Kumpulan Doa Untuk Anak Sakit Lengkap Terjemahan Bahasa Arab dan Artinya

Diposting pada

Saat anak sakit, hal pertama kali yang semestinya dilaksanakan orangtua ialah menangani tanda-tandanya dan selekasnya cari bantuan pertama untuk menyembuhkan sakit yang dirasakan si anak. Disamping menyembuhkan tanda-tanda sakit si anak, orangtua perlu untuk membacakan doa untuk anak sakit.

Doa yang dipanjatkan oleh orangtua juga berperanan dalam mengobati keadaannya. Dengan doakan, memberi perhatian gizi, dan penyembuhan, karena itu proses pengobatan anak semakin lebih cepat dan gampang. Apa doa yang penting dipanjatkan orangtua saat hadapi anak yang sakit?

Saat anak sakit, orangtua mana saja pasti berasa batinnya turut berasa sakit. Menyaksikan anaknya terbujur tidak memiliki daya memunculkan rasa kekuatiran yang demikian besar. Usaha apa saja pasti dilaksanakan oleh orangtua saat si anak jatuh sakit.

Ya, disamping usaha dengan memberi penyembuhan terbaik, orangtua harus juga menemani usaha itu dengan doa. Orangtua harus usaha dengan semaksimal kemungkinan untuk memberi hal terbaik untuk kesembuhan si anak. Apa doa untuk anak yang sakit agar cepat pulih?

Doakan kesembuhan anak dari penyakit ialah hal yang penting dilaksanakan oleh orangtua manapun. Bila anak Anda sakit karena itu Anda dapat memanjatkan doa ini, karena nabi selalu melakukan saat ada keluarganya yang jatuh sakit.

Doa satu ini menjadi satu diantara perkataan yang terbanyak dibaca oleh beberapa umat Islam. Doa minta kesembuhan ini sebagai keinginan yang dipanjatkan ke Allah supaya penyakit yang ada ditiadakan dan ditukar dengan kesembuhan.

Ya, hanya karena Allah yang sanggup memberikan kesembuhan ke umat-Nya yang sakit tanpa tinggalkan rasa nyeri.Adapun bacaan doanya ialah:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَاسَ، اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban nasi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syafi. La syafiya illa anta syifa’an la yughadiru saqaman.

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikan kesembuhan karena Kau ialah penyembuh. Tidak ada yang bisa mengobati penyakit, terkecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (HR. Bukhari)

Doa untuk anak sakit yang dapat dibaca setelah itu doa meminta kesembuhan pada Allah. Anda dapat membacakan doa ini sekitar 7 kali di depan anak Anda yang terbujur sakit.

Seperti hadis dari Abu Dawud dan At-Tirmidzi, doa satu ini sebagai permintaan ke Allah untuk dapat memberi kesembuhan dari penyakit. Berikut bacaannya:

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullahal azhima rabbal ‘arsyil ‘azhimi an yassfiyaka

Artinya: “Aku meminta kepada Allah yang agung, Tuhan arsy yang istimewa supaya menyembuhkanmu.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Sebetulnya, ruqyah bukan hanya disambungkan dengan beberapa hal yang memiliki sifat gaib. Banyak orang Indonesia memandang jika ruqyah adalah sistem untuk menyingkirkan masalah dari arwah halus.

Walau sebenarnya ruqyah sendiri dapat menjadi sistem untuk therapy alternative mengusung penyakit pada seorang. Maka selainnya berikhtiar dengan penyembuhan klinis, orangtua bisa juga doakan si anak dengan doa ruqyah berikut:

امْسَحِ الْبَأْسَ رَبَّ النَّاسِ بِيَدِك الشِّفَاءُ لَا كَاشِفَ لَهُ إلَّا أَنْتَ

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta

Artinya: “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Pada tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang bisa mengangkatnya terkecuali Kau.”

Orangtua mana saja tentu kebingungan saat hadapi anak yang alami sakit demam, apa lagi bila itu ialah pertama kalinya. Tetapi, Anda tak perlu resah, selainnya usaha mengompres kening si anak dan memberi bantuan yang lain, Anda bisa juga membacakan doa untuknya.

Dengan membacakan doa ini, karena itu Anda meminta pelindungan Allah dari keringat yang jahat dan mendidihkan darah dan meminta diproteksi dari jahatnya panas api neraka:

“Bismillaahil kabiiri. Nauudzu billaahil adhiimi mm syarri irqin na aarin wa min syarri harrin naari.”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Saya berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang mendidihkan darah dan dan kejahatan panas api neraka “.

Sakit pilek dan batuk memang hal umum yang sering dirasakan oleh anak-anak, baik umurnya masih kecil sampai dewasa sekalinya. Walaupun sakit ini ialah hal yang umum, tetapi Anda jangan menyepelekannya.

Anda dapat membacakan doa ini supaya batuk pilek dan semua jenis penyakit yang menerpa anak Anda selekasnya diangkat oleh Allah.

شَفَى اللَّهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي بَدْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafallahu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘aafaaka fii badanika wa jismika ilaa muddati ajalika.

Artinya: “Mudah-mudahan Allah mengobati sakitmu, memaafkan dosamu, menyehatkan tubuhmu, dan jasadmu sampai waktu ajalmu.”

Mencret atau diare ialah kondisi yang membuat keadaan anak lemas karena keluarkan makanan secara terus menerus. Keadaan ini membuat perutnya tidak nyaman dan umumnya anak semakin lebih rewel dari biasanya.

Selainnya memberi obat untuk mengobati diarenya, Anda bisa juga membacakan doa di bawah ini untuk kesembuhan si anak pada penyakit yang lain:

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، أُعِيذُكَ بِالله الأَحَدِ الصَّمَدِ الَّذِي لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفْوًا أَحَدٌ مِنْ شَرِّ مَا تَجِدُ

Bismillahirrahmaanirrahim, u’idzuka billah al-ahad ash-shamad alladzi lam yalid wa lam yuulad wa lam yakun lahu kufuwan ahad min syarri maa tajid.

Artinya: “Dengan menyebutkan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, aku doakanmu dengan nama Allah Yang Esa, yang tergantung kepada-Nya segala hal, yang tidak ada beranak dan tidak juga diperanakkan dan tidak ada seorangpun yang sama dengan Ia, dari semua keburukan yang engkau temui.”

Penyakit yang menggerogoti psikis anak memang sebuah keadaan yang paling merepotkan untuk orangtua manapun. Saat mental anak kurang kuat, karena itu dianya akan kehilangan kesadaran dan hidup yang ditempuh akan kacau-balau.

Selainnya memberikan penyembuhan dengan membawa ke dokter mental atau psikolog, orangtua bisa juga doakannya.

Doa yang tercatat berikut ini dapat dibacakan oleh orangtua untuk meminta pelindungan Allah dari penderitaan hidup dan musibah. Doa ini jadi fasilitas untuk meminta supaya Allah melepaskan anak Anda dari bermacam-macam kegetiran.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلَاءِ، وَدَرَكِ الشَّقَاءِ، وَسُوءِ الْقَضَاءِ، وَشَمَاتَةِ الْأَعْدَاءِ

Allahumma inni, a’udzubika min jahdil-bala’i, wa darakisy-syaqa’i, wa suu’i-l-qadha’i, wa syamatatil-a’daa’i.

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepadaMu dari musibah yang kronis, dari penderitaan yang menerpaku, dari kegetiran dalam keputusan, dan dari kegembiraan musuh.”

Saat anak sakit, kemungkinan hal pertama kali yang dapat dilaksanakan oleh orangtua dengan cari dana untuk membantu si anak. Contoh si anak demam, karena itu saat sebelum usaha panggil dokter atau membawa ke rumah sakit, orangtua dapat mengkompres kening si anak ditambah dulu.

Disamping memanjatkan doa untuk anak yang sakit, Anda bisa juga menggerakkan anak untuk banyak berdoa. Anjurkan supaya anak berdoa bukan hanya untuk kesehatan mereka sendiri, tapi juga untuk keluarga dan beberapa temannya

Mengajarkan anak untuk memercayakan Allah dan minta kepada-Nya untuk segalanya, besar dan kecil, sangat bagus untuk memupuk keimanannya.

Anak yang sakit akan berasa lemas, banyak tidur dan jemu karena tidak dapat melakukan aktivitas apapun. Jadi orang tua, Anda dapat manfaatkan waktu istirahat anak dengan membacakan cerita nabi atau beberapa cerita baik yang membuat anak semangat untuk pulih.

Saat anak Anda habiskan semakin banyak waktu pada tempat tidur untuk periode rekondisi, katakan ke berkenaan riwayat Islam, narasi dari Al Quran, narasi mengenai keelokan ciptaan Allah atau bahkan juga riwayat keluarga Anda sendiri.

Membacakan sebuah narasi menjadi pengalaman yang mengagumkan untuk membuat ikatan emosional di antara orang si anak dan tua.

Dorong anak Anda untuk menulis surat ke Allah. Dapat mengenai sakit yang dirasakannya atau dapat mengenai permasalahan yang lain jadi perhatian utamanya. Belajar berbicara dengan Allah ialah tonggak penting yang bisa berguna untuk anak dalam mengenali siapa Tuhannya.

Surat itu dapat berbentuk doa dan keinginan anak supaya bisa selekasnya pulih atau surat berkenaan curah hatinya sepanjang sakit. Dorong anak untuk menegur Allah, perkenalkan anak dengan karakter Agung Allah dan bangun ketaqwaan dalam dirinya.

Saat anak nanti telah pulih dari penyakitnya, karena itu sampaikan padanya supaya mengucapkan syukur ke Allah. Sering, beberapa orang menyepelekan kesehatan sampai sakit. Peringatkan putra atau putri Anda jika Allah-lah yang menyembuhkannya.

Anak selalu harus mengucapkan syukur ke Allah dengan berdoa dan melakukan zikir atas segalanya yang Allah beri sepanjang ini.

Sebenarnya sakit dan pulih hadirnya dari Allah hingga seorang muslim cuman dapat berikhtiar hadapi ujian yang diberi oleh Allah. Saat Allah mengetes hamba-Nya dengan memberi penyakit ke anak, karena itu coba membacakan doa untuk kesembuhannya dengan beberapa adat misalnya:

Memanjatkan doa untuk anak sakit ialah wujud usaha yang penting dilaksanakan oleh orangtua saat hadapi anaknya yang sakit. Mudah-mudahan Allah jaga keluarga Anda masih tetap sehat dan aman.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *