlas dan yakin bahwa segalanya sudah diatur dan akan diberikan yang terbaik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.