Jangan Ketinggalan Info, Ini Doa Setelah Sholat Taubat

  • Admin
  • Mei 30, 2022

Pada umumnya, ibadah seperti shalat taubat dilakukan oleh seseorang dengan situasi yang khusus demi meminta pengampunan dari Tuhan atas kesalahannya. Sementara itu, makin banyak ditemukan juga yang justru tidak mengenali beberapa bacaan khusus untuk doa setelah sholat taubat yang benar. Padahal beberapa bacaan tersebut bisa menjadi kunci diterimanya sebuah pengampunan.

Sebelum mengetahui tentang beberapa doa yang diwajibkan atau dikhususkan untuk diucapkan ketika melakukan shalat taubat, ketahui pula pentingnya melakukan ibadah ini. Apalagi ternyata semakin kesini semakin banyak pula yang justru tidak mengenal ibadah shalat ini sehingga juga tidak mengenali bacaan doanya. Silakan simak penjelasan secara lengkapnya dalam uraian detail berikut ini:

Untuk Apa Shalat Taubat?

Secara sederhana, jenis ibadah seperti shalat taubat ini bisa dikatakan sebagai ibadah shalat yang khusus sehingga tata caranya pun berbeda. Walaupun begitu, semakin ke sini mungkin semakin banyak ditemukan yang ingin mencoba ibadah ini karena banyak keutamaan yang memang dimiliki. Bahkan Rasulullah juga menganjurkan ibadah ini dilakukan secara rutin nantinya.

Urutan Doa Pasca Shalat Taubat

Sebenarnya, ibadah yang dikenal dengan nama shalat taubat ini bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana tanpa memakan banyak waktu nantinya. Hanya saja, setiap orang tetap penting untuk mengenali beberapa bacaan doa yang wajib atau sunnah diucapkan setelah shalatnya selesai dilakukan. Silakan kenali doa setelah sholat taubat seperti di bawah ini:

1. Istighfar

Sama seperti halnya doa untuk ibadah shalat yang lainnya, ibadah ini juga memerlukan bacaan khusus istighfar yang bisa diucapkan lebih dari sekali. Namun karena ini adalah ibadah shalat yang sejak awal dilakukan untuk meminta pengampunan, maka bacaan istighfar bisa diucapkan sebanyak mungkin. Bahkan beberapa orang mungkin mengucapakannya setidaknya minimal sekitar 33 kali.

2. Bentuk Sesembahan

Tidak kalah penting dengan bacaan doa untuk shalat taubat yang sebelumnya, bacaan ini biasanya juga diucapkan oleh beberapa orang nantinya. Silakan mulai dengan allahumma anta robbi laa ilaaha illaa anta. Bacaan ini menunjukkan bahwa seseorang yang berdoa menganggap Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang bisa disembah dan tidak ada yang lainnya.

3. Meminta Perlindungan

Kemudian ada juga bacaan doa seperti kholaqtani wa ana abduka wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. Bacaan ini sejak awal menunjukkan adanya seseorang yang ingin meminta perlindungan yang besar kepada Tuhan terutama dari segala dosa mendatang. Selain itu, doa ini juga bisa diucapkan dengan begitu mudah.

4. Bentuk Bersyukur

Bersifat sebagai pelengkap, silahkan ucapkan doa audzu bika min syarri maa shona’tu abu-u laka bini’matika ‘alayya wa abu-u bidzanbi. Secara sederhana, jenis bacaan ini mencoba menunjukkan adanya bentuk syukur dalam hati dan pikiran seorang hamba karena mendapatkan kesempatan hidup. Namun sayangnya, terkadang hidup memang dijalani dengan dosa tidak terduga.

5. Meminta Pengampunan

Terakhir, ada jenis bacaan doa yang penting lainnya yang wajib diucapkan langsung berupa faghfirlii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illa anta. Berbeda dengan beberapa jenis doa yang sebelumnya sudah dijelaskan, bacaan ini lebih berfokus untuk meminta pengampunan kepada Tuhan. Selain itu, bacaan doa ini juga menunjukkan bentuk penyerahan diri dari hamba.

Ulasan yang menjelaskan mengenai beberapa contoh untuk bacaan doa setelah sholat taubat secara detail tersebut wajib diketahui dahulu sebelum praktiknya. Ditambah lagi, ternyata memang ada beberapa contoh bacaan yang mudah untuk diucapkan secara langsung tanpa memakan durasi waktu yang lama. Ada pula yang bisa diucapkan bahkan dihafal oleh beberapa orang.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *