Breaking News

5 Cara Mengatasi Oli Rembes Tanpa Bongkar Mesin Motor

Oli berguna sebagai pelumas mesin supaya tidak terjadi gesekan kinerja langsung pada mesin dan berfungsi sebagai pendingin mesin. Kebocoran oli jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan serius pada mesin motor karena mengganggu mekanisme kerja motor guna peningkatan usia komponen. Berikut akan dijelaskan 5 cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin motor:

1. Kencangkan Semua Baut Yang Longgar Atau Ganti Baru

Langkah termudah dalam cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin motor dengan mengencangkan baut yang longgar atau ganti baut baru. Kondisi baut longgar seringkali terjadi pada motor yang menyebabkan aliran oli menjadi kendor. Maka perlu dilakukan pengecekan secara rutin kondisi baut di motor guna meminimalisir kebocoran oli.

Apabila kondisi baut pada motor longgar, pengguna cukup mengencangkan baut yang longgar tersebut. Pastikan baut sudah dipasang secara tepat dan tidak miring. Pemasangan baut yang miring akan berakibat pada kerusakan baut atau bahkan pada ulir karter. Selain itu, segera ganti baut baru jika kondisi baut di motor sudah dol.

2. Segera Ganti Paking Yang Sudah Rusak Atau Segel Aus

Pada sepeda motor terdapat berbagai macam komponen serta poros. Salah satu penyebab oli pada motor rembes adalah paking motor rusak atau segel aus. Kondisi paking yang rusak atau Segel aus akan menyebabkan oli bisa mengalir dari sela-sela. Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin motor ganti paking dan Segel.

Penggantian paking dan segel baru pada motor tidak membutuhkan biaya yang besar. Gunakan paking serta segel yang orisinil buatan pabrikan motor, agar lebih tahan lama dan kinerjanya optimal. Namun, untuk mengganti paking dan segel memakan waktu yang lumayan lama.

3. Pakai Sealant Oli Mesin

Apabila kebocoran yang terjadi pada motor tidak parah atau titik tertentu saja, maka cara mengatasinya dengan menggunakan sealant oli mesin. Sealant oli merupakan cairan yang dapat digunakan untuk menutup kebocoran mesin dari dalam. Cara ini dinilai cukup efektif dalam menangani oli motor yang rembes.

Cara menggunakan sealant oli pada motor yaitu dengan mencampurkan sealant dengan oli mesin. Penggunaan cairan sealant tidak mengganggu kinerja bagian lainnya pada motor karena tidak menyumbat bagian lain. Sealant juga berfungsi untuk penutup serta kondisioner Segel dan paking guna mengembalikan ke bentuk semula.

4. Gunakan Seal Tape

Kondisi persneling yang tidak pas dan Seal persneling yang mengalami kerusakan merupakan salah satu penyebab oli merembes. Cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin akibat persneling rusak atau tidak pas dengan menggunakan seal tape. Pengendara motor dapat memperbaiki motornya tanpa perlu membongkar mesin.

Cara memperbaiki seal persneling dengan mengganti seal yang sudah rusak dengan baru. Congkel seal persneling yang rusak, lalu pasang seal persneling yang masih baru. Selanjutnya, tambahkan oli guna menjaga kapasitas oli yang sebelumnya sudah ditentukan. Akhirnya, oli motor sudah tidak rembes lagi.

5. Ganti Oli Yang Berkualitas

Penyebab lain oli rembes yang sering pengendara motor tidak sadari adalah oli motor yang digunakan kurang berkualitas. Hal ini tidak dapat dilepaskan dari keawetan mesin motor. Maka dari itu, cara mengatasi masalah tersebut dengan mengganti oli yang memiliki kualitas lebih bagus.

Penggunaan oli yang berkualitas rendah dapat membuat mesin motor lebih cepat panas dan membuat penguapan oli yang berlebihan. Gunakan oli motor pabrikan yang asli, meskipun harganya sedikit lebih mahal dari oli biasa. Oli yang berkualitas bagus dapat mencegah kerusakan bagian mesin motor.

Demikian penjelasan tentang 5 cara mengatasi oli rembes tanpa bongkar mesin motor. Selalu lakukan pengecekan secara rutin baik secara mandiri maupun di tempat servis agar terhindar dari oli merembes. Jangan abaikan kondisi oli motor rembes karena dapat merusak mesin motor.