Breaking News

5 Penyebab Wiper Mobil Mati Yang Harus Dipahami

Elemen yang cukup penting pada sebuah mobil salah satunya adalah wiper. Adanya wiper sangat membantu pengemudi agar penglihatan tetap jelas ketika dalam keadaan hujan deras. Namun perlu diketahui penyebab wiper mobil mati agar bisa menangani dan mengantisipasi karena berkaitan dengan keselamatan penumpang.

Adanya wiper sering diabaikan oleh pemilik mobil. Padahal wiper berfungsi membersihkan air hujan maupun kotoran dan debu yang mengenai kaca mobil baik di sisi luar maupun sisi dalam. Akan sangat mengganggu sekali jika wiper tiba-tiba tidak berfungsi padahal sangat dibutuhkan. Berikut hal-hal yang umum terjadi sebagai penyebab matinya wiper mobil:

1. Karet Wiper Aus Atau Mengeras

Penyebab wiper mobil mati yang pertama adalah aus atau mengerasnya karet wiper. Biasanya terjadi saat musim kemarau karena pemilik mobil menjemur langsung dibawah sinar matahari. Hal ini akan membuat kaca panas dan karet mengeras. Kerasnya karet juga dapat dikarenakan jamur yang mengeras. Segera bersihkan jika warna wiper sedikit usang dan mengkilap.

Jika karet sudah sangat keras maka harus segera diganti dengan karet yang elastis. Hal ini dikarenakan kerasnya karet membuat sapuan air di atas kaca tidak merata dan bisa menggores kaca mobil. Jadi lebih baik segera ganti karet wiper sebelum macet dan terjadi gores pada kaca yang biaya penanganannya lebih mahal.

2. Pendorong Wiper Kotor

Kotornya mekanisme pendorong wiper bisa membuat lambatnya gerakan wiper bahkan bisa macet. Kotoran ini mempengaruhi arus listrik dan membuat engkol wiper terhalang. Jadi harus dibersihkan agar wiper tidak macet.

Selain kotor, karatan pada komponen wiper juga membuat wiper lambat alhasil sapuannya tidak maksimal. Bersihkan dengan cairan anti karat sebagai solusinya, karena jika sudah parah maka harus dilas atau diganti.

3. Motor Listrik Aus Atau Sekring Bermasalah

Penyebab wiper mobil mati selanjutnya adalah ausnya motor listrik yang menyebabkan wiper tidak mau bergerak. Jika sudah begitu maka tidak ada cara lain selain menukarnya. Selain itu sekring bermasalah juga menjadi penyebab wiper mati. Putusnya sekring disebabkan karena arus listrik berlebihan. Jadi, selalu perhatikan jaringan dan rangkaian antar kabel yang berhubungan dengan sekring.

4. Dinamo/Motor Wiper Rusak

Permasalahan yang sering terjadi pada dinamo wiper adalah terjadinya kumparan yang terbakar. Jika dinamo sudah rusak maka tidak ada solusi lain kecuali ditukar. Hal ini dikarenakan dinamo yang rusak jelas merusak wiper secara keseluruhan. Kerusakan ini disebabkan jalinan singkat arus listrik pada mobil.

5. Lubang Kepala Washer Mampet

Penyebab wiper mobil mati yang terakhir adalah mampetnya lubang kepala washer. Hal ini membuat semprotan air dari lubang kepala washer di kap mobil menjadi tidak tepat, kecil, dan kurang kuat. Cara yang bisa dilakukan adalah membersihkan bagian tersebut.

Langkah pembersihannya cukup mudah, hanya tinggal melepaskan tabung lalu masukkan kerikil campur pasir. Setelah itu, kocok sampai kotoran pada dinding tabung lepas dan bersih. Jika sudah dirasa maksimal, basuh tabung dengan air hingga bersih. Lakukan pembersihan secara rutin agar tabung wiper tetap bersih dan awet.

Perlunya memahami penyebab wiper mobil mati berkaitan dengan keselamatan penumpang mobil. Walaupun dianggap sepele, wiper menjadi komponen penting untuk selalu dicek secara rutin terutama jika ingin bepergian. Penglihatan yang kurang optimal akibat wiper mati dapat menyebabkan kecelakaan yang lumayan fatal. Jika terjadi kerusakan kronis segera lakukan perbaikan atau ganti dengan yang baru karena biaya yang dikeluarkan semakin mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.