Breaking News

Katahui Cara Mengobati TBC Secara Alami

Cara Mengobati TBC Secara Alami – Sakit batuk TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis dan dikenal fokus menyerang daerah paru-paru. Umumnya, mengobati TBC dilakukan melalui pengobatan dokter, namun masih ada cara mengobati TBC secara alami menggunakan bahan-bahan non kimia. Apa saja bahan tersebut dan bagaimana cara pengobatannya? Simak uraiannya di bawah ini:

1. Mengonsumsi Jeruk

Bahan non kimia yang pertama adalah jeruk. Diketahui sebagai gudangnya vitamin C dan memiliki rasa manis membuat jeruk disukai oleh banyak orang. Buah berwarna oranye ini mudah ditemukan di hampir semua kios buah pinggir jalan. Jeruk memiliki kandungan antioksidan tinggi dan ternyata dapat dikenal membantu penyembuhan penyakit TBC.

Cara mengobati TBC menggunakan bahan alami jeruk adalah hanya dengan mencampur perasan jeruk dan berbagai bahan lainnya. Peras jeruk sampai keluar airnya, lalu air jeruk tersebut campurkan dengan sedikit garam dan juga madu. Konsumsi secara teratur dan disiplin.

2. Memanfaatkan Srikaya

Selanjutnya, pengidap harus mengonsumsi srikaya sebagai cara mengobati TBC secara alami. Srikaya adalah buah yang dikenal memiliki mata banyak dan berwarna hijau. Buah manis ini mudah ditemui di daerah tropis dan sub tropis. Serta, memiliki kandungan banyak gizi yang tersebar di hampir seluruh bagian tanamannya.

Untuk mengobati TBC, buah srikaya bisa digunakan sebagai alternatif obat. Campurkan ekstrak srikaya dengan 25 biji kismis, kemudian didihkan dalam air selama 10 menit. Minum ekstrak srikaya tersebut secara teratur. Minuman ini dapat membantu penderita TBC mengurangi intensitas batuk yang menyakitkan.

3. Menggunakan Bawang Putih

Bahan ketiga adalah bawang putih. Siapa sangka bahwa bahan dapur beraroma kuat ini bisa memiliki pengaruh yang cukup untuk membantu meringankan sakit TBC. Antioksidan yang dikandung bawang putih dikenal dapat meredakan batuk dan mengeluarkan dahak. Jadi, mencoba bawang putih sebagai obat bisa menjadi pilihan yang tepat.

Menggunakan siung bawang putih sebagai obat sangat mudah caranya. Olah bawang putih bersama dengan makanan lain, namun dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Konsumsi secara teratur maka secara perlahan batuk akan sedikit mereda.

4. Mengonsumsi Yoghurt

Rasa manis dan asam yang dihasilkan yoghurt membuat makanan fermentasi satu ini menjadi favorit banyak orang. Yoghurt dikenal memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya ada kandungan probiotik yang berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri menjadi lebih banyak.

Sebagai obat penolong TBC, yoghurt bisa dimakan secara langsung. Pilih yoghurt yang memiliki kandungan gula 0% lalu konsumsi langsung. Boleh juga ditambahkan pada buah-buahan segar seperti apel atau anggur. Hidangan yoghurt ini disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.

5. Mengonsumsi Takokak

Bahan alami terakhir yang bisa membantu meringankan sakit TBC adalah takokak. Tumbuhan ini masuk ke dalam tumbuhan terung-terungan yang memiliki segudang manfaat. Ciri khas tumbuhan takokak ini sendiri adalah bentuknya yang bulat kecil dan memiliki rasa pahit yang pas.

Hidangkan takokak menjadi makanan lalapan seperti biasa dan konsumsi langsung. Mengonsumsi takokak bisa mengurangi batas pertumbuhan bakteri lebih banyak. Ada lima zat aktif di dalamnya yang bekerja sebagai antibakteri dan melawan bakteri TBC untuk menginvasi paru-paru lebih jauh.

Lima cara mengobati TBC secara alami tersebut dapat digunakan sebagai preferensi atau alternatif lain saat mengalami sakit TBC. Namun perlu diketahui, bahwa bahan tersebut hanya dapat membantu meringankan gejala, tidak sepenuhnya menyembuhkan. Tetap konsumsi obat TBC sesuai resep dokter sebagai cara berobat yang utama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.