Breaking News

Manfaat Sholawat Jibril dan Bacaan Doa Setelah Sholawat Jibril

Bagaimana bacaan doa setelah sholawat Jibril? Sholawat merupakan salah satu bacaan yang tergolong dalam ibadah ringan dan sangat disukai oleh Allah SWT. Sebagian ulama meyakini, ketika sholawat dilantunkan, maka Allah bersama para malaikat juga akan bersholawat untuk Baginda Rasulullah SAW.

Dalam agama Islam, terdapat beragam sholawat yang bisa diamalkan di keseharian, satu di antaranya adalah sholawat Jibril. Sebagian Muslim yakin, dengan melantunkan sholawat Jibril, pintu rezekinya akan dibukakan oleh Allah. Memangnya bagaimana bacaan  doa setelah sholawat Jibril dandoa pendukungnya? Yuk, simak!

Manfaat Mengamalkan Bacaan Sholawat Jibril

Adapun sholawat Jibril merupakan satu dari sekian banyak sholawat yang sering diamalkan oleh umat muslim dalam keseharian. Kenapa? Di antara shalawat yang lainnya, sholawat Jibril merupakan sholawat yang bacaannya paling pendek. Kendati pendek, orang meyakini bahwa dengan membaca sholawat ini, rezeki yang tak diduga-duga akan datang dari segala arah. Tidak hanya itu, sholawat Jibril juga acap kali di ijazahkan oleh kyai dan orang yang disepuhkan atau dituakan.

Konon, para pelantun sholawat Jibril akan mendapatkan sambutan dan salam dari Malaikat pada saat menjelang kepulangannya ke alam gaib. Adapun aturan pembacaan sholawat Jibril, adalah 3 kali usai melaksanakan sholat fardhu. Perlu diketahui bahwa, sholawat Jibril banyak diamalkan oleh para ulama, kyai, dan waliyullah. 5 manfaat utama mengamalkan bacaan Sholawat Jibril, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Selama hidup di dunia rezekinya akan dimudahkan dan dilimpahkan.
  • Selalu dalam perlindungan Allah Ta’ala.
  • Ditolong dan diselamatkan dari segala marabahaya dan tipu daya syetan.
  • Akan lebih dekat dengan Nabi Muhammad.
  • Ditolong oleh Allah pada saat hari kiamat datang.

Jika ingin mendapatkan keberkahan-keberkahan di atas, amalkan bacaan “Shollallahu A’la Muhammad” dengan cara konsisten sebanyak seribu kali setiap harinya. Bagaimana jika ingin membaca lebih? Tentu boleh saja. Tetapi, jangan sampai bacaan sholawat tersebut membuat ibadah-ibadah wajib lain terkesampingkan. Agar manfaatnya dapat dirasakan, amalkan dengan hati ikhlas dan istiqomah. Jangan beracuan pada jumlah bacaannya, tapi niatnya.

Bacaan Doa Usai Melantunkan Sholawat Jibril

Setelah mengetahui bacaan sholawat Jibril dan manfaat yang akan didapatkan usai membacanya, berikutnya adalah memahami bacaan doa setelah sholawat tersebut dilantunkan. Bukan karena apa, hal ini untuk mengimbangi dan melengkapi hajat yang sedang disampaikan kepada sang pemberi hidup. Adapun do’a setelah sholawat Jibril yang harus dibaca dan dipahami adalah sebagai berikut:

Bismillahirrahmanirrahim Allahumma A’thinii

“Tsawaaba Shollalloohu ‘Alaa Muhammad An Tarzuqonii Syai’an Asta ‘Iinu Bihi ‘Alath-Thoo ‘Ah Subhaana Rabbika Rabbil ‘Izzati ‘Amma Yasifun Wasalamun ‘Alal Mursalin Walhamdulillahi Robbil ‘Alamin”

Doa tersebut mengandung arti permohonan untuk dimudahkan jalan rezeki selama menjalankan hidup di dunia yang penuh kefanaan ini. Tidak hanya itu, doa tersebut juga mengandung makna bahwa, dengan dpanjatkannya sholawat Jibril orang berharap rezeki yang diberikan bisa menjadi penolong untuk tetap taat pada perintah Allah.

Oleh sebab itu, jangan asal membacanya saja, tetapi juga resapi dan lantunkan dengan penuh keikhlasan. Doa tersebut juga mengandung pujian dan pernyataan bahwa Tuhan memiliki sifat yang lebih mulia dari apa yang disifatkan. Pun, doa usai Sholawat Jibril, juga mengandung artian agar sholawat yang telah dilantunkan sebelumnya, disampaikan kepada para Rasul yang ada di dekat-Nya.

Itulah informasi terkait manfaat dan bacaan doa setelah Sholawat Jibril dilantunkan. Usahakan ketika mengamalkan sholawat ini, jangan ada niatan untuk mendapat keberuntungan dengan cara tiba-tiba dan tidak masuk akal. Seperti misalnya, mendapat uang lebih tanpa harus bekerja keras. Imbangi sholawat dan doa tersebut dengan ikhtiar dan kerja keras.