Doa Robbana Dholamna Anfusana Arab, Artinya, dan Penjelasan

Salah satu bacaan doa masyhur yang dapat kita gunakan untuk meminta ampun kepada Allah taala adalah robbana dholamna anfusana. Bacaan ini awalnya berasal dari doa Nabi Adam alaihis salam.

Sebagai manusia, kita adalah makhluk yang penuh dengan dosa. Setiap hari, kita tak pernah luput dari kesalahan. Namun, sebaik-baik pendosa adalah mereka yang mau bertaubat dan meminta ampun kepadaNya.

Dalam artikel ini kita akan membahas doa ini terkait tulisan Arab, maksud, dan penjelasan yang berkaitan dengannya. Semoga dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua, amin.

Ketika Nabi Adam Bersalah

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Nabi Adam dan Istri beliau dahulu awalnya tinggal di syurga. Keadaan tetap seperti itu hingga mereka melakukan sebuah kesalahan yaitu memakan salah satu buah syurga karena bujuk rayu setan.

Memakan buah tersebut merupakan kesalahan karena Allah telah melarang. Akhirnya, sebagai hukumannya, Allah taala menghilangkan pakaian yang menutupi tubuh keduanya.

Sadar atas kesalahan tersebut, Nabi Adam alaihis salam dan istri beliau memohon ampunan kepada Allah. Mereka mengakui dan memanjatkan doa agar Allah taala menerima taubat yang mereka lakukan.

Sebagai seorang manusia yang sama seperti beliau, kita juga wajib untuk menghindari setiap perbuatan yang melanggar larangan Allah taala. Sejatinya, setiap maksiat yang kita lakukan adalah bentuk perbuatan dhalim kita terhadap diri kita sendiri.

Hanya saja, terkadang kita khilaf melakukan suatu kesalahan dengan tanpa sadar. Untuk itu, sepantasnya kita juga banyak memohon ampun, memperbanyak taubat, dan berdoa kepada Allah taala.

Kita juga dapat membaca lantunan bacaan Nabi Adam alaihis salam dan istri beliau, Hawa. Seperti apakah doa beliau? Berikut akan kami uraikan beserta arab latin dan terjemahannya.

Doa Robbana Dholamna Anfusana Tulisan Arab dan Artinya

Kalimat ini pernah populer di media sosial dengan hashtag #doanabiadam.

Bacaan ini merupakan doa nabi Adam alaihis salam dan istri beliau yang mereka lantunkan setelah memakan buah larangan dari Allah taala.

Kita dapat menemukannya dalam Al-Quran, sebagaimana berikut:

قَالَا رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Qaalaa Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamna lanakuunanna minal khosirin

“Mereka berkata: Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat dhalim terhadap diri-diri kami. Dan jika Engkau tidak memberi ampunan untuk kami dan merahmati kami, sungguh benar-benar kami menjadi termasuk dari golongan orang-orang yang rugi.” [Qs. Al-A’raf (7) ayat 23]

Apabila kita rinci, maka bentuknya adalah sebagai berikut:

رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamna lanakuunanna minal khosirin

“Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat dhalim terhadap diri-diri kami. Dan jika Engkau tidak memberi ampunan untuk kami dan merahmati kami, sungguh benar-benar kami menjadi termasuk dari golongan orang-orang yang rugi.”

Maksud dan Khasiat Bacaan Doa Robbana Dholamna Anfusana

Kalimat ini merupakan salah satu bentuk ungkapan penyesalan atas dosa yang telah kita perbuat.

Dr. Wahbah Az-Zuhaili berkata:

قالا: رَبَّنا ظَلَمْنا.. أي قالا: ربنا إننا ظلمنا أنفسنا بمخالفة أمرك وطاعة الشيطان عدوك وعدونا، وإن لم تستر ذنبنا وترض عنا وتقبل توبتنا، لنكونن من الذين خسروا الدنيا والآخرة

“Mereka berkata: Robbana dholamna.. maksudnya, mereka berkata: Wahai Pemelihara kami, sesungguhnya kami telah berbuat dhalim terhadap diri-diri kami dengan menyelisihi perintah-Mu dan taat kepada setan yang merupakan musuh-Mu dan musuh kami. Jika Engkau tidak menutupi dosa, ridho, dan menerima taubat kami, sungguh benar-benar kami menjadi termasuk dari orang-orang yang rugi di dunia dan akhirat.” [Al-Munir 8/164]

Adapun khasiatnya adalah agar Allah taala mengampuni dosa-dosa yang telah kita lakukan, sebagaimana Dia mengampuni kesalahan yang telah Nabi Adam alaihis salam lakukan dan istri beliau, Hawa.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai bacaan doa robbana dholamna anfusana beserta tulisan Arab dan artinya, semoga bermanfaat. Semoga Allah taala menjadikan kita mudah untuk mengamalkannya, amin.

5 pemikiran pada “Doa Robbana Dholamna Anfusana Arab, Artinya, dan Penjelasan”

  1. Qaalaa Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lanakuunanna minal khosirin :setelah baca Arab nya ada yang salah bacanya watarhamana kalo saya Ndak salah watarhamna karna mimnya tidak pakai fatkhah

    Balas

Apa Komentar Anda?