Breaking News

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan sastra Melayu klasik tersebut adalah

Pertanyaan

Maka kata Indera Bangsawan, “Hamba ini tiada bernama dan tiada tahu akan bapak Hamba, karena diam dalam hutan rimba belantara. Adapun sebabnya hamba kemari ini karena hamba mendengar khabar anak raja sembilan orang hendak datang membunuh buraksa dan merebut tuan hamba dari padanya itu, itulah maka hamba datang kemari hendak melihat tamasya anak raja itu. Mengasihani hamba dan pada bicara akal hamba akan anak raja-raja yang sembilan itu tiadalah dapat membunuh buraksa itu. Jika lain daripada Indera Bangsawan tiada dapat membunuh akan buraksa itu.space

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan sastra Melayu klasik tersebut adalah ….space

A. kekacauan penduduk akibat hasutanspace

B. ketidakpedulian raja kepada rakyatnyaspace

C. kepedulian rakyat atas keselamatan rajanyaspace

D. kekejaman raja terhadap rakyatnyaspace

E. keadilan seorang raja kepada rakyatnyaspace

Jawaban

  • jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Pembahasan

Hikayat adalah karya sastra klasik yang mengisahkan lengkap tentang kekuatan, kesaktian serta mukjizat. Salah satu unsur intrinsik hikayat adalah amanat.

Salah satu nilai yang terkandung dalam hikayat adalah moral. Secara umum, nilai moral adalah nasihat-nasihat yang berkaitan dengan budi pekerti, perilaku, atau tata susila yang dapat diperoleh pembaca dari cerita yang dibaca atau dinikmatinya.

Teks hikayat di atas,berisi tentang Indera Bangsawan yang mendengar kabar bahwa kesembilan anak raja ingin membunuh buraksa. Indera Bangsawan yang mengetahui hal tersebut, langsung berangkat menghadap raja dan meminta agar Ia dapat membantunya karena Indera Bangsawan mengetahui bahwa tidak ada yang bisa membunuh buraksa itu selain dirinya.

Pada hikayat di atas,terdapat nilai moral budi baik yang dapat dipetik oleh pembaca, yaitu kepedulian rakyat atas keselamatan rajanya. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap Indera Bangsawan yang ingin menolong kesembilan anak raja yang akan membunuh buraksa, yang menurutnya tidak akan bisa dilakukan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space