Cara Membuat Kuis Di Google Drive

Diposting pada

Cara Membuat Kuis Di Google Drive – Saat ini sudah banyak layanan online berbasis aplikasi atau website yang membantu mempermudah pekerjaan di bidang pendidikan. Dan tentunya agar kegiatan edukasi menjadi lebih interaktif dan tidak dibatasi oleh “jarak dan waktu” karena dapat dilakukan secara online. Sekarang Anda bisa mengikuti ujian secara online yaitu melalui Google Forms (Formulir). Mengajukan pertanyaan secara online menggunakan Google Forms sangat mudah dan tentunya gratis. Menurut Wikipedia, Google Forms adalah aplikasi manajemen permintaan yang termasuk dalam suite kantor Google Drive, bersama dengan Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Formulir memiliki semua fitur berbagi dan berbagi yang terdapat di Dokumen, Spreadsheet, dan Slide.

Dengan bantuan Formulir Google, setiap jawaban siswa akan langsung dihitung dan langsung terlihat oleh semua orang yang mengikuti ujian di Google Spreadsheet (versi Google Excel).

Cara Membuat Kuis Di Google Drive

Buka browser di komputer atau laptop, lalu buka alamat ini: https://docs.google.com/forms/. Masuk menggunakan Akun Google Anda, lalu klik ikon Plus untuk membuat formulir baru. Klik pengaturan di pojok kanan atas, pilih tab Kuis, aktifkan opsi Kuis ini.

Cara Mudah Membuat Soal Di Google Form

Sesuaikan sesuai kebutuhan untuk opsi lain. Jika pelepasan nilai terjadi setelah semua siswa mengikuti ujian, aktifkan Kemudian setelah pemeriksaan manual di pengaturan Pelepasan Nilai. Jika siswa tidak diperbolehkan melihat pertanyaan yang terlewat, jawaban yang benar, dan/atau skor setelah mengikuti tes, hapus centang pada semua pengaturan yang dapat dilihat oleh responden. Klik Simpan setelah selesai.

Sebelum Anda mulai membuat soal online menggunakan Google Forms, berikut penjelasan fitur dan pilihan yang ada di halaman buat formulir baru.

Pertama, kami mengisi judul dan deskripsi di formulir yang diperlukan. Selanjutnya kita buat field Nama Lengkap dan Nomor Induk Mahasiswa Nasional (NISN). Isi kolom pertanyaan dengan Nama Lengkap, lalu ubah pilihan jawaban menjadi Short Answer. Pilih opsi Wajib agar semua siswa mengisi nama lengkapnya. Untuk pengisian NISN dapat langsung disalin dari kolom Nama Lengkap kemudian ubah pertanyaan menjadi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Hasilnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

Pada permintaan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), sistem secara otomatis menambahkan verifikasi jawaban nomor. Ini berarti bahwa hanya angka yang diperbolehkan untuk menjawab pertanyaan. Hapus centang opsi ini jika konten dapat berupa angka atau huruf.

Cara Membuat Soal Di Google Form Yang Harus Guru Tahu

Selanjutnya, kita akan mulai membuat soal ujian, untuk memisahkannya dari kolom nama, kita akan membuat bagian baru dengan konten khusus untuk soal ujian pilihan ganda. Caranya adalah sebagai berikut.

Klik ikon Tambahkan partisi seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Lengkapi judul bagian tersebut, misalnya dengan: Pilih jawaban yang sesuai. Setelah diisi hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Ubah pilihan jawaban menjadi Pilihan Ganda dan kemudian selesaikan pertanyaannya. Isikan juga pilihan jawaban yang tersedia seperti gambar di bawah ini.

Jika semua sudah diisi, klik tombol jawab untuk mengisi jawaban dan poin pertanyaan yang benar. Karena pada contoh kita akan membuat 5 soal jadi kita beri nilai 20 untuk setiap soal.

Mengenal Google Drive & Cara Penggunaannya

Pilihan jawaban yang dapat digunakan untuk pertanyaan pengembangan adalah Jawaban singkat atau Paragraf untuk jawaban yang lebih panjang. Pada contoh berikut, kami akan menggunakan jawaban singkat yang detailnya ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Untuk menambahkan gambar, arahkan kursor ke pertanyaan yang dibuat, lalu klik ikon unggah gambar di samping pertanyaan. Caranya ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Kita bisa mendownload gambar untuk dimasukkan ke dalam soal dari komputer, jika komputer terhubung ke webcam, melalui URL gambar, dari album foto dan Google Drive, atau dari pencarian gambar Google, kita juga bisa menggunakan kamera.

Klik ikon menu di kiri atas gambar untuk menyesuaikan, memposisikan ulang, dan menghapus gambar. Untuk mengubah ukuran gambar, klik pada gambar lalu seret dari sudut untuk memperbesar atau memperkecil.

Cara Membuat Google Form Hanya Dalam 5 Menit! (update)

Cara menambahkan gambar pada pilihan ganda sama dengan menambahkan gambar pada soal. Arahkan kursor ke opsi pilihan ganda, lalu klik ikon unggah gambar di samping opsi jawaban. Caranya ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Setelah konfirmasi, respon dari pengisi formulir akan diarahkan untuk mengisi data dengan format yang benar. Misalnya, jika pertanyaan dirancang untuk menanyakan alamat email, maka kolom jawaban hanya dapat diisi dengan format alamat email yang benar (misal: hello@). Contoh lain ditunjukkan pada gambar di bawah ini, dimana jawaban dari soal-soal berikut ini berbentuk angka. Mari kita atur agar siswa hanya bisa mengisi angka tertentu di kolom jawaban.

Klik menu di pojok kanan bawah pertanyaan, lalu klik Verifikasi Jawaban. Ada 4 jenis autentikasi yang dapat digunakan, yang paling umum digunakan adalah angka, teks, dan panjang.

Untuk pertanyaan di atas pilih Validate Number, asalkan berupa angka, yaitu jawaban harus diisi dengan angka berapapun nilainya. Caranya ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Anda kemudian dapat membuat dukungan Anda sendiri dengan persyaratan yang sesuai dengan kriteria yang diperlukan. Hasil tutorial cara membuat soal online dapat diakses melalui link di bawah ini. Selamat mencoba, jika ada yang kurang paham jangan lupa beri komentar di bawah ya… Google Form adalah fitur gratis dari Google yang bisa kamu gunakan untuk membuat formulir online. Salah satu kegunaan Google Form adalah ujian online. Selanjutnya bagaimana cara membuat Google Form untuk ujian online melalui akun Google atau Gmail?

Selain survei, penggunaan Google Form juga bisa digunakan untuk ujian online. Di Google Form kita bisa membuat fitur multiple question dari multiple choice, short answer dan explanatory answer. Selain itu, kita dapat mengajukan pertanyaan menggunakan gambar atau yang lainnya.

Setelah masuk, Anda akan melihat ikon + Baru di sisi kiri layar, yang digunakan untuk menambahkan data baru ke Google Drive. Lalu cara membuat google for exam, Klik + New icon, Select More (lainnya), maka akan muncul pilihan Google form seperti dibawah ini :

Jika sudah, sebelum mengajukan pertanyaan, klik tombol pengaturan dengan ikon roda gigi di sebelah tombol kirim di kanan atas.

Cara Membuat Soal Ulangan Agar Bisa Diakses Lewat Wa

Pada bagian pengaturan umum, terdapat opsi pengumpulan email dimana peserta ujian selanjutnya diminta untuk memasukkan alamat email masing-masing. Kemudian ada bagian dibawah batas 1 jawaban, jika akan ada lebih dari 1 peserta ujian tidak perlu mencentang checklist. Setelan pengiriman Formulir Google untuk ujian.

Bagian pengaturan ini memiliki banyak pilihan seperti menampilkan progres ujian, mengacak soal dan menampilkan tautan untuk mengisi berbagai formulir. Jika Anda hanya menginginkan pilihan soal acak untuk ujian, Anda tidak perlu mencentang opsi di atas.

Bagian ini adalah bagian terpenting dalam membuat Formulir Google untuk ujian, yaitu mengaktifkan opsi kuis. Di bawah ini adalah opsi kuis seperti merilis hasil tes untuk ditampilkan segera setelah diperiksa atau nanti (secara manual). Maka Anda tidak perlu mencentang opsi berikut karena Anda tidak membutuhkannya.

Setelah Anda selesai menyiapkan Formulir Google untuk ujian, saatnya untuk bertanya dan menjawab pertanyaan seperti:

Cara Membuat Google Form Cepat Dan Anti Ribet

Bagian pilihan ganda adalah pilihan soal yang bisa ditanyakan, kemudian ada tools untuk menambahkan soal, menyisipkan soal, menambahkan judul dan deskripsi soal, menambahkan gambar, menambahkan video, dan mengatur bagian soal.

Pilih opsi pertanyaan yang ingin Anda tanyakan, pilih beberapa opsi untuk pilihan ganda. Kemudian selesaikan pertanyaan dan tambahkan opsi jawaban di bawah ini. Jangan lupa untuk mengaktifkan fungsi wajib (penting), karena siswa harus menjawab pertanyaan tersebut. Setelah menyelesaikan pertanyaan, klik “Kunci Jawaban” untuk menentukan jawaban yang benar.

Pilih opsi jawaban yang benar, di pengaturan jawaban Anda juga dapat mengatur skor untuk setiap pertanyaan. Anda tidak perlu mengatur komentar tanggapan jika Anda tidak membutuhkannya. Klik “Selesai” setelah selesai.

Tambahkan pertanyaan lain dan atur jawabannya sesuai petunjuk di atas. Jika sudah siap, pastikan formulir jawaban aktif sehingga Anda dapat melihat jumlah siswa yang mengirimkan jawaban nanti.

Tutorial Langkah Langkah Membuat Soal Kuesioner Dengan Google Form

Setelah semua tahapan selesai, soal-soal ujian siap dibagikan kepada siswa, cara termudah adalah dengan menggunakan tautan. Untuk membuat tautan pertanyaan, pertama klik tombol kirim.

Masuk ke mode tautan seperti yang disebutkan di atas dan persingkat daftar periksa URL untuk membuat tautan pertanyaan lebih pendek. Jika ada, salin dan klik salib. Tautan yang disalin dapat dikirim ke siswa yang akan berpartisipasi dalam ujian. Berikut adalah contoh Formulir Google lengkap yang akan digunakan untuk ujian.

Cara menambahkan penghitung waktu ke Formulir Google Anda untuk ujian adalah dengan memasang plugin. Cari “Extended Forms” di Google Marketplace, lalu instal modul (pastikan Anda masuk ke akun Google terlebih dahulu).

Setelah terinstal, kembali ke Formulir Google untuk kuis yang Anda buat. Untuk menambahkan formulir tambahan yang diinstal sebelumnya, pastikan ikon plugin terlihat di bagian atas.

Cara Membuat Kuis Di Google Form ⋆ Posciety

Add-on > Add-on Formulir Diperpanjang > Konfigurasi. Kolom yang diperluas akan muncul di kanan bawah layar sebagai berikut:

Anda dapat mengatur pengatur waktu dari jendela pop-up atau mengklik pengaturan formulir untuk mengakses pengaturan modul formulir lanjutan sebagai berikut:

Setelah mengikuti ujian, Anda dapat melihat hasil ujian melalui form menu yang tersedia. Petunjuk cara melihat hasil Google Form untuk ujian dapat dilihat pada artikel berikut: Cara melihat hasil Google Form

Cara membuat google form untuk ujian online atau CBT, semoga bermanfaat dan mempercepat proses ujian online. Anda dapat menggunakan layanan Cloud Hosting untuk pengoperasian ujian online yang lebih stabil.

Asyik, Sekarang Google Forms Dapat Membuat Quiz Tanpa Add On

Harap dicatat bahwa VirtueMart adalah software e-commerce open source yang dikembangkan untuk Joomla CMS. Itu dibangun dalam PHP sehingga dapat diintegrasikan ke dalam situs web e-niaga Joomla mana pun. Artikel ini…

Informasi penting: Saat ini kami tidak mengembangkan perangkat lunak pembuat situs. Anda bisa menggunakan Weebly atau SitePro yang memiliki fitur dan tampilan lebih modern untuk membuat website. Sitebuilder adalah solusi…

Sering

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *