Cara Menghubungkan Aplikasi Android Dengan Database

Diposting pada

Cara Menghubungkan Aplikasi Android Dengan Database – Tutorial ini akan menggunakan contoh aplikasi manajemen keuangan pribadi. Aplikasi ini merupakan aplikasi sederhana dengan beberapa area penting, yaitu:

Langkah pertama dalam pengembangan aplikasi adalah membuat proyek dengan Android Studio. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat proyek di aplikasi kita:

Cara Menghubungkan Aplikasi Android Dengan Database

Dan lari. Untuk menguji aplikasi dasar, kita dapat mengklik tombol Run. Kemudian Android Studio akan membutuhkan beberapa detik untuk mengkompilasi, buka AVD (jika belum dijalankan sebelumnya) dan kirim hasil aplikasi yang kita buat ke Device atau Virtual Device yang dipilih.

Dvd Tutorial Membuat Aplikasi Dengan Android Studio Php Dan Mysql

Ketika proses integrasi selesai, kita akan mendapatkan hasil seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Pertahankan AVD aktif (untuk menghemat waktu awal AVD) dan kami melanjutkan ke langkah pengembangan proyek berikutnya.

Setelah proyek dibuat dan berjalan dengan lancar, saatnya menambahkan komponen lain ke proyek kita. Rencana aplikasi yang akan kita buat memiliki beberapa tampilan dan alur kerja seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Berdasarkan gambar, itu berarti kita membutuhkan setidaknya 4 mode tampilan yang dalam versi Android disebut sebagai Fungsi. Saat ini kami memiliki satu tampilan sebagai halaman utama dan halaman yang dibuka pertama kali saat aplikasi dijalankan, yang berarti kami membutuhkan 3 Fungsi lagi.

Tidak perlu membuatnya, karena sudah dibuat oleh Android Studio saat kita membuat proyek. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan kode ke

Cara Menggunakan Awebserver Di Android

Langkah selanjutnya setelah kita membuat tampilan aplikasi adalah membuat kelas instance yang merepresentasikan tabel database SQLite yang akan kita gunakan. Dalam proyek ini kami akan menyimpan data transaksi berupa nama transaksi, jenis transaksi (penghasilan/pengeluaran), jumlah, dan deskripsi.

Kelas instance yang dimaksud adalah kelas Java standar yang diberikan atribut dan metode akses data. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Setelah data ditampilkan di ListView, sekarang kita akan menampilkan data transaksi lengkap menggunakan DetailView. Untuk melakukan ini, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menambahkan tindakan ketika item daftar disentuh (atau diklik) dengan tautan

Kami berhasil menampilkan data uji dalam daftar Tampilan, lalu mengembalikan tampilan dengan koneksi data lokal.

Tutorial Iot, Menghubungkan Aplikasi Android, Website Dan Mikrokontroler

). Karena modelnya berbeda dengan database berbasis server (seperti MySQL), model koneksi dan manipulasi SQLite juga berbeda. Tepatnya pada program Android, untuk dapat mengakses SQLite kita perlu mengkonfigurasi 2 objek yaitu class Contract Database dan class Database Helper.

Kelas kontrak adalah kelas Java standar yang digunakan untuk mendefinisikan konstanta dan kueri lain yang terkait dengan membuat dan mengakses struktur tabel. Untuk membuat kontrak untuk tabel aplikasi yang sedang kita kerjakan, kita dapat memodifikasi kelas model

Kelas kedua yang perlu kita konfigurasi untuk mengakses database adalah kelas Helper, kelas ini digunakan untuk mengeksekusi perintah SQL baik yang berhubungan dengan struktur tabel maupun yang berhubungan dengan data tabel. Kelas Helper yang kami gunakan dalam aplikasi kami adalah sebagai berikut:

Setelah menyelesaikan dua kelas ini untuk membantu konektivitas database, kami kemudian akan menggunakan kelas-kelas ini di aplikasi kami. Pertama kita akan menggunakannya untuk memasukkan data melalui Form, kemudian menampilkan data melalui MainActivity dan ListView, dan terakhir menggunakannya untuk menghapus data dari tampilan detail.

Cara Menghubungkan Android Studio Dengan Firebase Realtime Database

Di bagian implementasi, kami mendesain formulir, jadi yang perlu dilakukan sekarang adalah menghubungkan tampilan formulir ke logika Java. Berikut adalah versi kelasnya

Setelah memasukkan data di form, langkah selanjutnya adalah menampilkan 5 data terbaru di Dashboard dan menampilkan semua data di ListView. Karena kita sudah membuat layout di bagian sebelumnya, dan kita menampilkan daftar menggunakan ArrayList, di bagian ini kita hanya perlu melewati bagian ArrayList untuk mendapatkan data dari database.

Untuk menampilkan semua data di ListView, kita perlu membuat metode baru untuk mengambil data dari database dan memanggilnya saat Aktivitas dibuat. Kode lengkapnya ada di bawah ini: Halo semuanya, kali ini kita akan membahas lagi tutorial Android. Kali ini kita akan belajar cara membuat aplikasi Android CRUD dengan database MySQL. CRUD (Buat, Baca, Perbarui, dan Hapus) adalah istilah lain untuk interaksi antara aplikasi dan data. Create, read, update dan delete adalah proses yang tersedia untuk semua aplikasi yang terhubung / terhubung ke database. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang pembuatan aplikasi android menggunakan database MySQL. Aplikasi yang akan kita buat kali ini adalah aplikasi yang mengelola data siswa di kelas.

Bagi yang masih belajar android CRUD (Create, Read, Update, and Delete) adalah cara mudah untuk memahami bahasa pemrograman termasuk java android. Metode CRUD adalah keterampilan dasar yang perlu diperhatikan saat membuat aplikasi. Karena aplikasi yang kompleks harus berurusan dengan data nama. Tentunya setiap aplikasi yang kita buat/kembangkan, kita berharap suatu saat nanti aplikasi tersebut akan menjadi aplikasi yang ‘keras’ juga. Oleh karena itu, setelah mempelajari sintaks dasar bahasa pemrograman, kita perlu mempelajari aplikasi aliran data (CRUD) ke database.

Mendebug Database Dengan Database Inspector

Sebelum melanjutkan, saya sarankan Anda memahami salah satu library yang akan kita gunakan di sini, yang disebut Fast Android Networking agar Anda tidak bingung dengan sintaks penggunaannya.

Untuk membuat aplikasi android studio agar terhubung dengan database, kita membutuhkan REST API (Representational State Transfer). Merupakan arsitektur komunikasi data yang menggunakan protokol HTTP untuk menerima dan merespon (request and response) data.

Sederhananya, API adalah jembatan yang menghubungkan aplikasi dengan aplikasi lain. Nah, pada tutorial kali ini kita akan membuat API dengan menggunakan bahasa PHP. Jadi dalam hal ini kita akan mengintegrasikan Android dan PHP sebagai sisi server,

Sebelum memasuki tahap pembuatan API server dan aplikasi Android di android studio. Pertama, mari kita siapkan database dan tabel yang akan kita gunakan dalam tutorial ini.

Cara Membuat Crud Android Mysql Pada Aplikasi Eclipse

– phpMyAdmin SQL Dump — versi 4.5.2 — http://www.phpmyadmin.net — — Host: 127.0.0.1 — Waktu pembuatan: 05 Februari 2020 pukul 04:46 — Versi server: 5.5 .64-MariaDB-1ubuntu0.14.04.1 — Versi PHP: 5.6.23 SET SQL_MODE = “NO_AUTO_VALUE_ON_ZERO”; SET zona_waktu = “+00:00”; /*!40101 SET @OLD_CHARACTER_SET_CLIENT=@@CHARACTER_SET_CLIENT */; /*!40101 SET @OLD_CHARACTER_SET_RESULTS=@@CHARACTER_SET_RESULTS */; /*!40101 SET @OLD_COLLATION_CONNECTION=@@COLLATION_CONNECTION */; /*!40101 NAMA GUESS utf8mb4 */; — — Basis Data: `db_siswa` — — ———————————— – —— ——————- — — Struktur tabel `tb_siswa` — CREATE TABLE `tb_siswa` ( `noinduk` int(5 ) ) NONE, `name ` varchar(50) NONE, `address` varchar(100) NONE, `entertainment` varchar(50) NONE NONE ) ENGINE=InnoDB DEFAULT CHARSET=latin1; — — Dumping table data `tb_siswa` — INSERT INTO `tb_siswa` (`noinduk`, `name`, `address`, `entertainment`) ATURAN KUNCI (1, ‘Alfansyah’, ‘Jalan Merdeka’, ‘Play Sepak Bola’), (2, ‘Wawan Aja’, ‘Jalan Sejati’, ‘Memancing’); — — Indeks pada tabel yang dijatuhkan — — — Indeks pada tabel `tb_siswa` — ALTER TABLE `tb_siswa` ADD DIFFERENT ARRANGEMENT `noparent` (`noparent`); — — AUTO_INCREMENT untuk tabel yang dihapus — — — AUTO_INCREMENT untuk tabel `tb_siswa` — ALTER TABILE `tb_student` MODIFY `noinduk` int(5) NOT NULL-AUTO_INCREMENTS, AUTO_INCREMENT=5; /*!40101 SET CHARACTER_SET_CLIENT=@OLD_CHARACTER_SET_CLIENT */; /*!40101 ASSUME CHARACTER_SET_RESULTS=@OLD_CHARACTER_SET_RESULTS */; /*!40101 SET COLLATION_CONNECTION=@OLD_COLLATION_CONNECTION */;

Sebelumnya telah dijelaskan apa itu Restful API. Jadi, mari kita buat server API saja. Server API adalah direktori yang ditempatkan pada web server untuk meng-host endpoint/api yang akan kita eksekusi.

Di sini saya menyebut arsip saya api-kompikaleng. Kemudian buat 5 file php bernama (seperti pada gambar di atas) diantaranya:

Pada connection.php kita mendeklarasikan hostname, username, password, dan database. Perbaiki dengan konfigurasi phpmyadmin/mysql Anda, ya. Namun variabel database tetap diisi oleh db_siswa.

Crud Mysql App Inventor Kodular

Fungsi getData.php adalah untuk mengambil/memilih data dari tabel tb_siswa dan mengkodekannya sebagai json. Bagi yang sudah mencoba query SQL dasar, jangan bingung dengan pertanyaan di atas.

AddStudents.php

Sesuai dengan namanya, api menambahkan fungsi Siswa.php untuk menambahkan data siswa ke database. Data siswa yang diperoleh (nomor orang tua, nama, alamat, dan preferensi) berasal dari aplikasi android yang akan kita buat nanti.

Nah, sejauh ini lima API kami telah berhasil dibuat dan itu berarti server API kami sudah siap!. Artinya, kita bisa terus masuk ke level selanjutnya di android studio. Sekarang, buka studio android Anda.

Menambahkan Link Aplikasi Android

Buat Tata Letak Fungsional Inti Buat Tata Letak RecyclerView

​​​​ <TextView android:id="@+id/tv_noind" android:layout_width="wrap_cont ent" android:layout_height = "bungkus_konten"

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *