Breaking News

Panglima perang Kerajaan Demak yang berhasil merebut Pelabuhan Sunda Kelapa dari tangan Kerajaan Sunda adalah

Pertanyaan

Panglima perang Kerajaan Demak yang berhasil merebut Pelabuhan Sunda Kelapa dari tangan Kerajaan Sunda adalah …

A. Pangeran Sedo Lepen

B. Ki Gede Pemanahan

C. Pangeran Prawoto

D. Sutawijaya

E. Fatahillah

Jawaban

  • jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan

Pada masa pemerintahan Sultan Trenggono, Demak mengalami perkembangan pesat. Wilayah kekuasaannya bahkan sampai ke Jawa Timur dan Jawa Barat. Sultan Trenggono pun dianggap berjasa atas penyebaran Islam di kedua wilayah tersebut.

Perluasan wilayah Demak ke Jawa Barat membuat Kerajaan Sunda Pajajaran yang saat itu menguasai pelabuhan penting dan strategis, yaitu Pelabuhan Sunda Kelapa, diliputi kecemasan. Oleh sebab itu, Raja Sunda, Sri Baduga, meminta bantuan kepada Portugis yang saat itu ada di Malaka. Cara yang dilakukan oleh Sri Baduga adalah dengan menjalin kerja sama perdagangan dengan Portugis, terutama untuk produk lada dan memberikan hak kepada Portugis untuk membangun benteng di Sunda Kelapa.

Bagi Kesultanan Demak, kerja sama tersebut merupakan ancaman. Maka, sebelum bangsa Portugis membangun benteng dan menancapkan kekuasaan di Sunda Kelapa, Demak lebih dulu menyerang Sunda Kelapa pada tahun 1526. Serangan tersebut dipimpin oleh Fatahillah dan Sunda Kelapa pun berhasil dikuasai pada tanggal  22 Juni 1527 dan berganti nama menjadi Jayakarta.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.