Breaking News

Inilah Doa Niat Mandi Besar Beserta Tata Caranya Pada Perempuan dan Laki-laki

Bersuci merupakan suatu hal yang wajib dilakukan sebelum menunaikan sebuah ibadah wajib. Bersuci disini merupakan kegiatan mensucikan diri dari hal-hal najis atau setelah terjadinya kegiatan. Dimana kegiatan tersebut menimbulkan sesuatu yang disyariatkan perlu mensucikan diri. Dalam mensucikan diri ini berupa mandi besar. Nah, berikut penjelasan tentang mandi besar serta doa niat mandi besar:

Tentang Pengertian Serta Alasan Mandi Wajib atau Besar

Kegiatan bersuci merupakan hal penting Biasanya disebut dengan thaharah. Dalam mensucikan diri yang dilakukan oleh umat Muslim yaitu dengan mandi besar. Jadi mandi besar ini merupakan bersuci yang bertujuan menghilangkan hadas besar. Dimana mandi besar ini memiliki hukum yang wajib dilakukan jika telah melakukan hal-hal yang membuatnya terkena hadas.

Melakukan mandi besar ini memiliki berbagai alasan, salah satunya yang akan dibahas disini adalah ketika seseorang telah melakukan hubungan. Dimana dalam hubungan atau persetubuhan antara laki-laki dan perempuan ini mengeluarkan air mani. Maka diwajibkan mandi besar setelahnya. Sebab, ketika tidak mandi besar, hal ini akan menghalangi seseorang dalam beribadah.

Doa Niat Mandi Besar

Kegiatan mandi junub atau mandi wajib ini tentu memiliki doa atau niat yang harus diucapkan. Sebab, kembali lagi segala Sesuatu harus diniatkan. Nah, berikut niat mandi besar:

Bismillahirrahmanirrahim nawaitul ghusla lirofngil hadasil akbari minal janabati fardzil lillahitangala.

Artinya: Saya berniat melakukan mandi wajib atau besar untuk hilangkan hadas besar dari jinabah fardlu karena Allah Ta’ala.

Cara Mandi Besar

Seusai tahu doa niat mandi besar. Maka kemudian perlu diketahui bagaimana tata cara dalam mandi besar tersebut. Adapun caranya terdapat dua macam yakni pada laki-laki dan perempuan. Berikut caranya:

1. Cara Mandi Besar Pada Laki-laki

Kegiatan mandi besar memang dilakukan oleh perempuan dan laki-laki. Dimana keduanya telah melakukan hubungan sehingga keluarnya air main. Untuk itu berikut tata caranya:

  • Pertama, baca niat lalu basuhlah kedua tangan.
  • Kemudian, tumpahkan air pada tangan kanan ke atas tangan kiri, lalu cuci atau basuh kemaluan.
  • Setelah itu, berwudhu layaknya seperti akan sholat.
  • Jika sudah, guyur rambut sambil disisir menggunakan jari sampai ke pangkal rambut.
  • Siram kepala hingga 3 kali, lalu basuh seluruh tubuh dan kedua kaki.

2. Cara Mandi Besar Pada Perempuan

Adapun tata cara mandi kurang lebih sebenarnya sama seperti pada laki-laki. Hanya saja yang membedakan adalah jika perempuan tidak perlu mencela ke pangkal rambut. Jadi, tidak perlu membuka jalinan rambut. Nah, berikut caranya.

  • Pertama, tentunya membaca doa niat mandi besar yang telah disebutkan tadi.
  • Kemudian, cuci atau bersihkan telapak tangan diulang hingga 3 kali. Setelah itu bersihkan area dubur serta kemaluan. Bersihkan semua kotoran yang tertempel dengan memakai tangan kiri.
  • Lalu, cucilah tangan dengan sabun.
  • Kemudian, melakukan wudhu. Dimana Gerakan wudhu tersebut sama seperti ketika berwudhu pada sholat.
  • Jika sudah, siramkan air ke atas kepala diulang tiga kali.
  • Dilanjutkan dengan menyiram seluruh tubuh dengan air. Dalam melakukan ini, bisa dimulai dari yang bagian kanan terlebih dahulu. Mengguyur anggota tubuh bagian kanan lalu barulah bagian tubuh kiri. Bersihkan semuanya dan pastikan bersih hingga lipatan atau area yang tersembunyi.

Itulah tadi, doa niat mandi besar serta tata caranya yang bisa dicoba. Pastikan ketika mandi menggunakan air yang bersih sehingga mandi akan lebih segar dan bersih. Jangan sampai lupa untuk memulai membasuh seluruh tubuh dengan bagian kanan terlebih dahulu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.