Breaking News

Inilah Penyebab dan Cara Menyembuhkan Penyakit Gondok Dengan Cepatment

Pada umumnya penyakit gondok bisa menyerang siapa saja. Banyak kasus di mana seseorang tidak mengalami gejala apapun selain munculnya benjolan di bagian leher. Lalu apa sebenarnya penyebab dan bagaimana cara menyembuhkan penyakit gondok dengan cepat secara alami? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Penyakit Gondok

Seperti yang diketahui, penyakit ini muncul karena kurangnya asupan yodium dalam tubuh. Yodium sendiri sangat penting bagi produksi hormon tiroid. Namun, penyakit ini juga bisa dipicu karena adanya penyakit graves. Kondisi di mana antibodi yang dihasilkan justru menyerang kelenjar tiroid, sehingga menyebabkan tiroid membengkak.

Selain itu, juga bisa disebabkan banyak faktor lainnya seperti kanker tiroid, kehamilan, maupun peradangan. Penyakit hashimoto, gondok multinodular, dan nodul tiroid tunggal juga menjadi pemicu timbulnya penyakit gondok.

Cara Mengatasi Penyakit Gondok

Untuk bisa sembuh dari penyakit ini, tentu terdapat pengobatan yang harus ditempuh. Ada beberapa cara menyembuhkan gondok dengan cepat dan secara alami, antara lain :

1. Mengonsumsi Makanan Yang Mengandung Yodium

Penyakit gondok sering disebabkan karena yodium yang kurang dalam tubuh. Dengan begitu, cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah mengonsumsi makanan dengan banyak yodium. Beberapa makanan yang mengandung yodium diantaranya garam, ikan, dan berbagai macam sayuran.

Konsumsi makanan dengan kandungan yodium sangat disarankan, namun tetap harus memperhatikan kadarnya. Jangan sampai berlebihan, karena justru akan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

2. Mengonsumsi Bawang Putih Secara Rutin

Cara menyembuhkan penyakit gondok dengan cepat selanjutnya adalah rutin mengonsumsi bawang putih. Bumbu masak ini mengandung beberapa senyawa yang penting untuk tubuh seperti vitamin B6, selenium, vitamin C, lain lain sebagainya. Bawang putih juga mengandung antibakteri yang bagus untuk penderita gondok.

3. Mengonsumsi Buah Sirsak

Buah ini mengandung manfaat untuk kesehatan terutama mengatasi penyakit gondok. Dengan berbagai macam kandungan vitamin dan nutrisi lainnya dalam buah ini, dipercaya dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit gondok. Konsumsi rutin buah sirsak juga dapat menghilangkan rasa sakit dan radikal bebas karena berperan sebagai antioksidan.

4. Mengompres Dengan Air Es

Kompres menggunakan es juga menjadi salah satu cara menyembuhkan gondok dengan cepat. rendam handuk pada wadah atau baskom yang terdapat air dan es batu di dalamnya. Kemudian peras dan kompreskan pada bagian yang sakit dan bengkak. Cara ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi pembengkakan pada area leher akibat penyakit gondok.

5. Mengonsumsi Ramuan Kulit Buah Manggis

Ramuan ini memiliki sifat antioksidan tinggi yang bagus untuk kesehatan karena terdapat senyawa xanthone. Antioksidan dalam kadar yang sangat tinggi tersebut terbilang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Fungsi utamanya yaitu membantu menangkal radikal bebas, yang mana merupakan penyebab berbagai macam penyakit. Selain itu, juga mampu mencegah terjadinya benjolan di area leher.

6. Mengistirahatkan Tubuh Secara Cukup

Istirahat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghentikan penyebaran virus yang menjadi sumber berbagai macam penyakit. Oleh karena itulah, bagi pengidap penyakit gondok sebaiknya istirahat cukup terutama jika sudah mengalami pembengkakan di kelenjar parotis. Dengan menjaga waktu istirahat yang baik maka akan mengurangi sakit dan pembengkakan.

Itulah 6 cara menyembuhkan penyakit gondok dengan cepat secara alami yang dapat dipraktikkan oleh penderita penyakit ini. Karena ini sifatnya alami, tentu hasilnya tidak bisa langsung terlihat dalam sekali pengobatan. Oleh karena itulah, setiap pengidap harus bersabar dan tetap konsisten. Apabila tetap tidak ada perubahan, maka bisa periksa ke dokter yang bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.