Kalimat Innallaha Ma’ashobirin, Tulisan Arab, Arti, dan Penjelasan

Saya yakin, anda pasti pernah mendengar atau membaca kalimat innallaha ma’ashobirin. Kalimat ini digunakan sebagai motivasi agar seseorang bersabar terhadap masalah yang dia alami.

Memang, hidup ini terkadang tidak sesuai dengan harapan kita. Keinginan-keinginan yang tidak tercapai serta masalah-masalah yang selalu datang silih berganti.

Semua ini harus kita hadapi dengan kesabaran, karena itulah satu-satunya cara agar kita selalu mendapatkan ridho dari Allah subhanahu wa taala.

Sabar adalah Pilihan

Definisi sabar adalah tahan menghadapi cobaan. Artinya, orang yang sabar adalah orang yang ketika masalah datang kepada dia, dia tidak mengeluh, tidak lekas marah, tidak lekas putus asa, dan tidak lekas patah hati.

Sikap sabar adalah sikap yang sangat disukai oleh Allah taala. Biasanya, orang yang bersabar juga selalu mendapatkan manfaat dari sikap baiknya tersebut. Mereka bisa melihat hikmah dari setiap kejadian. Dibandingkan dengan orang yang tidak mau bersabar atau tergesa-gesa, sifat seperti ini selalu membuahkan penyesalan.

Orang beriman adalah orang yang selalu bersabar terhadap masalah yang mereka hadapi. Mereka bukan orang yang mudah putus asa dan bukan orang yang suka tergesa-gesa. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ، إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ، صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Aku benar-benar takjub dengan perkara orang beriman. Sesungguhnya perkaranya semua adalah kebaikan dan itu tidak dimiliki oleh seorang pun kecuali bagi orang beriman.  Jika mengenainya suatu kesenangan, dia bersyukur. Hal itu adalah baik baginya. Jika mengenainya suatu kesusahan, dia bersabar. Hal itu adalah baik baginya.” [Hr. Muslim]

Selain bahwasanya sifat ini adalah sifat orang beriman, kita juga perlu tahu bahwasanya innallaha maashobirin.

Innallaha Ma’ashobirin Artinya dan Tulisan Arab

Innallaha ma’ashobirin adalah berasal dari tulisan Arab إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ yang artinya, “Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” Ia merupakan penggalan dari ayat dalam qs. Al Baqarah ayat 153.

Dalam ayat itu, Allah taala berkalam: