Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma / Doa untuk Orang Tua Tulisan Arab dan Artinya

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Robbanaghfirli waliwalidayya walil muminina yauma yaqumul hisab

“Wahai Pemelihara kami, ampunilah untukku dan untuk kedua orang tuaku, serta untuk orang-orang beriman di hari terjadinya hisab.”

Surat Nuh (71) ayat 28

Berbeda dari ayat di atas, Allah taala di sini menyebutkan doa yang nabi Nuh alaihis salam baca:

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

Rabbighfirli waliwalidayya waliman dakhala baitiya mu’minaw walil mu’miniina wal mu’minat

“Wahai Pemeliharaku, ampunilah untukku dan untuk kedua orang tuaku, serta bagi orang yang masuk ke rumahku dalam keadaan beriman. (Begitu pula ampunilah) untuk orang-orang beriman laki-laki dan orang-orang beriman perempuan.”

Maksud Doa Rabbighfirli Waliwalidayya

Wahai Pemeliharaku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan kasihilah mereka sebagaimana mereka merawat aku di waktu kecil.” Ketika melihat artinya ini, kita dapat mengetahui bahwa ia merupakan doa yang sangat agung.

Saat kita masih kecil, tubuh kita sangat lemah. Coba bayangkan saat kondisi kita masih bayi, jangankan dipukul, seandainya orang tua sekedar membiarkan kita dan tidak mengapa-apakan kita, maka kita tidak mampu berbuat apa-apa dan bisa mati.

Tetapi, dengan izin Allah, Dia masukkan rasa kasih sayang ke dalam hati orang tua kita sehingga mereka rela bersusah payah membesarkan dan mendidik kita.

Oleh karena itu, mereka memiliki hak yang sangat besar dalam diri kita. Selain mengucapkan jazakumullah khairan untuk jasa mereka, kita memiliki kewajiban yang sangat untuk berbakti kepada keduanya. Saking besarnya kewajiban tersebut, dalam Al-Quran Allah menyebutkannya setelah kewajiban kita untuk menyembah kepada-Nya.

Salah satu cara kita untuk berbakti kepada keduanya adalah dengan membaca doa robbighfirli waliwalidayya. Sebanyak apapun materi yang kita berikan, mungkin tidak akan mampu menutup besarnya kasih sayang mereka saat merawat kita. Tetapi, dengan doa tersebut, kita meminta kepada Allah agar membalas kebaikan mereka dengan balasan yang terbaik, yaitu ampunan dan kasih sayang-Nya.

Orang yang selalu mendoakan kedua orang tuanya, lebih baik daripada orang yang selalu memperingati hari ayah maupun hari ibu, tetapi lupa berbakti dan lupa mendoakan keduanya.

Semoga Allah taala menjadikan kita sebagai anak-anak yang berbakti kepada kedua orang tua sehingga dapat mengantarkan kita menuju syurga-Nya, amin.

Apa Saja Manfaat Berdoa Kepada Kedua Orang Tua Kita?

Manfaat mendoakan Orang Tua Selain menjamin surga bagi anak-anak yang berbakti kepada orang tua, banyak pula manfaat doa untuk orang tua:

1. Amalan besar untuk anak

Jika ingin mendapat amal yang mulia, seorang anak harus selalu mendoakan orang tuanya dalam keadaan apapun, karena kesetiaan kepada orang tua adalah perbuatan baik.

2. Memperoleh keridhaan Allah

Mereka memang bahagia atau bahagia di masa kecilnya atas kesetiaan kita kepada mereka maka Allah akan ridha kepada kita juga.

3. Dimudahkan oleh Allah

Berdoalah untuk orang tua Anda dalam situasi apa pun, dan selalu setia kepada orang tua Anda, ini akan menyelamatkan Anda dari banyak masalah.

Meskipun Tuhan memberikan cobaan kepada orang yang berbeda pada tingkat yang berbeda, ketika kita memberikan diri kita kepada orang tua, insya Allah Dia memberi kita cara mudah untuk mengatasinya.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar doa rabbighfirli waliwalidayya warhamhuma tulisan Arab, artinya, dan penjelasan yang berkaitan, wallahu a’lam.

«1 2

Satu pemikiran pada “Rabbighfirli Waliwalidayya Warhamhuma / Doa untuk Orang Tua Tulisan Arab dan Artinya”

Tinggalkan komentar