Breaking News

14 Cara Membuat Jadwal Belajar Lengkap

Jadwal belajar adalah alat praktis dan terjangkau yang dapat membantu Anda mengatur waktu belajar. Jadwal belajar memberi Anda gambaran tentang apa yang perlu dilakukan dan kapan Anda bisa melakukannya. Jika Anda ingin lebih teratur dan termotivasi untuk melakukan yang terbaik, cobalah membuat jadwal belajar pribadi.

penjadwalan

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Tuliskan semua kewajiban Anda. Pikirkan dan tuliskan semua kewajiban Anda sehingga Anda dapat memperhitungkannya saat membuat jadwal. Pembuatan skedul sebenarnya lebih lancar sebelum jadual disusun dengan segala kewajiban diperhitungkan terlebih dahulu.

Pertimbangkan waktu sekolah/perguruan tinggi, pekerjaan, pekerjaan rumah, olahraga, olahraga, dll. ketika Anda punya waktu untuk fokus pada studi Anda.

Jangan lupa untuk menyertakan hari ulang tahun dan hari libur semua orang.

Anda mungkin tidak dapat mengingat semua tugas Anda sekaligus. tidak masalah. Tugas baru selalu dapat ditambahkan nanti.

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Mengumpulkan semua informasi tentang tugas/mata pelajaran/kursus. Langkah ini mungkin mengharuskan Anda untuk mengumpulkan semua silabus dan lembar instruksi untuk tesis atau proyek semester Anda dan memeriksa secara online untuk pengumuman tentang topik/kursus yang Anda ambil dari sana (misalnya Blackboard atau sistem manajemen kursus Anda). Lainnya).

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Pertimbangkan waktu terbaik dalam sehari untuk belajar. Luangkan waktu untuk belajar atau pertimbangkan kapan Anda bisa belajar sebanyak mungkin. Apakah Anda merasa lebih mudah untuk belajar di pagi hari atau di malam hari? Mempertimbangkan ini sekarang akan membantu Anda merencanakan waktu belajar Anda pada saat Anda dapat memahami subjek dengan baik.

Jangan mempertimbangkan kewajiban lain (misalnya tugas, dll.) saat melakukan langkah ini. Catat jam belajar terbaik Anda seolah-olah tidak ada lagi yang bisa dilakukan.

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Menentukan format jadwal. Jadwal dapat dibuat di atas kertas atau dalam format digital seperti spreadsheet atau aplikasi seluler.

Program spreadsheet seperti Microsoft Excel atau Apple Numbers memberikan solusi yang solid. Ada juga banyak program pengolah kata yang menyediakan template untuk membuat jadwal .

Anda juga dapat memilih solusi online. Salah satu program yang memiliki ulasan bagus dan tersedia sebagai aplikasi seluler atau situs web adalah My Study Life.

Bahkan jika Anda sering menggunakan ponsel atau Internet, kalender kertas mungkin merupakan pilihan terbaik Anda. Ini terutama benar ketika penggunaan perangkat komunikasi elektronik di dalam kelas tidak diizinkan selama kelas/kuliah.

Jadwal kertas dan jadwal digital masing-masing memiliki kelebihan. Kalender digital dapat lebih mudah dibuat dan dimodifikasi dalam skala besar, tetapi Anda dapat membuat banyak perubahan kecil pada kalender cetak sehingga Anda dapat membawanya ke mana pun Anda pergi. Kalender tercetak lebih mudah (atau setidaknya lebih menyenangkan) untuk diwarnai dan didekorasi.

Anda juga dapat memilih kombinasi keduanya. Gunakan komputer Anda untuk membuat dan mencetak tabel dengan tanggal dan waktu. Cetak sebanyak yang Anda suka (tergantung berapa minggu yang Anda rencanakan) dan isi secara manual dengan pensil/pena.

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Gambarlah sebuah tabel. Semua jenis jadwal harus berupa tabel dengan variabel “tanggal” dan “waktu”, dengan hari dalam seminggu di atas dan waktu di samping dalam urutan menurun.

Jika Anda menjadwalkan dengan pensil/pena di atas kertas, Anda perlu membuat garis bagan Anda sendiri. Anda dapat menggunakan kertas notebook kosong atau biasa. Gambar garis di atas meja dengan penggaris agar rapi.

Kelemahan terbesar dari jadwal kertas dan pensil adalah sulitnya mengubah jadwal. Bahkan jika seluruh jadwal diisi dengan pensil, akan sangat sulit untuk menyesuaikan jumlah baris atau kolom. Juga, jika Anda membutuhkan lebih dari satu jadwal, misalnya satu untuk setiap bulan, Anda harus membuat jadwal dari awal setiap kali di atas kertas.

jadwal pengisian

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Pilih dari satu jadwal atau jadwal khusus. Buat satu jadwal yang tetap sama setiap minggu. Atau buat satu jadwal khusus setiap minggu yang berubah berdasarkan acara tertentu dalam seminggu. Anda dapat membuat semua jadwal khusus Anda sekaligus.

Acara khusus mingguan dimulai dalam urutan terbalik. Masukkan tugas besar atau final terlebih dahulu, lalu masukkan aktivitas lainnya secara mundur. Anda mungkin perlu menjadwal ulang jadwal belajar Anda tergantung pada tugas besar yang harus Anda selesaikan selama seminggu.

Jangan lupa untuk memasukkan semua yang telah Anda pertimbangkan sebelumnya dalam rencana perjalanan Anda. Lakukan langkah ini sebelum menjadwalkan waktu belajar Anda. Langkah ini mencakup semua janji harian Anda, seperti bermain olahraga. Langkah ini sebaiknya dilakukan terlebih dahulu untuk mengetahui kapan Anda bisa menjadwalkan waktu belajar Anda.

Jika Anda memiliki kalender mingguan khusus, jangan lupa untuk menyertakan acara khusus seperti ulang tahun dan hari libur.

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Menggabungkan waktu belajar. Kombinasikan waktu belajar yang cukup lama, misalnya 2-4 jam sekali. Ini akan memungkinkan Anda untuk fokus pada studi Anda dan menggunakan waktu Anda lebih produktif.

Tapi hanya karena Anda tidak punya waktu bukan berarti Anda tidak bisa menjadwalkan waktu belajar. Rencanakan 45 menit waktu belajar setiap kali, dan jika dirasa menguntungkan untuk merencanakan satu jam setiap kali, lakukanlah.

Cadangan waktu belajar yang lebih lama untuk mata pelajaran/kursus yang lebih sulit.

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Tetapkan waktu istirahat. Istirahat sangat penting untuk kesuksesan. Anda bukan robot, jadi Anda tidak bisa bekerja berjam-jam tanpa henti. Secara keseluruhan, istirahat teratur di antara tugas-tugas akan membantu Anda tampil lebih baik.

Banyak ahli merekomendasikan bekerja 45 menit setiap jam dan istirahat 15 menit. Tapi setiap orang berbeda. Jadi, bereksperimenlah untuk menemukan jadwal yang paling cocok untuk Anda.

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Buatlah jadwal Anda sespesifik mungkin. Ingat semua pedoman tugas dan silabus yang kita buat bersama? Sekarang adalah waktu untuk menggunakan semua informasi itu. Jadwalkan jam belajar yang panjang untuk mempelajari topik/kursus tertentu dan mengerjakan tugas.

Tentu saja, aktivitas berubah seiring waktu. Jadwal yang dibuat dua bulan lalu mungkin sudah tidak berlaku lagi sekarang. Namun, itu seharusnya tidak mencegah Anda menggunakan kalender Anda. Perlakukan jadwal Anda sebagai panduan yang bermanfaat. Ini membantu Anda menghindari jadwal yang hilang dan memecah tugas besar menjadi yang lebih kecil.

Jika Anda memiliki jumlah pekerjaan rumah yang sama untuk mata pelajaran tertentu setiap minggu, pertimbangkan untuk menambahkannya ke jadwal Anda. Misalnya, jika Anda selalu menerima 20 pekerjaan rumah matematika setiap minggu, bagi tugas dan jadwalkan tugas di setiap bagian secara terpisah.

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Jadwalkan satu atau lebih topik/ceramah di setiap sesi belajar. Mempelajari mata pelajaran/kursus lain dalam satu sesi belajar akan membuat Anda tidak bosan dengan satu mata kuliah/kursus dan tidak memiliki energi untuk melakukan hal lain.

Tentu saja bisa berbeda selama masa ujian ketika Anda harus mengerahkan seluruh energi Anda hanya untuk satu mata pelajaran/kursus!

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Buat tampilan kalender Anda semenarik mungkin. Penggunaan kode warna untuk menandai topik/kuliah dan tugas lainnya membuat jadwal lebih mudah digunakan dan dilihat. Anda mungkin akan melihat banyak jadwal Anda, jadi cobalah yang terbaik untuk melakukan yang terbaik yang Anda bisa!

Jika jadwal Anda di atas kertas, gunakan pensil warna. Atau , cetak ke printer warna menggunakan fungsi sorot yang disediakan oleh program komputer Anda . Jika Anda menggunakan aplikasi online, kalender Anda mungkin sudah diberi kode warna, tetapi Anda dapat membuat penyesuaian kode warna terbatas.

Jadwalkan penggunaan

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Tetap pada jadwal Anda. Mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri dengan jadwal, tetapi patuhi itu. Setelah Anda terbiasa, jadwalnya sangat membantu!

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Jangan stres dengan jadwal Anda. Jangan berpikir Anda harus tetap pada jadwal Anda setiap menit. Jadwal Anda hanyalah sistem kecil yang akan membantu Anda belajar lebih baik. Atur waktu Anda sesuai dengan jadwal Anda, tetapi jangan memaksakannya untuk menjadi sempurna.

Cara Membuat Jadwal Belajar: 14 Langkah (dengan Gambar)

Ubah jadwal Anda. Catat jadwal mana yang berhasil dan jadwal mana yang gagal. Jika ada yang gagal, ubahlah! Kami bekerja keras untuk membuat jadwal. Dengan hanya beberapa tweak, Anda tidak perlu membuang jadwal Anda ketika menjadi yang terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.