Breaking News

Kapan Plat Nomor Putih Mulai? 5 Fakta Yang Harus Kamu Tahu

Banyak orang bertanya kapan pelat nomor putih mulai. Pertanyaan itu wajar mengingat polisi sudah memeriksa aturan. Fase penggantian plat nomor hitam dengan warna dasar putih juga mulai digalakkan mulai tahun 2022.

Tentu ada alasan kenapa polisi mengganti plat nomor hitam dengan putih. Tujuannya agar plat nomor mudah dilihat. Jadi, kapan penggantian plat putih sebenarnya dimulai?

Kapan plat nomor putih mulai?

Dilaporkan bahwa penggantian plat nomor bukan hanya sekedar ganti warna, dan pihak kepolisian sudah menyiapkan langkah penanggulangan untuk mencegah pemalsuan atau penyalahgunaan plat nomor seperti biasa. Simak ulasan berikut ini.

Kapan plat nomor putih mulai?

Soal kapan pelat putih itu mulai bisa dijawab dengan mengacu pada aturan yang dikeluarkan polisi. Padahal, mulai tahun 2021, penggunaan plat nomor putih diumumkan.

Pada dasarnya, proses penggantian plat nomor dari hitam menjadi putih akan dilakukan secara bertahap mulai pertengahan 2022. Pemilik kendaraan dapat mengganti sendiri atau mengikuti masa berlaku TNKB (Nomor Kendaraan Bermotor).

Penggantian plat nomor putih tanpa biaya tambahan

Plat nomor putih dapat menunjukkan dari kapan sampai masa berlaku TNKB. Jadi, ketika masa berlaku TNKB telah habis atau dalam masa perpanjangan pajak 5 tahun, pemilik kendaraan akan menerima penggantian plat nomor baru dengan warna latar belakang putih.

Tidak ada biaya tambahan dan pemilik kendaraan hanya perlu membayar penggantian plat nomor baru yang biasanya dibayarkan setiap lima tahun sekali.

Selain memenuhi masa berlaku TNKB, pemilik kendaraan baru akan langsung mendapatkan plat nomor berlatar belakang putih setelah dokumen kendaraan lengkap diterima.

Ganti plat putih tanpa menunggu masa kadaluarsa TNKB

Pemilik kendaraan yang tidak mau menunggu pelat nomor menyala sebenarnya bisa mengajukan permohonan penggantian. Hal ini dapat dilakukan oleh pemilik kendaraan dengan masa berlaku TNKB yang masih berlaku.

Jadi, pergilah ke kantor penjualan Samsat terdekat dan ajukan permohonan penggantian plat nomor. Namun, itu berarti pemilik kendaraan harus menyiapkan biaya cetak plat nomor baru (latar belakang putih).

Biaya penggantian plat nomor baru adalah Rp. Otomotif dan Rp. 100.000 sepeda motor 60.000.

Plat nomor putih mudah untuk E-TLE

Penerapan plat nomor sangat erat kaitannya dengan penerapan E-TLE ticketing. Hal ini untuk memastikan kamera E-TLE milik polisi bekerja secara maksimal. Plat nomor putih membuatnya lebih mudah dibaca di kamera E-TLE.

Polisi juga telah mendistribusikan kamera E-TLE di jalan tol maupun jalan kota. Oleh karena itu, penggunaan plat nomor putih diharapkan dapat meningkatkan kepatuhan berlalu lintas.

Plat nomor putih akan pasang chip

Polisi sudah menindaklanjuti kapan pelat nomor putih akan berlaku. Hal ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan plat nomor yang sering terjadi. Ada beberapa contoh penggunaan plat nomor yang tidak sesuai dengan kendaraan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ke depan polisi berencana menambahkan chip RFID pada plat nomor. Chip tersebut berisi data tentang kendaraan yang menggunakannya. Jadi, jika ada penyalahgunaan, kamera E-TLE akan segera mengetahuinya.

Chip dari plat nomor juga digunakan dalam sistem e-Toll. Oleh karena itu, kendaraan dengan plat nomor yang salah tidak dapat melewati gerbang tol.

Jadi bagi Anda yang bertanya-tanya apa yang dimulai ketika pelat nomor putih hilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.