Breaking News

Membuat Web Dengan Python Flask

Membuat Web Dengan Python Flask – Microframework ini disebut FLASK, sebuah framework python yang mudah dipelajari dan banyak digunakan oleh programmer aplikasi web. Tidak seperti Django pendahulunya, Flask menawarkan banyak kesenangan, terutama kemudahan menjalankan berbagai modul Prython dalam proses microframework. Kami tidak akan mengatakan terlalu banyak, jadi mari langsung saja, mari buat front end aplikasi web python menggunakan Flask di PC Anda yang telah menginstal python dengan virtualenv.

Perhatikan bahwa dalam file pelatihan yang kita buat ada dua file yang diperlukan untuk menggunakan flask, yaitu:

Membuat Web Dengan Python Flask

Folder dengan nama tetap adalah file css, js, file gambar atau file lain selain folder file html, sedangkan folder templates adalah folder yang berisi file html. Jadi rumahnya seperti ini:

Pdf) Model Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis User Centered Design Menerapkan Framework Flask Python

Simpan file dengan nama contoh: practice.py di folder inspiration, buat file html dan letakkan di folder templates. contoh dokumen html

Simpan file sebagai index.html (ingat ada di folder templates), Anda telah membuat proses aplikasi flask untuk menjalankan file index.html. Untuk menjalankan skrip Python exercicio.py, Anda harus berada di virtualenv dan di folder exercicio dan ketik:

* Aplikasi Flask dioptimalkan (lazy loading) * Lingkungan: berfungsi PERINGATAN: Ini adalah lingkungan pengembangan. Jangan gunakan di pesawat kerja. Gunakan server WSGI yang berfungsi. * Mode debug: diaktifkan * Berjalan di http://127.0.0.1:2023/ (Tekan CTRL+C untuk keluar) * Mulai ulang dengan stat * Debugger aktif! * PIN Debugger: 127-281-031 Sekarang kita akan mencoba mempelajari tentang API dan REST API serta fitur-fitur penggunaan bahasa pemrograman python dengan Flask.

Menurut Wikipedia API (Application Programming Interface) adalah antarmuka pemrograman yang menerjemahkan komunikasi antara klien dan server untuk memfasilitasi implementasi dan pemeliharaan program. Dapat diartikan sebagai sekumpulan perintah, fungsi dan protokol yang dapat digunakan oleh programmer untuk membangun perangkat lunak untuk sistem operasi tertentu. [https://en.wikipedia.org/wiki/Interface_programming_application]

Building Your First Restful Api With Python Flask

REST (REpresentational State Transfer) adalah gaya pemrograman yang mendefinisikan aturan untuk membuat layanan web [https://en.wikipedia.org/wiki/Representational_state_transfer]

REST ini berupa data objek JSON. Ini memudahkan pelanggan untuk menyortir data dan lebih mudah.

Selain metode di atas, ada metode lain (PATCH, OPSI, dll.). untuk detailnya, Anda dapat melihat [https://developer.mozilla.org/en-US/docs/Web/HTTP/Methods].

Kami akan mencoba menyederhanakan bahasa tentang REST API, sehingga API berfungsi sebagai perantara komunikasi dengan server, sehingga data tidak diproses langsung di server tetapi melalui API ini, sedangkan aturan/perintah REST diperbolehkan oleh klien melalui protokol http.

Mengonfigurasi Dan Menjalankan Aplikasi Python Secara Lokal Dengan Postgresql

Kami juga akan menjelaskan dengan analogi, API bisa diibaratkan sebagai pelayan di kafe, REST adalah menu di kafe. Jadi, ketika pelanggan (customer) melakukan permintaan wiaters (Metode HTTP) berdasarkan menu yang telah dipilih sebelumnya, daftar tunggu akan diketahui sebagai follow atau permintaan dan setelah itu akan dikirim untuk membuat pesanan ke dapur (Order). dan akan dikembalikan. kepada pelanggan baru (sebagai tanggapan).

Sebelum mencoba membuat layanan API ini, harap pastikan bahwa perangkat lunak yang kompatibel telah diinstal di komputer Anda. Program yang akan kita gunakan dalam tutorial ini:

Pertama mari kita coba membuat file dengan nama app.py lalu tulis perintahnya lalu jalankan perintah “python app.py” di dalam kotak:

Jika Anda mendapatkan error di bagian ini, Anda mungkin belum menginstal flask di modul python Anda. jalankan perintah di bawah ini.

Mengenal Api Dan Rest Api Serta Contoh Dalam Program Flask

Pada langkah pertama ini, kami menggunakan metode GET untuk menampilkan data API. Setelah itu, kami akan mencoba mengubahnya menjadi format JSON.

Pada bagian ini, kita mencoba membuat daftar dummy data dengan nama data. Jadi setelah berjalan seperti ini.

Saat mengembalikan make_response(jsonify(), 200) ia mengembalikan data/response dalam format json dengan kode status 200 (yang berarti data berhasil. Kita dapat menutup bersama dengan kode status lain seperti 400, 500 , 404 dll [lihat detail], ini adalah kode yang dapat dipahami oleh sistem dalam protokol http.

Rute adalah solusi yang kami hubungi melalui layanan pelanggan. ketika kami melihat kode pertama, kami menulisnya seperti ini.

Membangun Dan Menyebarkan Aplikasi Web Python

Artinya kita memanggil direktori dasar atau alamat situs web pada basis domain dan kita hanya menerima metode GET, jadi jika dalam hal ini ada cara lain selain GET maka akan ditolak. Contohnya adalah:

Kode di atas menunjukkan bahwa jika ada permintaan yang bertipe GET maka akan ditampilkan datanya. sehingga ketika kita menjalankan program diatas kita mendapatkan hasil yang berbeda untuk setiap jenisnya. Jika kita memasukkan metode selain yang dijelaskan pada kode di atas, misalnya kita mencoba metode PATCH, maka akan membuat laporan seperti ini. Karakter tidak diperbolehkan.

Pertama buat database, tabel dan isi dengan beberapa laporan. Pada contoh ini saya membuat database bernama employee dengan nama table data_employee. Lihatlah foto di bawah ini

Setelah membuat database berikut, kita akan membuat file baru bernama database.py sebagai konfigurasi database dan model.py sebagai kelas untuk memanggil fungsi-fungsi yang diperlukan terkait dengan database yang kita makan.

Belajar Otodidak Flask + Cd (framework Python Untuk Pengembangan Aplikasi Web)

Setelah itu, Anda melanjutkan proses ini. Kami melakukan 2 operasi untuk GET data dan mengeksekusi data (UPDATE, DELETE atau INSERT)

Jadi dalam sintaks ini artinya jika ada permintaan GET jalankan perintah untuk menampilkan semua data karyawan tetapi jika ada parameter get id (misal /employee?id=1) tampilkan data untuk id tersebut.

Pada sintaks di atas, jika metode POST menerima permintaan data berupa JSON, maka simpan ke database dan tampilkan pesan jika berhasil dengan kata “data tambah berhasil” pada tipe json.

Elifrequest.method==’PUT’: query=”UPDATEdata_karyawanSETid=%s” datainput=request.json id_=datainput[‘id’] values+=(id_, ) if’name’indatainput: name=datainput[‘name’] nilai+=(nama, ) query+=”, nama=%s” if’job’indatainput: job=datainput[‘job’] values+=(job, ) query+=”, job=%s” if’age’indatainput: umur = hitung[‘tahun’] nilai+=(tahun, ) kueri+=”, usia=%s” kueri+=”di mana=%s” nilai+=(id_, ) dt.insert_data(kueri, nilai) data= ‘pesan ‘ : ‘Transfer data berhasil’

Ilmuendah: Install Framework Flask Python Di Visual Studio Code

Sintaks di atas menunjukkan jika permintaan adalah PUT, lalu menerima permintaan dalam format JSON, dan memeriksa apakah ada bidang yang telah diubah atau diperbarui. Jadi objek json untuk “nama”, “pekerjaan” dan “tahun” adalah opsional sedangkan untuk “id” adalah opsional. Setelah berhasil, akan muncul pesan “transfer data berhasil” dalam format JSON.

Juga, lakukan penghapusan data menggunakan id dari argumen params sebagai pointer ke id karyawan yang akan dihapus. Setelah menghapus data, tampilkan pesan “data dihapus” juga dalam format JSON.

Dari sini terlihat id = 4 dengan nama Andika, seorang karyawan HR berusia 29 tahun.

Sekarang kita dapat melihat bahwa proses penghapusan berhasil. Tidak ada data karyawan dengan id = 3.

Jual Buku Belajar Otodidak Flask Framework Python Untuk Pengembangan Aplikasi Web

Dari sini kita bisa melihat sedikit lebih jauh tentang konsep REST API dengan demonstrasi diatas bahwa ini tidak sama dengan komunikasi antara server dan client melalui http. Tentu saja, proyek ini tidak terlalu bagus, karena Anda perlu menambahkan otentikasi seperti JWT atau yang lainnya, perlindungan latar belakang atau ancaman lain, SQL Injection dan banyak lagi yang Anda tambahkan. Tetapi bagaimana jika Anda mengatakan Anda dapat berkomunikasi antara klien dan server dengan fitur seperti itu? Jawabannya iya. Yang harus Anda lakukan adalah menginstalnya di server Anda, lokal dan publik.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang REST API atau bahasa pemrograman lainnya? Ayo ikuti kelas koding! Lihat berbagai kelas di sini dan pilih kelas favorit Anda!

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online. Latihan yang terbukti, dengan latihan!

Situs web menggunakan cookie di browser Anda untuk data dan untuk menyimpan pendaftaran Anda. Dengan mengakses situs web ini, Anda menyetujui Kebijakan Privasi dan Syarat dan Ketentuan. Dalam pengenalan 5-10 menit ke Visual Studio sebagai IDE Python ini, Anda akan membuat aplikasi web Python sederhana berdasarkan kerangka kerja Flask. Anda mengerjakan proyek melalui langkah-langkah berbeda untuk membantu Anda mempelajari fitur-fitur Visual Studio.

Tutorial Programming Backend Di Python Flask

Jika Visual Studio belum diinstal, buka halaman unduh Visual Studio untuk menginstalnya secara gratis. Di penginstal, pilih opsi Pengembang Python.

Jika Visual Studio belum diinstal, buka halaman unduh Visual Studio untuk menginstalnya secara gratis. Di alat penginstal Visual Studio, pilih Pengembangan Python, dan di detail penginstalan pilih Dukungan Web Python.

Proyek baru terbuka di Solution Explorer di sebelah kanan. Proyek saat ini kosong karena tidak ada file lain.

Jawaban: Aplikasi Python distandarisasi hanya menggunakan file dan file, tetapi kesederhanaan ini dapat menjadi beban seiring dengan berkembangnya aplikasi. Aplikasi dapat menyertakan file yang dihasilkan, JavaScript untuk aplikasi web, dan banyak lagi. Proyek Visual Studio membantu mengelola kompleksitas ini.

How To Learn Python, Odoo, Flask, Django, Docker Windows In 3 Days

Dapatkan informasi build untuk setiap file, simpan informasi untuk integrasi dengan sistem kontrol sumber, dan bantu atur aplikasi Anda ke dalam komponen yang tepat.

Jawaban: Solusi Visual Studio adalah wadah yang membantu Anda mengelola satu atau beberapa proyek terkait sebagai grup. Solusi ini menyimpan pengaturan konfigurasi yang tidak spesifik untuk proyek. Program dalam solusi dapat merujuk satu sama lain. Misalnya, menjalankan program aplikasi Python dapat dengan mudah membuat program kedua, seperti ekstensi C++ yang digunakan aplikasi Python.

Aplikasi web Python hampir selalu menggunakan salah satu pustaka Python yang tersedia untuk menangani detail tingkat rendah seperti mengelola aplikasi web dan menghasilkan respons. Visual Studio menyediakan banyak template untuk aplikasi web. Anda menggunakan salah satu fitur ini setelah QuickStart ini.

Alih-alih memasang pustaka di lingkungan virtual, pengembang sering membuat “lingkungan virtual” untuk memasang pustaka untuk proyek tertentu. Template Visual Studio sering menyediakan opsi ini, seperti yang dibahas di Quickstart –

How To Add Authentication To Your App With Flask Login