Kunci dari Kesuksesan Hidup Menurut Islam

Kunci dari kesuksesan – Menjadi sukses dalam hidup adalah impian setiap orang. Bahkan sejak kecil telah tertanam dalam benak mereka akan keinginan untuk menjadi sukses.

Tetapi, meskipun demikian, tidak banyak orang yang mampu meraih kesuksesan sejati.

Sukses adalah Pilihan

Banyak orang menganggap kesuksesan diukur pada banyaknya kawan, banyaknya harta, tingginya kedudukan, dan berbagai hal yang bersifat materi lainnya.

Padahal, bila kita memikirkannya, semua itu adalah hal yang semu karena terbatas pada keduniaan saja. Sedangkan bagi orang Islam, kesuksesan sejati adalah ketika kita mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, sangat benar apabila dikatakan bahwa sukses adalah pilihan. Karena setiap manusia mampu untuk memilih, apakah dia akan membuat dirinya masuk ke dalam surga atau ke dalam neraka.

Allah taala berkalam:

قَدْ أَفْلَحَ مَنْ زَكَّاهَا (9) وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسَّاهَا

Sungguh telah beruntung orang yang menyucikan jiwanya (9) Dan sungguh telah rugi orang yang mengotori jiwanya (10) [Qs. Asy-Syams (91) : 9-10]

Kunci dari Kesuksesan Dunia dan Akhirat

Masa depan manusia tidak terbatas pada hidup di dunia saja. Lebih dari itu, manusia akan mati dan memasuki alam akhirat.

Maka, tidak ada kesuksesan yang lebih baik daripada sukses pada keduanya. Berikut ini adalah kunci sukses dunia dan akhirat menurut Islam:

1. Menjaga Shalat

Shalat adalah tiang agama. Ia wajib dikerjakan oleh setiap orang islam yang telah akil baligh dan tidak hilang akal.

Selain merupakan kewajiban, shalat juga merupakan kunci kesuksesan seseorang. Tentunya shalat yang dimaksud bukan hanya tatacaranya, tetapi juga menjaganya dari hal yang membatalkan shalat.

Salah satu lafal yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika adzan adalah hayya alal falah. Artinya adalah mari menuju kesuksesan.

2. Banyak mengingat Allah

Banyak orang yang ingin sukses dengan cara bekerja keras, bahkan sampai lupa dengan siapa sesembahannya. Padahal sebaliknya, kesuksesan hakiki terletak pada banyaknya dia mengingat Allah taala. Semakin banyak dia mengingat Pemeliharanya, semakin sukseslah dia.

Allah taala berkalam:

وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

“Dan berbanyak-banyaklah mengingat Allah agar kalian menjadi orang-orang yang beruntung.” [Qs. Al-Jumuah (62) : 10]

Demikianlah artikel tentang kunci agar mendapat kesuksesan dalam hidup menurut Islam, wallahu a’lam.

Semoga bermanfaat.

Wabillahit taufiq.


Oleh: Zain Al-Fikry. Ikuti kami di fanspage Mutiara Dakwah.

Artikel: Al-Fikry.com

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.