Breaking News

5 Manfaat Okra Untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Manfaat Okra Untuk Kesehatan – Ketika berbelanja di supermarket, mungkin pernah melihat buah yang berwarna hijau dengan bentuk memanjang seperti cabai dan oyong. Jika masih belum tahu, benda tersebut bernama okra. Sering kali dibuat hidangan karena memang banyak sekali manfaat okra untuk kesehatan. Sebagai sumber makanan nabati, okra mempunyai kandungan antioksidan tinggi.

Meskipun kerap dibuat masakan, sebenarnya okra bukanlah sayur. Tapi berupa polong-polongan yang merupakan buah dari tumbuhan Abelmoschus esculentus. Dalam 100 gram okra mentah, terdapat deretan nutrisi dan 33 jumlah kalori. Termasuk karbohidrat, serat, hingga vitamin A dan C. Beberapa manfaat okra yaitu:

1. Menurunkan Gula Darah

Penderita diabetes sangat disarankan melakukan pengobatan dengan buah okra, di samping rutin melakukan suntikan insulin. Jika dikonsumsi secara rutin, okra mampu menurunkan tingkat penyerapan gula darah yang terdapat dalam usus. Manfaat tersebut telah melalui riset para pakar. Selain itu, okra juga menaikkan sensitivitas dari hormon insulin.

Mengonsumsi okra setiap hari bagi orang yang mengidap diabetes akan memberikan dampak bagus. Indeks glikemiknya rendah sebab kaya akan serat. Gula darah tidak akan melonjak dan terkontrol dengan baik. Sedangkan untuk orang yang sehat, okra dipercaya mampu mengurangi risiko terkena diabetes dengan mencegah resistensi insulin.

2. Melancarkan Pencernaan

Bagi yang sedang dalam masa diet, okra bisa dijadikan salah satu opsi untuk menurunkan berat badan. Karena memang di dalamnya banyak terkandung serat jenis tidak larut. Manfaatnya yaitu membuat berat feses bertambah dan meringankan perjalanannya ketika melewati usus. Jika usus rutin dibersihkan, akan terhindar dari diare maupun sembelit.

Perlindungan okra terhadap sistem pencernaan sebagai manfaat yang diberikan oleh kandungan antibakteri dan anti radang di dalamnya. Bahkan lendirnya mengandung polisakarida yang dapat membuat luruh bakteri H. Pylori, sehingga terhindar dari sakit maag. Vitamin A juga membuat pencernaan bekerja baik.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat okra untuk kesehatan ketiga yaitu melindungi diri dari berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan jantung. Khasiat tersebut bisa diperoleh karena terdapat beragam kandungan yang terbukti mengurangi kadar kolesterol jahat juga mengontrol tekanan darah. Beberapa di antara kandungannya adalah antioksidan, serat, mineral, dan vitamin.

Okra juga bermanfaat untuk mencegah pembekuan yang terjadi pada darah dan mengurangi peradangan. Jika dikonsumsi oleh orang yang sudah mempunyai penyakit jantung, okra bisa menghambat perkembangannya. Ini dikarenakan khasiat yang diberikan oleh serat di dalamnya.

4. Meredakan Asma

Jika memiliki penyakit asma, cobalah makan buah okra untuk meredakannya. Adanya antioksidan dalam okra akan mencegah terjadinya kerusakan jaringan yang disebabkan oleh asma. Ini pun sudah diteliti dan dimuat dalam sebuah jurnal Thorax.

Selain itu, kandungan vitamin C juga dipercaya sangat bagus bagi penderita asma. Apabila rutin mengonsumsi okra, munculnya gejala napas mengi bisa dikurangi. Okra akan membantu suplai vitamin C bagi tubuh terpenuhi. Karena jika kekurangan, maka membuat tubuh terutama paru-paru rentan mengalami peradangan kronis.

5. Meningkatkan Daya Tahan

Belum berakhirnya pandemi Covid 19, imun harus ditingkatkan dengan mengonsumsi buah. Manfaat tersebut diperoleh karena terdapat zat antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi dalam okra. Vitamin C akan merangsang pemroduksian sel darah putih, sedangkan antioksidan berperan menghancurkan radikal bebas.

Itulah manfaat okra untuk kesehatan yang harus diketahui. Saat menemukannya di supermarket, tidak ada salahnya untuk membeli dan membuatnya sebagai hidangan. Okra memang memiliki khasiat besar bagi penderita diabetes. Bahkan disamping itu juga berguna untuk pencegahan penyakit-penyakit lainnya, seperti jantung dan asma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.