Breaking News

5 Langkah Cara Mengkilapkan Mesin Motor dengan Autosol

Cara mengkilapkan mesin motor dengan autosol bukan perkara yang sulit untuk dilakukan. Kegunaan autosol tidak hanya diperuntukkan bagi mesin motor saja namun bisa untuk berbagai macam perabotan lain. Seperti halnya perabotan yang menggunakan bahan dari metal.

Seperti yang diketahui bersama bahwa bahan metal atau besi pada motor mudah mengalami korosi karena usia. Maka dari itu warnanya bisa pudar dalam waktu cepat bahkan terdapat karat memakan komponen besi. Inilah cara ampuh untuk mengkilapkan mesin motor dengan autosol.

1.Menghilangkan Lapisan Cat Blok Mesin

Sebelum mengoleskan autosol, lakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian blok mesin motor. Apabila blok mesin masih tertutup dengan lapisan cat maka harus dihilangkan. Cara melakukannya bisa menggunakan soda api ataupun paint remover guna menghilangkan cat pada mesin motor.

Jika lapisan catnya sudah hilang semua, silahkan untuk mengamplas menggunakan amplas halus nomor 1000. Tidak hanya berfungsi menghaluskan, amplas ini juga bisa membantu untuk memudahkan ketika akan mengkilapkan mesin motor. Lakukan pengamplasan secara perlahan saja sampai permukaan halus.

2. Mengoleskan Autosol

Pada langkah berikutnya setelah menghilangkan lapisan cat pada blok mesin yang mengoleskan dengan autosol. Cara mengkilapkan mesin motor dengan autosol tidak terlalu rumit. Perhatikan bagian motor yang menggunakan bahan metal untuk dioleskan autosol. Tidak hanya mesin, autosol juga bisa digunakan pada area velg.

Jika sudah menentukan bagian yang akan diolesi autosol. Maka langsung saja oleskan autosol tersebut di bagian mesin motor yang mengalami korosi. Usahakan melakukannya secara tipis-tipis terlebih dahulu sehingga bisa lebih rapi. Apabila kurang tambahkan autosol sampai tertutup secara sempurna.

3. Menggosok dengan Kain Lap

Langkah selanjutnya untuk mengkilapkan mesin motor yang korosi dengan menggunakan kain lap bersih. Ambilah satu lembar kain lap tersebut yang dijadikan sebagai alat untuk menggosok autosol pada mesin motor. Gosok area yang telah diolesi menggunakan autosol tadi secara perlahan saja.

Lakukan pengelapan sampai kain lap berwarna hitam dan area yang diolesi autosol berubah lebih mengkilap. Perhatikan cara menggosok dilakukan secara menyeluruh sehingga hasilnya merata sempurna. Dengan demikian area mesin motor yang semula korosi bisa tertutup dan terlihat sangat mengkilap dibandingkan sebelumnya.

4. Mengulangi Langkah 2 dan 3 sebagai Cara Mengkilapkan Mesin Motor dengan Autosol

Dalam memastikan bahwa proses mengkilapkan mesin motor menggunakan autosol bisa mendapatkan hasil lebih baik. Maka bisa melakukan pengulangan pada langkah 2 dan 3. Cara melakukannya yakni dengan mengoleskan kembali autosol pada bagian mesin yang sudah mengalami korosi.

Setelah mengolesi mesin motor dengan autosol, kemudian gosok lagi menggunakan kain lap baru atau bagian lap yang belum hitam. Pada tahapan ini menjadi langkah lanjutan jika area yang telah digosok belum mengkilap dengan sempurna. Maka dari itu perlu mengulanginya kembali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Finishing

Jika semua langkah di atas sudah selesai mulai dari poin 1 sampai 4 dan hasil pengolesan autosol sudah mengkilap. Maka setelah itu melakukan penggosokan ulang menggunakan kain lap yang kondisinya masih bersih. Gosok terus sampai bersih dan kilapnya mesin motor yang diperoleh tampak lebih bersih dan kinclong.

Akan tetapi jika masih kurang bisa mengolesinya lagi seperti yang dilakukan pada langkah 2 dan 3. Saat semuanya sudah berhasil maka mesin motor akan tampak mengkilap. Komponen mesin motor sudah tidak lagi mengalami karat. Jika kembali korosi bisa melakukan kembali langkah mudah di atas.

Demikianlah beberapa langkah cara mengkilapkan mesin motor dengan autosol. Mesin yang telah mengalami karatan karena dimakan usia bisa dikilapkan dengan mudah. Dengan autosol maka mesin motor bisa kembali kilap seperti semula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.