Ketahui Cara Mengobati Gatal Gatal Pada Kulit, Dijamin Ampuh!

Cara Mengobati Gatal Gatal Pada Kulit – Sering kali rasa gatal pada kulit itu sangat mengganggu kenyamanan. Bahkan karena rasa tidak nyaman yang timbul di kulit membuat banyak orang menggaruk kulit hingga tanpa sadar melukainya. Cara mengobati gatal gatal pada kulit dapat dilakukan dengan berbagai cara, tergantung dengan penyebab dan gejala yang ditimbulkan.

Gatal pada kulit sendiri dapat diakibatkan oleh berbagai faktor. Beberapa faktor tersebut seperti alergi, digigit serangga, penyakit jamur, atau beberapa penyakit yang sedikit lebih serius. Untuk pertolongan pertama, banyak cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meredakan gatal. Berikut ini beberapa cara mengobati gatal pada kulit.

1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman unik yang dikenal memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah meredakan gatal. Lidah buaya sendiri diketahui memiliki dua hormon di dalam gelnya, yaitu hormon auksin dan giberelin. Kedua hormon tersebut diketahui mampu mempercepat penyembuhan serta bersifat anti inflamasi yang berarti dapat meredakan rasa gatal.

Tanaman ini mudah sekali ditemukan. Selain itu, tanaman ini juga mudah untuk ditanam di halaman rumah. Untuk menggunakannya sendiri, pengguna hanya perlu mengoleskan getah gel dari daging lidah buaya ke kulit yang terasa gatal. Sebelum mengoleskannya, bersihkan dahulu kulit dengan air supaya kandungannya dapat terserap dengan mudah.

2. Mengoleskan Cuka Apel

Seperti namanya, cuka apel adalah larutan hasil fermentasi dari buah apel yang nantinya larutan hasil fermentasinya akan menjadi cuka. Cuka apel memiliki banyak manfaat untuk pencernaan maupun untuk kulit. Sifat asam dan kandungan asam asetat dari cuka apel inilah yang nantinya akan membantu mengurangi rasa gatal pada kulit penderita.

Cara mengobati gatal gatal pada kulit dengan cuka apel cukup mudah. Penderita cukup mengoleskan larutan cuka apel yang telah dicampur air dengan takaran 1:1 ke bagian yang dirasa gatal. Namun perlu diperhatikan, sebelum menggunakan cuka apel penderita harus dipastikan tidak alergi dengan cuka apel. Cara mengetahuinya, cukup oleskan sedikit pada tangan, apakah menimbulkan rasa gatal atau tidak.

3. Memanfaatkan Minyak Mentol

Mentol sendiri merupakan tumbuhan yang senyawanya mampu menimbulkan rasa dingin. Senyawa mentol tersebut menghasilkan sensasi dingin dikarenakan senyawa tersebut memengaruhi protein reseptor pada kulit. Sensasi dingin yang ditimbulkan oleh mentol dapat membantu untuk meredakan rasa gatal sementara. Hal tersebut terjadi karena saraf pada kulit akan lebih berfokus pada mengirimkan sensasi dingin ke otak.

Untuk menggunakannya, penderita hanya perlu mengoleskan minyak hasil ekstraksi daun mentol ke kulit yang terasa gatal. Selain itu, penderita juga dapat melakukannya dengan cara menempelkan daun mentol yang sudah pipihkan ke area yang terasa gatal. Tentu cara ini hanya bersifat sementara dan harus disertai dengan tindakan untuk menghilangkan penyebab dari gatal itu sendiri.

4. Mengompres Dengan Es

Sama halnya dengan mentol yang dapat mengurangi rasa gatal dengan sensasi dingin. Dengan mengompreskan es ke bagian kulit yang terasa gatal akan mampu meredakan gatal yang sangat mengganggu untuk sementara. Bedanya dengan mentol, suhu dingin dari es akan mampu melumpuhkan sementara atau istilahnya membius saraf yang ada pada kulit. Dengan begitu, rasa gatal tidak akan terasa untuk sementara waktu.

5. Menggunakan Obat-obatan

Apabila beberapa cara di atas tidak mampu mengurangi rasa gatal, maka cara selanjutnya yang dijamin ampuh adalah dengan menggunakan obat. Obat yang digunakan pun dapat berupa obat oles ataupun obat minum atau bahkan bisa keduanya sekaligus. Beberapa obat seperti salep hydrocortisone dan obat antihistamin diketahui berguna untuk meredakan gatal atau ruam pada kulit. Namun dianjurkan untuk mengikuti resep dokter sebelum menggunakannya.

Itulah beberapa cara mengobati gatal gatal pada kulit dengan sangat mudah. Namun apabila rasa gatal tidak segera sembuh setelah melakukan beberapa cara di atas, sebaiknya periksakan ke dokter. Rasa gatal berkelanjutan juga dapat mengindikasikan masalah kesehatan serius yang harus segera diobati dengan tepat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar