Breaking News

Mengapa Harus Melakukan Doa Ketika Hujan Petir dan Guntur Datang?

Salah satu fenomena alam yang terjadi pada bumi dan mendatangkan rahmat kebaikan yaitu turunnya hujan. Sebagai bentuk syukur, manusia harus melantunkan doa ketika hujan petir dan guntur datang. Salah satu contoh kebaikan yang berasal dari hujan yaitu lahan yang tandus akan ditumbuhi berbagai macam tanaman saat hujan datang.

Ternyata anjuran berdoa ketika hujan sedang turun memang sudah diriwayatkan oleh hadis loh!. Bahkan nabi Muhammad juga melakukan doa ketika hujan sedang turun. Lalu mengapa harus berdoa ketika hujan turun? Bukankah mengucap kalimat hamdalah sudah cukup? Berikut penjelasannya:

Hukum Membaca Doa Ketika Hujan

Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa terdapat dua waktu yang doanya tidak akan ditolak Allah swt. Yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan sedang turun. Dari sabda tersebut, dapat disimpulkan bahwa doa ketika hujan sedang turun bersifat sunah tetapi dianjurkan untuk dibaca.

Manusia juga tidak akan mengalami kerugian apabila membaca doa ketika hujan turun. Justru sesuai sabda nabi Muhammad, doa tersebut akan dikabulkan oleh Allah swt. apabila dibaca. Maka dari itu, usahakan agar melantunkan doa apabila hujan turun. Ketika hujan petir dan lebat sedang berlangsung, segeralah untuk meminta lindungan kepada Allah supaya dihindarkan dari bahaya yang ada.

Lakukan Hal Ini Ketika Hujan

Membaca doa sewaktu hujan petir dan guntur datang memang belum diketahui sebagian besar manusia. Kebanyakan orang hanya mengucap kalimat hamdalah maupun istighfar ketika hujan turun disertai guntur dan petir. Memang hal tersebut sudah baik dilakukan, namun alangkah baiknya bila ucapan tersebut disertai dengan doa.

Tahukah bahwa ketika hujan turun dan manusia melakukan doa, doa yang dilantunkan tersebut tidak hanya merupakan ucapan syukur saja. Namun doa tersebut juga berisikan permintaan kepada Allah swt. agar dilindungi dari bahaya yang disebabkan oleh hujan maupun petir. Seperti yang diketahui bahwa apabila hujan berlangsung secara terus menerus, akan menyebabkan beberapa bencana alam. Maka dari itu, manusia harus berdoa ketika hujan turun agar terlindung dari bahaya.

Tidak hanya berdoa untuk mengharapkan kebaikan dan mencegah dari bahaya, manusia juga dilarang untuk mencela hujan. Tidak dapat dipungkiri, hujan lebat memang bisa menjadi sumber datangnya bencana alam. Namun daripada mencela hujan, manusia lebih baik berdoa memohon perlindungan kepada Allah swt.

Begini Doa yang Dianjurkan

Terdapat dua doa ketika hujan petir dan guntur yang bisa dibaca. Doa tersebut dibaca ketika hujan sedang berlangsung dan ketika hujan mulai reda. Adapun doa tersebut berbunyi:

1. Doa Ketika Hujan Turun

Meminta doa ini dibaca oleh nabi Muhammad saw. sebanyak dua hingga tiga kali ketika hujan turun.  Doa ketika hujan turun ini tercantum dalam hadis riwayat Bukhari nomor 1032, sehingga tidak perlu diragukan lagi kesahihannya. Doa tersebut berbunyi:

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Artinya:

Ya Allah, jadikan hujan ini agar bermanfaat.

2. Doa Sesudah Hujan Reda

Salah satu doa ini bisa dibaca ketika hujan sudah mulai reda. Doa ini dibaca sebagai ucapan syukur karena telah dilindungi dari segala sesuatu yang buruk. Bacaan doa tersebut yaitu:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

Artinya:

Diturunkan kepada kami hujan yang berkah dan mendatangkan rahmat.

Doa ketika hujan petir dan guntur bisa dibaca apabila hujan turun. Jangan lupa untuk membaca doa kembali ketika hujan sudah mulai reda. Ingat untuk tidak mencela ketika hujan sedang turun. Bisa jadi, hujan tersebut memang sengaja Allah turunkan agar manusia selamat dari bencana dan bahaya lainnya.