Cara Membuat Aplikasi Chatting Android Sendiri

Diposting pada

Cara Membuat Aplikasi Chatting Android Sendiri – Aplikasi obrolan adalah salah satu aplikasi yang sangat populer di platform seluler Android dan iOS. Dan berikut adalah beberapa contoh format chat yang digunakan oleh aplikasi chat.

Sebelum Anda mengikuti artikel ini, pastikan Anda membaca artikel saya sebelumnya tentang cara membuat beberapa tipe tampilan di RecyclerView.

Cara Membuat Aplikasi Chatting Android Sendiri

Karena pada artikel ini Anda juga akan menggunakan metode multiview RecyclerView. Berikut ini adalah gambaran analisis desain UI Chat Layout yang akan kami lakukan.

Aplikasi Chatting Alternatif Selain Whatsapp, Bangga Ada Karya Anak Indonesia !

Pada gambar di atas ada 2 chat yang saya sorot dengan warna merah dan hijau, warna merah adalah pesan pengguna lain dan warna hijau adalah pesan Anda. Jadi, seperti yang Anda lihat, untuk membuat tata letak obrolan seperti yang ada di gambar, Anda memerlukan beberapa tampilan untuk membuatnya. Pertama, kami memperlakukan postingan pengguna lain sebagai opini Tipe A dan postingan kami sendiri sebagai opini Tipe B.

Sekarang mari buat proyek baru bernama Tata Letak Obrolan di Android Studio dan buat aktivitas kosong dan biarkan nama file MainActivity.kt dan activity_main.xml.

Pertama, buat lokasi utama aplikasi Anda di file Activity_main.xml. Ubah sumber file activity_main.xml sebagai berikut:

Di lokasi di atas, Anda cukup menambahkan RecyclerView. Setelah ini Anda perlu membuat 2 layout di sini yaitu item_layout_chat_my_self dan item_layout_chat_user, file item_layout_chat_my_self ini untuk chatting dari pesan Anda sendiri dan item_layout_chat_user untuk chatting dari pesan orang lain. Buat file layout baru bernama item_layout_chat_my_self.xml dan isi dengan source code berikut.

Aplikasi Chatting Di Android Yang Populer

Dalam tata letak di atas Anda hanya akan menampilkan 2 TextViews yaitu. datetime dan TextView untuk menampilkan pesan. Selanjutnya, buat file layout item_layout_chat_user.xml dan isi dengan resource berikut.

Adapun layout di atas hampir sama dengan model sebelumnya, hanya saja pada layout ini Anda akan menambahkan ImageView untuk membedakan bahwa pesan tersebut berasal dari pengguna.

Dalam file template di sini, Anda baru saja membuat kelas template biasa yang bidangnya terdiri dari pesan dan datetime, keduanya bertipe data String. Buat file baru bernama chat.kt dan isi dengan sumber daya berikut.

Anda akan secara otomatis memerlukan file adaptor untuk RecyclerView di lokasi activity_main.xml tempat Anda menggunakan RecyclerView sebagai wadah untuk daftar obrolan yang Anda buat. Buat file baru bernama AdapterChat.kt dan isi dengan kode sumber berikut.

Cara Membuat Notifikasi Pesan Whatsapp Terbang Seperti Messenger

Dalam file AdapterChat.kt, Anda menggunakan teknik beberapa tipe tampilan. Setelah itu ada 3 View Holder yang Anda buat yaitu ViewHolder (parent) yang juga merupakan container ViewHolderChatItemMySelf (child) dan ViewHolderChatItemUser (child). ViewHolder Anda memiliki 2 TextView yang dideklarasikan untuk setiap anak, textViewDateTime dan textViewMessage, lalu Anda menggunakan kedua TextView.

. Selanjutnya pada file AdapterChat.kt Anda menambahkan 2 parameter listViewType dan listChat, listViewType sebagai kumpulan data tipe tampilan dan listChat sebagai kumpulan data obrolan untuk ditampilkan dalam obrolan. Ada 2 bidang statis VIEW_TYPE_MY_SELF yaitu. Nilai VIEW_TYPE_MY_SELF adalah 1 yang berarti kami mempertimbangkan jenis tampilan item untuk ViewHolderChatItemMySelf dan nilai VIEW_TYPE_USER adalah 2 yang berarti jenis tampilan item untuk ViewHolderChatItemUser.

Langkah terakhir pada artikel ini adalah membuka file MainActivity.kt dan mengisinya dengan source code berikut. Android saat ini adalah salah satu sistem operasi paling populer dan banyak digunakan di platform seluler. Sistem operasi Google berbasis Linux populer bukan hanya karena murah, tetapi juga karena open source dan menyediakan berbagai macam perangkat lunak yang berguna secara gratis.

Ketika datang ke aplikasi Android, pernahkah Anda memikirkannya, kami dapat membuat aplikasi Android dan mengekspresikan ide kami untuk membuat aplikasi yang belum pernah dilakukan sebelumnya, atau hanya untuk bersenang-senang, kami dapat membuat aplikasi Anda sendiri tanpa coding keterampilan. Apakah Anda kesulitan belajar pemrograman Java?

Aplikasi Chatting Terbaik Di Hp Anroid Dan Ios

Sekarang sangat mungkin. Dengan bantuan SKETCHWARE, kita dapat membuat dan mengimplementasikan ide untuk membuat aplikasi Android kita sendiri secara langsung melalui Android.

Sebenarnya ada banyak cara – cara membuat aplikasi android tanpa coding, dan langsung melalui android. Misalnya melalui situs seperti appsgeyser.com.

Namun cara ini sangat tidak efektif dan tidak memiliki fungsi yang lengkap, dan kita membutuhkan kuota internet untuk mendownloadnya, dan jika menggunakan kuota mobile pasti akan menguras banyak kuota.

Nah, jangan khawatir, dengan aplikasi sketchware ini. Kita memang bisa membuat aplikasi Android offline langsung di Android, dengan mudah dan cepat.

Aplikasi Chat Paling Aman Untuk Android & Ios (2022)

Baiklah, mari kita langsung ke intinya. 1. Langkah pertama adalah menginstal aplikasi melalui Playstore atau tautan lain di sini.

6. Kemudian masukkan nama aplikasi dan ikon aplikasi sesuai keinginan dan klik “pengaturan lanjutan” untuk pengaturan lebih lanjut.

7. Klik “Simpan” dan Anda akan dibawa ke halaman seperti berikut. untuk memeriksa, coba tahan “tampilan teks” lalu seret ke lapisan tengah.

8. Jika sudah, klik tombol “Run” di pojok kanan bawah dan tunggu sampai proses kompilasi selesai.

Aplikasi Chatting Aman Anti Sadap, Berikut Rekomendasi Terbaiknya

Anda dapat menjelajahi fitur aplikasi sendiri. Dan menurut saya pribadi aplikasi ini cukup bagus dalam kategori aplikasi pembuat aplikasi android. Berkat fitur-fiturnya yang luas, kita dapat membuat aplikasi sesuai dengan ide dan imajinasi kita tanpa harus repot coding di Java.

Namun jika ingin membuat aplikasi yang lebih kompleks, misalnya aplikasi chatting, editor dan lain-lain. Anda perlu mempelajari dan memahami bahasa pemrograman Java.

Anda juga dapat melihat tutorial di YouTube untuk aplikasi seperti aplikasi “obrolan”, karena ada banyak orang di YouTube yang membuat tutorial lengkap dan mudah dipahami.

Jika Anda mengalami kendala dalam menggunakan aplikasi ini, Anda dapat bergabung dengan grup telegram di sini atau di sini atau ikuti grup facebook “sketchware Indonesia”. Hai – Mengetahui cara membuat aplikasi Android ini pasti sangat membantu. mudah. Karena kita hanya perlu menggunakan aplikasi Android. Ya! Kami akan belajar cara membuat aplikasi Android di ponsel Anda dengan aplikasi Android. Disini kita akan menggunakan Apper dari Igensapp.

Aplikasi Chatting Android Paling Aman Sejauh Ini, Anti Sadap!

Apper adalah aplikasi dari iEvenps yang memudahkan non-programmer untuk membuat aplikasi pribadi dan bisnis dengan smartphone mereka. Jadi dengan platform ini kami akan membuatnya sangat mudah untuk beradaptasi.

Dengan Apper Anda dapat membuat aplikasi dengan sangat mudah dan cepat. Selain itu, Anda dapat dengan cepat memperbarui atau memperbaiki aplikasi Anda. Semua ini dapat dilakukan dalam beberapa menit.

Apakah aplikasi hanya berasal dari smartphone? Sekarang bisa dilakukan dimana saja dan dimana saja. Dengan Apper Anda dapat membuat dan mengelola aplikasi Anda. Ini sangat sederhana sehingga smartphone apa pun yang Anda miliki sudah cukup.

Apper mempermudah pembuatan aplikasi Android di ponsel. Tidak perlu mengerti bahasa pemrograman.

Cara Mudah Membuat Fake Chat Di Messenger

Setelah menyelesaikan aplikasi Android di ponsel Anda, aplikasi dapat diunggah dan kemudian diunduh oleh orang lain. Namun, untuk mengunduh aplikasi selamanya, Anda perlu meningkatkan ke tingkat yang lebih tinggi. Sedangkan untuk versi gratisnya hanya bisa diunduh selama 5 hingga 7 hari.

Kemudian isi nama aplikasi, nama ikon, kategori, bahasa yang Anda gunakan untuk membuatnya, dan deskripsi aplikasi yang Anda coba buat. Jika sudah, klik berikutnya.

3. Kemudian akan muncul skema warna. Pada halaman ini Anda memilih warna aplikasi yang ingin Anda buat. Pilih sesuai selera Anda. Jika sudah, klik Berikutnya

4. Selanjutnya adalah memilih ikon aplikasi dan gambar latar belakang. Pilih sesuai selera Anda. Bahkan jika Anda tidak menginginkan latar belakang atau gambar, Anda tidak perlu mengisinya.

Aplikasi Chat Ayotalk Karya Anak Kebumen Meluncur, Ini Kegunaannya!

5. Halaman berikutnya menunjukkan gaya menu. Template menu adalah layar menu utama aplikasi Anda. Ada beberapa pilihan untuk menampilkan menu, jadi pilihlah sesuai selera Anda. Perhatikan contoh layar menu berikut.

7. Selanjutnya, ganti teks kosong dengan nama menu yang Anda inginkan. Misalnya berita, kartu atau apa pun yang Anda inginkan.

Ini bagus untuk item daftar atau kategori di aplikasi Anda. Ada beberapa opsi tampilan dalam daftar, jadi sesuaikan.

Di sini kita dapat menampilkan video dari YouTube. Cukup masukkan tautan dan video akan muncul. Ini bagus untuk tutorial atau iklan.

Cara Membuat Bubble Chat Untuk Semua Aplikasi

8. Ada beberapa pilihan, masing-masing dengan tampilan dan fungsinya sendiri. Lengkapi atau ganti menu kosong kedua, ketiga, dst sesuai kebutuhan Anda. Kemudian, setelah selesai, klik panah di bawah dan pilih Terbitkan.

Ini adalah bagaimana Anda dapat membuat aplikasi Android di ponsel Anda dengan Apper by igensapp. Tingkatkan ke versi premium untuk membuka kunci fitur premium dan mengunduh hasil aplikasi selamanya. Saya harap Anda akan menemukan banyak tutorial dan berguna untuk membuat aplikasi Android di ponsel. – Ada banyak sekali aplikasi chat populer di Android dan iPhone, maka berikut ini kami berikan daftar aplikasi chat terpopuler di Android dan iPhone.

Bagi yang baru saja membeli smartphone atau ingin mencoba aplikasi chat lain, halaman ini akan menjelaskan aplikasi chat mana yang bisa Anda gunakan.

Di bawah ini adalah aplikasi obrolan terpopuler yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

Cara Membuat Fake Chat Whatsapp Seperti Iphone Di Hp Android

Pertama, Anda perlu mengunduh dan menginstal perangkat lunak perpesanan WhatsApp. Pasalnya, mayoritas pengguna Android dan iPhone menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi chat utama mereka.

Jadi, untuk tetap berhubungan dengan keluarga, teman, atau orang yang baru Anda kenal, WhatsApp adalah prioritas utama.

Ada juga fitur WhatsApp bernama WhatsApp Business yang lebih fokus pada bisnis. Fitur ini sangat berguna bagi orang yang baru memulai bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *