Breaking News

Begini Cara Menyembuhkan Gatal-Gatal di Seluruh Tubuh Serta Penyebabnya

Rasa gatal pada tubuh memang kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara menyembuhkan gatal gatal di seluruh tubuh bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu penyebab mengapa sekujur tubuh bisa mengalami gatal-gatal. Terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk menghentikan rasa gatal.

Pada umumnya, gatal disebabkan oleh virus ataupun gigitan serangga yang menyerang area kulit. Beberapa kasus bahkan membuat rasa gatal semakin menyebar pada permukaan kulit. Tentu jika ini dibiarkan akan membuat parah keadaan. Berikut merupakan penyebab terjadinya gatal di seluruh tubuh beserta cara mengatasinya:

Kenali Penyebabnya

Pada umumnya, penyebab gatal pada tubuh sering terjadi ketika kulit sedang dalam keadaan kering. Berbagai faktor seperti penyakit kulit, alergi, gangguan saraf, gigitan serangga, bahkan kehamilan juga bisa menjadi penyebabnya.

Beberapa penyebab terjadinya gatal pada tubuh bisa disembuhkan melalui cara alami atau bahkan menggunakan resep obat dari dokter. Tentu pada beberapa keadaan, seseorang harus mengkonsultasikan penyakit gatal pada dokter. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan diagnosis dalam penggunaan obat.

Begini Cara Mengatasi Rasa Gatal Pada Tubuh

Telah dijelaskan bahwa di atas bahwa cara menyembuhkan gatal gatal di seluruh tubuh bisa disembuhkan melalui resep dokter maupun cara alami. Tentu tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menyembuhkannya tanpa resep dokter. Berikut merupakan rincian cara mengatasi rasa gatal:

  • Toko Obat Salep Semua Jenis Gatal: Shopee

1. Kompres Air Dingin

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan rasa gatal pada tubuh yaitu dengan mengompres kulit dengan air dingin. Untuk melakukan cara ini, cukup sediakan baskom yang telah diisi air es atau es batu. Kemudian masukkan kain yang akan digunakan untuk mengompres. Kompres kulit hingga 10 menit lamanya untuk meredakan peradangan yang terjadi.

2. Jaga Kelembapan Kulit

Kulit kering bisa menjadi salah satu faktor penyebab gatal pada seluruh tubuh. Untuk itu, jaga kelembapan kulit supaya tidak terjadi rasa gatal. Pastikan untuk selalu menggunakan krim maupun lotion setelah mandi agar kulit selalu lembap. Gunakan juga krim tersebut ketika akan tidur pada malam hari.

3. Jangan Digaruk

Langkah ketiga yang harus dilakukan yaitu berhenti untuk menggaruk kulit yang gatal. Melakukan hal ini justru membuat kulit semakin iritasi. Selain itu, menggaruk juga akan menyebabkan area kuman semakin menyebar dan membuat rasa gatal pun semakin parah.

4. Batasi Waktu Mandi

Durasi waktu mandi yang cukup lama juga akan menjadi salah satu penyebab mengapa gatal bisa terjadi di seluruh tubuh. Untuk mengatasi hal tersebut, batasi waktu mandi maksimal 20 menit. Selain itu, perhatikan suhu air yang akan digunakan untuk mandi. Sebaiknya gunakan air yang memiliki suhu ruang. Apabila sedang mengalami gatal, gunakan sabun yang bisa melembutkan kulit.

5. Gunakan Obat

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ketika gatal menyerang sekujur tubuh yaitu dengan menggunakan obat. Pada umumnya, obat untuk penyakit gatal terbagi dalam dua jenis. Mulai dari obat berjenis telan dan salep. Penggunaan kedua jenis obat ini bisa dipakai jika penyebab gatal diketahui secara jelas, misalnya seperti gigitan serangga, alergi atau bahkan terkena tanaman.

6. Oleskan Minyak Menthol

Penggunaan minyak menthol sering dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengurangi rasa gatal pada sekujur tubuh. Selain mudah ditemukan, minyak menthol  juga bisa digunakan pada beberapa kasus ringan. Cukup oleskan minyak menthol secara tipis pada bagian tubuh.

Cara menyembuhkan gatal gatal di seluruh tubuh memang bisa dilakukan tanpa menggunakan resep dokter. Namun pada kasus kehamilan atau kasus serius lainnya, penting sekali untuk melakukan konsultasi terhadap dokter. Tentu tujuannya agar obat yang diberikan sesuai dengan penyebabnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.