Arti Tabarakallah

 

Arti Tabarakallah – Kata-kata ini sebenarnya berasal dari tulisan bahasa Arab (arabic text).

Kalimat masya allah tabarakallah adalah terdiri dari ما شاء الله yang artinya “ini adalah apa yang dikehendaki Allah” dan تبارك الله yang artinya “Allah Maha Berkah”.

Ia merupakan bentuk pujian yang diperuntukkan bagi Allah.

Jadi, secara bahasa ia sama dengan ucapan subhanallah (Maha Suci Allah) yang juga merupakan pujian bagi-Nya.

Baca Juga: Arti Barakallahu Fiik

Tulisan Arab Tabarakallah

tabarakallah artinya

Dalam Al Quran, Allah taala berkalam:

تَبَارَكَ اللَّهُ رَبُّ الْعَالَمِينَ

“Maha Berkah Allah, Pemelihara sekalian alam.” [Qs. Al A’raf (7) ayat 54]

Banyak orang keliru menggunakan kata-kata ini sebagai doa untuk sesuatu karena dia takjub kepadanya. Misalnya ketika dia melihat seseorang yang memakai baju yang bagus dan membuat dia terpukau, dia mengucapkan kalimat tersebut.

Jika ditinjau menurut sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam islam, kata yang dia ucapkan adalah keliru. Ketika ingin mendoakan seseorang, seharusnya dia mengucapkan barakallah.

Lalu apa bedanya?

Beda Tabarakallah dan Barakallah

Setelah membaca penjelasan kami di atas, bagi anda yang sering mengucapkan tabarakallah sebagai doa untuk seseorang pasti bertanya, apa perbedaan antara ucapan itu dan barakallah?

Barakallah adalah berasal dari kata bahasa Arab بارك الله yang artinya semoga Allah melimpahkan berkah. Biasanya, diucapkan ketika ingin mendoakan seseorang agar ia diberikan tambahan kebaikan.

Tambahan fiik untuk satu orang, menjadi barakallahu fiik dengan arti semoga Allah melimpahkan berkah kepada anda. Tambahan fikum untuk banyak orang, menjadi barakallahu fikum yang artinya semoga Allah melimpahkan berkah kepada kalian.

Berkaitan dengan hal ini, ketika ada orang yang bertambah umurnya, biasanya teman-temannya memberi ucapan doa dengan barakallah fii umrik yang artinya semoga Allah memberi berkah pada umur Anda.

Setelah mendapat doa permintaan berkah seperti ini, jawaban yang diberikan boleh dengan doa yang sama atau doa yang lain. Atau biasanya kita memberikan jawabannya wafikum barakallah yang artinya semoga Allah memberikan berkah kepada kalian juga.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

وَمَنْ صَنَعَ إِلَيْكُمْ مَعْرُوفًا فَكَافِئُوهُ، فَإِنْ لَمْ تَجِدُوا مَا تُكَافِئُونَهُ، فَادْعُوا لَهُ حَتَّى تَرَوْا أَنَّكُمْ قَدْ كَافَأْتُمُوهُ

“Barang siapa memperbuat kebaikan untuk kalian, maka balaslah dia. Jika kalian tidak mendapati sesuatu yang dapat kalian gunakan untuk membalasnya, maka doakanlah dia hingga kalian melihat bahwa kalian sudah membalasnya.” [Hr. Abu Dawud]

Syaikh Abadi berkata: “Memperbuat kebaikan maksudnya adalah berbuat baik kepada kalian sama saja dengan ucapan atau perbuatan.” [Aunul Ma’bud 5/61] Artinya, ketika ada orang berbuat baik dengan mendoakan kita, maka sebaiknya kita juga balas mendoakannya.

Adapun arti tabarakallah telah kita bahas di atas. Intinya, kata ini adalah bentuk wirid atau dzikir untuk memuji Allah taala.

Jawaban Tabarakallah

Kalau anda sedang mencari ucapan yang digunakan sebagai balasan untuk ucapan ini, maka saya katakan bahwa ia tidak ada.

Sebagaimana yang telah kita bahas di atas bahwa ucapan ini adalah pujian kepada Allah, sehingga kita tidak perlu untuk menjawabnya.

Adapun yang perlu kita jawab adalah ucapan barakallah fii umrik sebagaimana juga telah kita bahas di atas, atau ucapan barakallah sebagaimana akan kita bahas di bawah ini yang jawabannya sama dengan fii umrik. 

Barakallah

Sebagai tambahan agar anda semakin yakin untuk mengucapkan barakallah ketika melihat sesuatu yang menakjubkan, maka berikut ini kami sertakan dalilnya.

Dalam sebuah hadits shahih yang diriwayatkan oleh Sahl bin Hunaif radliyallahu anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ مِنْ نَفْسِهِ وَأَخِيهِ مَا يُعْجِبُهُ فَلْيَدْعُ بِالْبَرَكَةِ فَإِنَّ الْعَيْنَ حَقٌّ

“Apabila salah seorang dari kalian melihat sesuatu dari dirinya dan saudaranya yang membuatnya takjub, hendaklah dia berdoa meminta keberkahan. Karena sesungguhnya penyakit ain itu nyata.” [Hr. Ibnu Sunni, shahih]

Barakallah
Bacaan Doa Ketika Takjub

Selain menunjukkan bacaan doa yang kita baca saat takjub, hadits di atas juga memperingatkan tentang bahaya penyakit ain.

Penyakit ain adalah penyakit yang disebabkan oleh pandangan mata yang takjub bercampur hasad. Pandangan ini bisa secara langsung atau melalui media seperti media sosial.

Ciri-ciri terkena ain misalnya bayi yang sebelumnya gemuk dan lucu tiba-tiba menjadi kurus dan suka rewel. Seorang pemuda yang sehat dan kekar tiba-tiba langsung jatuh sakit , dan sebagainya.

Penyakit ini adalah penyakit yang sangat berbahaya. Ia bukan penyakit fisik yang dapat diobati secara medis. Meskipun terdengar aneh bagi anda, tetapi penyakit seperti ini benar-benar nyata.

Demikianlah penjelasan mengenai artinya masyaallah tabarakallah dan barakallah yang dapat kami uraikan, wallahualam.

Semoga bermanfaat. Wabillahit taufiq.