Arti Naudzubillah Min Dzalik

Ketika kita berbincang dengan seorang teman, terkadang kita mendengar kalimat, “Naudzubillahimindzalik.” Kita mungkin bingung saat mendengarnya pertama kali, tetapi terkadang sungkan untuk bertanya perihal naudzubillah min dzalik artinya apa.

Nah, untuk menghilangkan ketidaktahuan itu, silakan baca artikel ini hingga selesai karena kita akan membahas tentang ucapan ini hingga tuntas. Kita mulai dari jawaban untuk pertanyaan apa.

Naudzubillah Min Dzalik Artinya Apa?

Kalimat ini familiar karena seringnya diucapkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Entah dalam sebuah pengajian, ngobrol ringan dengan tetangga, bahkan ketika melakukan perbuatan terlarang yang disebut dengan ghibah. “Eh,.. si fulan itu begini dan begitu. Naudzubillahmindzalik!”

Lucu memang orang yang ghibah itu. Melanggar larangan Allah, kemudian meminta sesuatu kepada Allah, hehe. Namun, bukan itu yang akan kita bahas. Adapun yang akan kita bahas adalah tentang ucapan itu sendiri.

Kalimat ini terdiri dari tiga kata, naudzubillah – min – dzalik. Ia berasal dari kata dalam bahasa arab yang berbunyi نَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ ذٰلِكَ. Artinya adalah kita berlindung kepada Allah dari perkara itu.

Jika diterjemahkan secara perkata, maka Naudzubillah artinya adalah kita berlindung kepada Allah, Min artinya dari, dan Dzalik artinya perkara itu.

Setelah menyebutkan kalimat ini, biasanya sebagaian orang juga menambahkannya dengan bacaan tsumma naudzubillah. Tambahan ini memiliki makna ta’kid atau penyangatan. Arti dari tsumma adalah kemudian.

Dengan demikian, arti naudzubillahi min dzalik tsumma naudzubillah adalah ‘kita berlindung kepada Allah dari perkara itu kemudian kita berlindung kepada Allah’.

Selain itu juga, banyak orang yang menggunakan bentuk kalimat wal iyadzu billah. Artinya juga sama, yaitu dan (kita) memohon perlindungan kepada Allah.

Tulisan Arab Naudzubillahi Min Dzalik

Berikut gambar kaligrafi huruf Arab dari kalimat ini, barangkali anda membutuhkannya. Jika ingin mendownload, tinggal klik kanan jika menggunakan komputer, kemudian save image. Adapun jika menggunakan handphone, maka tekan gambar, kemudian save image. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat:

tulisan arab naudzubillah min dzalik

Makna Naudzubillah Min Zalik

Setelah membaca arti dari bacaan ini, kita pasti sedikit banyak sudah memiliki gambaran mengenai makna dari kalimat ini. Lebih jelasnya, ucapan ini merupakan ungkapan meminta perlindungan kepada Allah taala atau juga bisa disebut sebagai doa.

Biasanya, kalimat ini diucapkan ketika kita mendengar sesuatu yang kita benci dan kita tidak ingin sesuatu itu mengenai kita. Kita ingin, sesuatu yang buruk itu dijauhkan dari kita.

Contoh ketika kita mendengar berita mengenai orang yang berkendara di jalanan, ternyata dia mengalami kecelakaan hingga meninggal dunia. Ketika kita mendengar kabar yang tidak baik seperti ini, kita mengucapkan doa meminta perlindungan tersebut.

Namun, berkaitan dengan ini, ada sesuatu yang perlu kita perhatikan. Banyak dari saudara-saudara kita yang ketika melihat orang lain memiliki cacat dalam fisiknya, dia mengatakan naudzubillah dan melihatnya dengan pandangan yang sinis.

Perilaku ini merupakan sesuatu yang tidak dibenarkan dalam Islam karena termasuk dari perkara meremehkan orang lain. Ketika kita melihat orang yang kekurangan tersebut, yang harus kita lakukan bukan meminta perlindungan kepada Allah dari sifat seperti itu.

Akan tetapi, yang harus kita lakukan adalah membantu orang tersebut. Bisa dengan mengeluarkan sedekah kepadanya, atau minimal membantunya jika dia mengalami kesusahan.

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai naudzubillah min dzalik artinya, tulisan Arab, dan makna dari kalimat ini, wallahualam.

Tinggalkan Balasan