Artikel: Hallo Teman-Teman Semua, Ini Dia Soal Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Artikel: Hallo Teman-Teman Semua, Ini Dia Soal Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

  • Admin
  • Sep 19, 2023
Artikel: Hallo Teman-Teman Semua, Ini Dia Soal Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Hai Teman-Teman Semua, pada artikel kali ini admin akan membahas tentang siklus akuntansi perusahaan dagang. Sebelum masuk ke pembahasan inti, admin ingin mengajak Teman-Teman Semua untuk memahami terlebih dahulu apa itu perusahaan dagang. Perusahaan dagang adalah sebuah badan usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan barang. Perusahaan dagang menjual barang-barang yang diperoleh dari produsen atau distributor, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi untuk memperoleh keuntungan.

Apa Itu Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang?

Siklus akuntansi perusahaan dagang adalah proses pencatatan, pengolahan, dan pelaporan transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan dagang. Siklus akuntansi perusahaan dagang terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

1. Tahap Analisis Transaksi

Pada tahap ini, admin harus memahami dan menganalisis setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan dagang. Admin harus memastikan setiap transaksi sudah sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

2. Tahap Jurnal Umum

Setelah admin menganalisis setiap transaksi keuangan, admin akan mencatat transaksi tersebut ke dalam jurnal umum. Jurnal umum adalah buku besar akuntansi yang berisi daftar transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan dagang.

3. Tahap Jurnal Pembantu

Pada tahap ini, admin akan membuat jurnal pembantu untuk setiap jenis transaksi yang terjadi dalam perusahaan dagang. Jurnal pembantu digunakan untuk mempermudah proses pengolahan transaksi keuangan.

4. Tahap Buku Besar

Setelah admin mencatat setiap transaksi keuangan ke dalam jurnal umum dan jurnal pembantu, admin akan membuat buku besar. Buku besar adalah buku akuntansi yang mengelompokkan transaksi keuangan berdasarkan jenis akun.

5. Tahap Neraca Saldo

Pada tahap ini, admin akan membuat neraca saldo. Neraca saldo adalah laporan keuangan yang memperlihatkan saldo tiap-tiap akun pada buku besar.

6. Tahap Penyesuaian

Pada tahap ini, admin akan menyesuaikan transaksi yang belum tercatat dalam siklus akuntansi perusahaan dagang. Penyesuaian dilakukan untuk mengakomodasi transaksi yang terjadi antara periode pembuatan laporan keuangan dan periode transaksi keuangan.

7. Tahap Laporan Keuangan

Tahap ini merupakan tahap paling akhir dalam siklus akuntansi perusahaan dagang. Pada tahap ini, admin akan membuat laporan keuangan yang terdiri dari laporan laba rugi dan neraca. Laporan keuangan digunakan untuk menunjukkan kondisi keuangan perusahaan dagang pada periode tertentu.

Aplikasi Yang Biasa Digunakan Dalam Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

1. Zahir Accounting

Zahir Accounting adalah aplikasi akuntansi terbaik yang bisa Teman-Teman Semua gunakan dalam siklus akuntansi perusahaan dagang. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dilengkapi dengan fitur yang lengkap, seperti jurnal umum, buku besar, neraca saldo, penyesuaian, dan laporan keuangan.

2. Accurate Online

Accurate Online juga merupakan aplikasi akuntansi yang bisa Teman-Teman Semua gunakan dalam siklus akuntansi perusahaan dagang. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur yang lengkap, seperti jurnal umum, buku besar, neraca saldo, penyesuaian, dan laporan keuangan.

Langkah-langkah Dalam Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam siklus akuntansi perusahaan dagang:

  • Analisis transaksi
  • Jurnal umum
  • Jurnal pembantu
  • Buku besar
  • Neraca saldo
  • Penyesuaian
  • Laporan keuangan

Kesimpulan

Dalam siklus akuntansi perusahaan dagang, admin harus memahami setiap transaksi keuangan yang terjadi dalam perusahaan dagang. Siklus akuntansi perusahaan dagang terdiri dari beberapa tahap, yaitu analisis transaksi, jurnal umum, jurnal pembantu, buku besar, neraca saldo, penyesuaian, dan laporan keuangan. Teman-Teman Semua bisa menggunakan aplikasi akuntansi seperti Zahir Accounting atau Accurate Online untuk mempermudah proses pencatatan, pengolahan, dan pelaporan transaksi keuangan dalam perusahaan dagang.

Sampai Jumpa Kembali di Artikel Menarik Lainnya!

FAQ

1. Apakah siklus akuntansi perusahaan dagang sama dengan siklus akuntansi perusahaan jasa?

Tidak, siklus akuntansi perusahaan dagang berbeda dengan siklus akuntansi perusahaan jasa. Perusahaan jasa tidak menjual barang, sehingga siklus akuntansi perusahaan jasa tidak melibatkan proses pembelian dan penjualan barang.

2. Apakah penyesuaian harus dilakukan setiap periode akuntansi?

Ya, penyesuaian harus dilakukan setiap periode akuntansi untuk memastikan laporan keuangan yang dihasilkan akurat dan sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan.

3. Apa itu neraca saldo?

Neraca saldo adalah laporan keuangan yang memperlihatkan saldo tiap-tiap akun pada buku besar. Neraca saldo digunakan untuk memperjelas saldo akun-akun pada buku besar.

4. Apa saja aplikasi akuntansi yang bisa digunakan dalam siklus akuntansi perusahaan dagang?

Beberapa aplikasi akuntansi yang bisa digunakan dalam siklus akuntansi perusahaan dagang antara lain Zahir Accounting, Accurate Online, dan MYOB Accounting.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *